Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

alat musik tradisional

11. Gambus

Daerah Riau memiliki alat musik khas yang bernama gambus. Alat ini identik dengan adat Melayu dan juga kental dengan budaya Arab. Cara memainkan alat musik gambus yaitu dengan cara dipetik.

12. Gendang

Nah, gendang adalah alat musik Indonesia yang memiliki beberapa varian, contohnya alat musik gendang asal  Yogyakarta. Alat musik ini tentunya memiliki perbedaan dengan gendang asal Banten atau Melayu, gendang dimainkan dengan cara dipukul. 🙌

13. Panting

Alat musik tradisional 3

Panting (sumber: wacana.co)

Jika kamu mencari alat musik Indonesia asal Kalimantan Selatan, panting adalah jawabannya, GenK. Alat musik ini merupakan ciri khas adat Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Cara dimainkannya adalah dengan dipetik pada bagian senar.

14. Bonang

Salah satu alat musik Indonesia yang mendunia adalah bonang, berasal dari daerah Jawa Timur. Untuk menghasilkan bunyi pada Bonang, kamu cukup memainkannya dengan cara dipukul. Pada dasarnya, bonang digunakan pada setiap acara-acara besar adat Jawa. đŸ˜ș

15. Rebab

Saat melihat bentuk dari rebab, kamu pasti sadar akan perbedaannya dengan alat musik Indonesia lainnya. Alat musik ini menyerupai bentuk busur panah. rebab adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan dimainkan dengan cara digesek menyerupai biola.

About author

Related posts
Musik

Daftar Situs Free Background Music Yang Kece Abis!

Musik

Cara Membuat Jingle Iklan Biar Lebih Menarik, Mudah Kok Bikinnya

Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *