Creativepreneur and Career

Dijamin Bakal Cuan Banyak, Ini 10 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

Konsep ‘fall in love at the first sight’ nggak cuma berlaku dalam percintaan doang, lho, GenKs, tapi juga di dunia digital marketing. Dan emang benar, di era serba canggih seperti sekarang ini, tanpa bertemu atau pun bertatapan muka, kita bisa menciptakan impresi terhadap apa pun. Cuma lewat smartphone, koneksi internet dan konten yang menarik, kini siapa pun bisa menyebarluaskan keunggulan sebuah produk, jasa atau brand. Nah, untuk kamu pemilik bisnis kuliner, buruan intip 10 tips digital marketing yang dijamin bakal datengin cuan di bawah ini, yuk, GenKs:

  1. Bikin Situs Web

Sumber Gambar : dluxeweb.com

Langkah pertama untuk memaksimalkan strategi marketing online bisnis kulinermu adalah bikin situs web yang juga bisa digunakan sebagai toko online-mu. Ini bisa efektif banget untuk menghadirkan digital presence jangka panjang, lho.

2. Maksimalkan Konten

Sumber Gambar : vecteezy.com

Syarat utama dari bisnis kuliner yang dijalankan secara online adalah sajian konten yang menarik, baik itu foto atau video. Jika sebuah sajian ditampilkan secara cantik, maka rasanya pun akan semakin menggugah selera. So, agar menarik, pastikan kamu bikin foto dan video yang apik serta estetik, ya.

3. Optimasi SEO

Sumber Gambar : squarespace.com

Ini dia senjata yang wajib banget kamu kuasai kalau mau menaklukkan digital marketing dalam berbisnis kuliner, GenKs. Dengan kamu mengoptimasikan SEO, baik situs website maupun sosial media usahamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.

4. Aktif di Media Sosial

Sumber Gambar : digitalconnectmag.com

Yang namanya medsos, sejak lima tahun belakangan ini menjadi tools paling populer untuk memasarkan segala macam jenis usaha, termasuk bisnis kuliner. Nggak heran kalau banyak restoran atau cafe terkenal yang mulai fokus ngurusin medsos untuk menarik pelanggan. So, jangan ketinggalan, guys.

5. Google Bisnisku

Sumber Gambar : thegetsmartgroup.com

Tips digital marketing untuk bisnis kuliner selanjutnya adalah menggunakan platform Google Bisnisku atau Google My Business. Dengan begitu peluangmu untuk nangkring di halaman puncak Google, GenKs. Pastikan kamu masukkan info selengkap mungkin agar target konsumen semakin yakin pada bisnismu.

6. Iklan di Facebook Ads atau Instagram Ads

tips digital marketing untuk bisnis kuliner

Sumber Gambar : adlibweb.com

Beriklan di platform medsos seperti Facebook atau Instagram bisa membantumu meningkatkan jangkauan audiens, terutama saat pandemi seperti sekarang ini. Kedua platform iklan ini menawarkan cara promosi yang lebih canggih ketimbang kalau kamu mengiklankannya lewat media lain.

7. Google Ads

tips digital marketing untuk bisnis kuliner

Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Selain Facebook Ads dan Instagram Ads, kamu juga bisa memanfaatkan Google Ads yang merupakan opsi ampuh untuk membuat bisnis kulinermu masuk ke halaman teratas dalam mesin pencarian paling populer, Google.

8. Menawarkan Promosi dan Diskon

tips digital marketing untuk bisnis kuliner

Sumber Gambar : kiplinger.com

Jangan cuma mengandalkan Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads saja kalau mau bisnis kuliner yang kamu jalankan menghasilkan cuan, guys. Strategi marketing dengan memberikan promo menarik hingga diskon bisa kamu terapkan untuk mengundang pelanggan secara cepat. Yuk, coba sendiri, deh.

9. Leading Data-Data Pelanggan

tips digital marketing untuk bisnis kuliner

Sumber Gambar : wellandgood.com

Kumpulkan data pelanggan juga nggak kalah penting untuk meningkatkan angka penjualan, lho, guys. Dengan informasi, seperti alamat email atau akun medsos milik mereka, kamu bisa menawarkan promo menarik atau diskon yang lagi kamu adakan khusus untuk pelanggan setia di toko online-mu.

10. Retargeting Calon Pelanggan dan Pelanggan Lama

tips digital marketing untuk bisnis kuliner

Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Tips terakhir dalam digital marketing bisnis kuliner adalah dengan teknik retargeting. Karena biasanya pelanggan lama atau pun calon pelanggan yang pernah meng-klik iklan di website atau medsosmu akan muncul terus di page atau beranda meski mereka udah nggak mengakses situs dan medsosmu.

Wah, kalau tahu tips digital marketing untuk bisnis kuliner, semuanya terasa mudah dan menarik, ya?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan