Creativepreneur and Career

10 Tantangan dan Hambatan dalam Bisnis Online yang Harus Kamu Waspadai Tahun 2021

hambatan bisnis online

Siapa di antara kamu yang lagi stres gara-gara bisnis online, nih, GenKs? Well, menjalankan bisnis online emang penuh tantangan. Meski kebanyakan orang menilai berbisnis online itu lebih gampang, karena cuma bermodalkan internet doang, siapa pun bisa jualan. Eits, tapi kenyataannya nggak seperti itu. Ada banyak banget rintangan dan hambatan dalam bisnis online yang membentang di sepanjang jalan.

Kalau salah strategi, alih-alih sukses menjual semua barang daganganmu, bukan nggak mungkin kamu malah merugi karena nggak satu orang pun yang melirik etalasemu. Nah, agar itu nggak kejadian sama kamu, yuk, intip 10 tantangan yang biasa dihadapi pelaku bisnis online, sehingga kamu bisa mengatasinya:

  1. Ada Banyak Banget Kompetitor

Sumber Gambar : internetretailing.net

Bukan cuma bisnis offline saja yang banyak kompetitor. Di dunia bisnis online, yang namanya persaingan justru jauh lebih ketat, guys. Tanpa punya kemampuan bersaing dengan para rival, jangan harap bisnismu dapat bertahan, deh.

2. Skill Komputer yang Lebih

Sumber Gambar : hrmonline.com

Kemampuan dasar internet adalah hal wajib kalau kamu ingin menjalani bisnis online. Tapi selain itu, kamu juga butuh skill lainnya. Seperti gimana caranya mengatur website yang menarik untuk tujuan bisnis hingga trik marketing online supaya angka penjualan bisa meningkat.

3. Pilih Pasar yang tepat

Sumber Gambar : neilpatel.com

Rintangan terbesar yang dihadapi banyak pelaku bisnis online adalah menentukan pasar yang tepat, mengingat marketplace di dunia online itu sifatnya sangat kompetitif. Tips agar nggak salah memilih pasar, yakni dengan melakukan riset pada target audiens. Cari tahu apa yang mereka butuhkan.

4. Ambil Perhatian Target

Sumber Gambar : cloudfront.net

Jika sudah dapat target pasar yang tepat, hambatan bisnis online selanjutnya adalah mengambil perhatian mereka. Supaya bisa bersaing dengan para kompetitor bisnis online dan konten-konten kreatif, cari tahu dulu tipe konten apa yang mereka sukai. Baru kamu bisa berkreasi membuat konten.

5. Bangunlah Kepercayaan

Sumber Gambar : technologydevelopmentgroup.net

Orang dituntut semakin waspada dan selektif saat belanja online karena aksi penipuan online semakin marak terjadi. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis online, kamu harus bangat bikin mereka yakin kalau bisnismu kredibel dan terpercaya. Caranya lewat testimoni, rating atau review pelanggan.

6. Jaga Loyalitas Pelanggan

hambatan bisnis online

Sumber Gambar : steam

Gampang banget kalau mau menarik konsumen baru. Yang sulit, gimana caranya mempertahankan pelanggan lama agar mereka mau kembali berbelanja di toko online kamu dan beli dagangan. Kamu bisa meningkatkan loyalitas mereka dengan program khusus. Diskon member, misalnya.

7. Hambatan Finansial

Sumber Gambar : districtadministration.com

Tantangan bisnis online yang satu ini biasanya menghampiri mereka yang nggak bisa mengelola keuangan dengan bijak atau pun pebisnis yang sama sekali nggak memantau ulang keuangan toko mereka, GenKs. Padahal mengecek pembukuan adalah hal wajib bagi setiap pemilik bisnis, lho, guys.

8. Proses Pengiriman dan Ketepatan Order

hambatan bisnis online

Sumber Gambar : e-shopy.org

Paket yang terlambat dikirim, rusak, salah orderan adalah kendala yang sering banget kita temukan di industri bisnis online. Semua hal ini bisa bikin konsumen kecewa dan akhirnya kapok belanja di tokomu. Agar nggak terjadi, pastikan kamu fokus ketika mengemas dan mengirim pesanan, ya.

9. Keamanan

hambatan bisnis online

Sumber Gambar : uptown.id

Mulai dari data pelanggan, pembayaran dan semua hal yang berkaitan dengan bisnis online itu harus terjamin 100% keamanannya. Hindari kemungkinan kebocoran data dan serangan pencurian data dengan menjaga website serta akun medsos dengan server yang baik dan support.

10. Pastikan Situs Web-mu Mudah Ditemukan

hambatan bisnis online

Sumber Gambar : deliveredsocial.com

Last but yet important, tantangan umum para pelaku bisnis online adalah membuat situs web dan memastikannya mudah ditemukan calon pelanggan serta gampang diakses. Beberapa trik bisa kamu terapkan, seperti memaksimalkan SEO, iklan di media online, pakai Google Ads dan promo di medsos.

Gimana, guys, sudah siap mengatasi segala hambatan bisnis online di atas untuk kesuksesan usahamu di tahun 2021?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online