Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

alat musik tradisional

6. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional Indonesia yang mendunia dan berasal dari Maluku dan Papua. Bentuknya menyerupai tube atau tabung. Cara memainkannya sama seperti Kendang dan Gendang, yaitu dengan cara dipukul. 

Selain itu, yang menjadi ciri khas dari alat musik Indonesia satu ini adalah terdapatnya ukiran-ukiran khas Maluku dan Papua. Tifa sendiri mulai dikenal oleh masyarakat dunia berkat tingginya angka kedatangan turis ke daerah Maluku dan Papua. Mereka membawa alat musik Tifa sebagai oleh-oleh waktu pulang ke negaranya, GenK! 😉 

7. Kendang

Namanya memang mirip dengan alat musik gendang, cara memainkannya pun sama-sama dipukul. Namun, alat musik kendang memiliki ukuran yang lebih kecil. 

Beberapa mengatakan bahwa kendang adalah alat musik yang berasal dari masyarakat Sunda, namun ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari daerah Jawa Timur. 💁‍♀️

Alat musik termasuk jenis alat musik ritmis, biasa digunakan untuk mengiringi berbagai acara, seperti tarian-tarian tradisional, musik jazz, dan juga kontemporer. Banyak dari musisi asing yang menggunakan kendang sebagai alat musik pengiring.

8. Aramba

Siapa dari kalian yang berasal dari Sumatra? Nah, aramba adalah alat musik yang berasal dari Pulau Nias. Cara memainkannya mudah, cukup dengan cara dipukul dengan alat pukulnya sendiri.

Sebenarnya aramba juga memiliki kemiripan dengan alat musik gong yang berasal dari Pulau Jawa.

9. Saluang

Alat musik tradisional 4

Saluang (sumber: kamerabudaya.com)

Saluang mirip dengan sebutan alat musik suling karena cara memainkannya pun sama, yaitu dengan cara ditiup. Namun, saluang berbeda dengan suling karena hanya memiliki empat lubang yang digunakan untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Makanya cara memainkannya pun juga lebih sederhana dibandingkan suling.

Alat musik saluang berasal dari Sumatra Barat. Konon katanya setiap pemain alat musik saluang memiliki mantra tersendiri yang dapat menghipnotis penontonnya. Penasaran? Coba deh nonton acara musik tradisional yang dimainkan dengan saluang! 👍

10. Gong

Dilihat dari ukurannya, gong merupakan alat musik yang cukup besar. Gong berasal dari Jawa Barat dan cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang menghasilkan bunyi suara membranofon.

About author

Related posts
Musik

Daftar Situs Free Background Music Yang Kece Abis!

Musik

Cara Membuat Jingle Iklan Biar Lebih Menarik, Mudah Kok Bikinnya

Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *