Game & Teknologi

3 Jenis Akun TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

Sempat dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai aplikasi untuk anak-anak alay saja, tapi siapa TikTok menjadi platform sosial media yang sangat menarik untuk pengguna personal dan juga menjanjikan bagi para kreator dan pebisnis. Banyak yang menggunakan TikTok baik sebagai hiburan atau juga sebagai media pembantu bisnis yang bagus. Dikarenakan ada 3 jenis pengguna, yaitu pribadi, para kreator dan pebisnis, maka TikTok pun tersedia dalam 3 kategori tersebut. Lantas apa perbedaan dari ketiga jenis akun TikTok itu?

Personal 

Sumber Gambar : nyt.com

Akun Tiktok yang masuk kategori Personal adalah sebuah akun standar dan tidak memiliki tools apapun, seperti analytics dan juga tidak dilengkapi dengan beragam fungsi lainnya. Jadi dapat dikatakan akun Personal ini hanya berfungsi sebagai media sharing video dan untuk bersenang-senang saja tanpa ada tendensi berupa imbalan atau apapun.

Creator

Akun TikTok

Sumber Gambar : gobankingrates.com

Jika kamu menggunakan akun jenis Creator seperti ini, maka kamu akan mendapatkan kebebasan untuk berkreasi dan memiliki space lebih dibandingkan dengan akun Personal. Hanya saja, bukan berarti kamu dapat mempromosikan segala sesuatu yang kamu unggah dengan leluasa karena untuk melakukannya dibutuhkan akun profesional atau akun Business.

Dengan akun Creator, kamu dapat menggunakan fungsi fitur iklan, advertising campaign dan banyak lagi. Namun yang perlu diketahui adalah akun jenis ini hanya terfokus pada apa yang diminati audiensmu saja, bukan secara keseluruhan pengguna TikTok.

Business

Akun TikTok

Sumber Gambar : apkmody.io

Akun bisnis adalah jenis yang paling komplet dibandingkan dengan 2 aku lainnya. Dengan menggunakan akun bisnis ini, maka kamu dapat melakukan banyak hal agar viewers bisa mengenal dan mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan melalui unggahan video pendek tersebut. Bahkan dengan akun jenis ini, kamu dapat memanfaatkan banyak fitur dan juga bisa melihat statistik performa video sekaligus mengetahui tren yang sedang beredar.

Satu hal yang lebih menarik dari akun Business ini adalah algoritma yang digunakan TikTok. Alogairtma ini dapat membuat video unggahanmu dilihat lebih dari 200 ribu viewers tanpa pembatasan apapun. Dengan begitu, maka brand, layanan atau produk yang sedang kamu tawarkan akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari viewers karena engagement akun juga meningkat.

Cara Mengamankan Akun TikTok yang Kamu Miliki

Akun TikTok

Sumber Gambar : guidingtech.com

Baik akun Personal, Creator atau bahkan Business, tentunya tidak luput dari kejahilan para peretas yang bisa saja setiap saat mengambil alih akunmu itu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk dapat mengamankan akun TikTok yang kamu miliki tersebut.

  1. Atur dan tautkan akun TikTok-mu dengan nomor telepon serta email. Caranya adalah dengan tapping Profil yang terletak di sisi kanan bawah. Kemudian tapping lagi di ikon 3 garis yang ada di sudut kanan atas. Kemudian tapping pada menu Manage Account, lalu kamu dapat menambahkan nomor telepon serta alamat email.
  2. Selain cara di atas, kamu dapat menggunakan kata sandi yang unik, sulit ditebak dan kuat. Jangan menggunakan hal-hal umum, seperti nama, nomor tertentu ataupun alamat yang banyak orang dapat mengetahuinya. Buatlah seunik mungkin dan tentunya wajib dapat kamu ingat dengan mudah. Disarankan pula untuk mengganti password tersebut setiap 30 hari sekali.
  3. Kamu juga dapat menggunakan metode 2 langkah verifikasi yang untuk saat ini dirasa sebagai sistem pengaman sederhana yang kuat. Caranya adalah tapping Profil kemudian ketuk ikon 3 garis dan tap sekali lagi di menu Security. Setelah itu, ubah tombol 2-step verification dari off ke on. Lalu, kamu harus memilih pesan teks atau email sebagai media penerima kode verifikasi.

TikTok adalah platform yang menarik dan dapat kamu jadikan media untuk mencari cuan. Jadi dengan mengetahui jenis-jenisnya serta cara pengamanannya, maka kamu dapat menentukan akun kategori apa yang ingin kamu ciptakan.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?