Creativepreneur and Career

10 Panduan Lengkap untuk Kamu yang Tertarik Career Shifting

career shfiting

Pendapatan, stres, work-life balance, tantangan baru, passion. Apa pun itu, ada banyak alasan kenapa orang memutuskan untuk pindah karier. Apakah kamu juga tertarik melakukan career shifting? Tapi sebelum itu, pastikan kamu meluangkan waktu mengevaluasi situasi sekarang. Selain itu, penting juga mengeksplorasi pilihan karier, sehingga kamu bisa tahu apa benar karirmu harus diperbaiki. Jadi kamu pun bisa memilih karir yang lebih baik. Di bawah ini adalah tips berpindah karier yang perlu kamu ketahui sebelum ber-career shifting, GenKs:

1. Evaluasi Tingkat Kepuasan Kerja Kamu Saat Ini

career shfiting

Sumber Gambar : specialevents.com

Buatlah jurnal berisi reaksi harianmu mengenai situasi pekerjaanmu dan cari alur berulang. Beberapa pertanyaan ini mungkin bisa membantumu menemukan jawaban. Aspek mana dari pekerjaanmu saat ini yang kamu sukai dan kamu benci? Apakah ketidakpuasan yang kamu rasakan itu gara-gara jobdesk-mu, suasana di kantor atau rekan kerjamu?

2. Identifikasi Munat, Nilai dan Skill-mu

career shfiting

Sumber Gambar : spunout.ie

Coba review kembali peran kesuksesanmu di masa lalu. Tentukan apakah nilai dan skill yang kamu miliki sekarang memang sesuai dengan karirmu sekarang. Kalau bingung, kamu bisa menggunakan tool gratisan untuk membantu menilai alternatif karirmu.

3. Jangan Ragu Mempertimbangkan Karir Alternatif

career shfiting

Sumber Gambar : cpacanada.ca

Kamu juga bisa meneliti pilihan karier yang ada, guys. Lalu diskusikan semua kemungkinan yang ada dengan teman, keluarga dan orang-orang terdekat. Jika kesulitan mencari karier alternatif, kamu juga bisa berkonsultasi dengan konselor karir untuk mendapatkan nasihat profesional.

4.  Lihat-Lihat Pilihan Pekerjaan

career shfiting

Sumber Gambar : jobstreet.com

Lakukan evaluasi komparatif awal dari beberapa bidang untuk mengidentifikasi beberapa target untuk penelitian mendalam. Hanya dengan meng-Googling, kamu bisa nemuin banyak banget informasi tentang pekerjaan yang kamu minati dengan mudah.

5. Cari Info Sebanyak Mungkin tentang Bidang yang Ingin Kamu Selami

Sumber Gambar : stylist.co.uk

Browsing-lah sebanyak-banyaknya untuk mencari tahu tentang bidang pekerjaan yang ingin kamu ambil. Jika memungkinkan, hubungi kontak pribadi yang bergerak di sektor tersebut untuk menggali informasi lebih dalam. Nah, LinkedIn adalah sumber yang bagus banget untuk nemuin kontak-kontak penting di bidang minat karir tertentu.

Baca Juga :   Bisnis Dari Sampah Plastik, Kenapa Nggak?

6. Amati satu atau Lebih Pekerjaan yang Kamu Incar

Sumber Gambar : simplyacademy.com

Dengan mengamati karier yang kamu idam-idamkan membuatmu memahami lebih dalam apa saja yang akan menantimu di depan nanti, guys. Usahakan meluangkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk mengamati orang-orang dengan pekerjaan yang kamu minati.

7. Coba Lakukan!

Sumber Gambar : insider.com

Lakukan kegiatan sukarelawan atau jadilah freelance di bidang karier yang kamu inginkan. Sebagai contoh, kalau kamu melihat publishing sebagai target karirmu berikutnya, cobalah edit buletin PTA. Atau jika kamu tertarik untuk bekerja dengan hewan, daftarkan dirimu sebagai sukarelawan di tempat penampungan lokal.

8. Ikut Kursus

Sumber Gambar : bluefountainmedia.com

Tips berpindah karier selanjutnya adalah mempelajari semua ilmu yang berkaitan dengan bidang baru yang akan kamu ambil. Pertimbangkan untuk ikut kursus tambahan di kampus-kampus setempat atau kalau nggak memungkinkan, kamu bisa mendaftar kursus online. Selain itu, luangkan waktu untuk ikut seminar.

9. Upgrade Skill-mu

Sumber Gambar : meredithcorp.io

Mengembangkan skill baru akan membuka pintu peluang untuk karirmu di masa depan. Nggak perlu kembali ke sekolah atau kampus untuk meningkatkan pengetahuan. Misalnya, kamu bisa mengikuti pelatihan internal di perusahaan. Jika memungkinkan daftarkan dirimu di berbagai kelas. Semakin banyak skill yang kamu kuasai, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan baru yang kamu inginkan pun akan makin terbuka lebar.

10.  Pertimbangkan Pekerjaan Baru di Industri yang Sama

Sumber Gambar : sellyourservice.co.uk

Daripada harus berburu karier yang berbeda dari industri yang kamu geluti selama ini, kenapa nggak coba mempertimbangkan pekerjaan baru di industri yang sama seperti sekarang, GenKs?

Sebagai contoh, untuk kamu yang sekarang memegang jabatan sebagai manajer toko ritel besar dan mulai jenuh dengan shift malam serta panggilan di akhir pekan, kamu bisa mencoba pindah ke bagian lain dalam industri ritel. Atau jika kamu adalah seorang programmer yang nggak lagi mau bikin program, posisi sebagai technical sales atau project management bisa kamu pertimbangkan sebagai karier barumu, guys.

Nah, itulah 10 tips dalam career shifting yang perlu kamu ketahui sebelum berpindah karier.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!