Film, Animasi & Video

12 Prinsip Animasi yang Harus Kamu Tahu Sebagai Animator Kreatif

12 Prinsip Animasi

7. Arcs

Sumber: dearocketanimation.com

Kehidupan tidak berjalan begitu saja seperti sebuah garis lurus, sama seperti animasi. Kebanyakan makhluk hidup, termasuk manusia, bergerak dengan pola yang cenderung melingkar dan ini disebut arcs. Arcs diterapkan dengan menciptakan gerakan melengkung yang menambahkan efek ilusi kehidupan pada objek animasi yang sedang bergerak. Tanpa adanya efek lengkungan ini, animasi kamu akan terlihat kaku.

8. Secondary Action

Sumber: dearocketanimation.com

Secondary action merupakan bagian dari 12 prinsip animasi berupa gestur yang mendukung main action, untuk menambahkan dimensi pada animasi suatu karakter tokoh. Action sekunder ini bisa menambahkan personality dan insight pada hal-hal yang dilakukan atau dipikirkan oleh karakter animasi kamu.

9. Timing

Sumber: dearocketanimation.com

Timing adalah timeline yang kamu tetapkan di setiap frame action animasimu. Sederhananya, ini adalah gambaran detik-detik secara detail yang mengatur kapan dan bagaimana animasi kamu bergerak atau berubah bentuk. 

10. Exaggeration

Sumber: dearocketanimation.com

Terkadang, kamu memang perlu sesuatu yang lebih. Exaggeration menggambarkan fitur dan action karakter tokoh animasi dalam perwujudan efek yang lucu atau dramatis. Ini bisa meliputi distorsi pada bagian wajah, bentuk tubuh dan ekspresi serta gerakan tokoh karakter tersebut. Exaggeration merupakan cara yang tepat bagi seorang animator untuk membuat karakter terlihat semakin menarik, dan menambah kesan hidup dalam penyampaian cerita animasi.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras