Creativepreneur and Career

3 Skill Yang Harus Dimiliki Penyiar Radio, Udah Kamu Kuasai?

penyiar radio

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, eksistensi dari sebuah radio belum luntur loh Genks! Meskipun nggak lagi menjadi sebagai media hiburan utama yang dipilih oleh masyarakat, namun kamu pastinya pernah mendengar suara radio yang diputar di berbagai supermarket atau minimarket kan Genks? Dapat disimpulkan, bila keberadaan radio nggak termakan zaman dan masih eksis hingga kini. Dibalik siaran sebuah radio yang didengarkan banyak orang, terdapat seorang penyiar radio dibaliknya yang menguasai beberapa skill atau kemampuan tertentu. Bukan Cuma mengandalkan komunikasi, namun seorang penyiar Radio juga harus memiliki beberapa kemampuan lainnya. Pengen tau apa aja skill yang harus dimiliki penyiar radio? Yuk, simak ulasan berikut ya Genks!

Public Speaking

Sumber Gambar : pexels.com

Nggak bisa dipungkiri lagi jika seorang penyiar radio pastinya harus memiliki skill dalam public speaking atau berbicara di depan umum. Kemampuan yang satu ini merupakan sebuah skill dimana memungkinkan seseorang untuk berani tampil berbicara di depan umum. Karena seperti yang sudah diketahui, radio merupakan salah satu media hiburan yang diputar oleh banyak orang secara umum.

Salah satu latihan yang bisa kamu terapkan adalah dengan berlatih untuk berbicara di depan banyak orang seperti menjadi MC dan lainnya. Dalam hal ini, secara nggak langsung juga melatih mental yang kamu miliki seperti halnya menjadi seorang penyiar radio. Selain itu, kamu juga bisa berlatih untuk mengatur pola suara atau nada bicara kamu sesuai dengan audiens yang ada.

Jurnalisme

Sumber Gambar : pexels.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jika menjadi seorang penyiar radio bukan hanya soal komunikasi saja namun kemampuan dalam jurnalisme. Kemampuan jurnalisme diantaranya seperti menulis sebuah skrip, kemudian merekam audio serta mengetahui bagaimana cara membawakannya sehingga menjadi suatu program yang menarik untuk didengar. Hal tersebut pastinya bukan yang hal yang gampang kan?

Terlebih lagi jika ketika siaran berlangsung, mendatangkan seseorang atau sekelompok orang sebagai tamu pastinya terdapat treatment tersendiri untuk hal semacam ini. Salah satunya adalah mengetahui cara untuk wawancara tamu serta bagaimana mengajukan pertanyaan. Agar percakapan dapat berjalan dengan lancar tentunya juga menjadi tantangan tersendiri bagi seorang penyiar radio.

Penawaran Iklan

penyiar radio

Sumber Gambar : pexels.com

Layaknya media hiburan lainnya, radio juga memiliki sponsor atau iklan yang harus dibawakan secara menarik dan nggak terkesan ‘dipaksakan’. Selain nggak boleh terkesan seperti membaca teks, dalam membawakan sebuah iklan pastinya harus berhasil untuk mengambil perhatian dari para audiens yang mendengarkan radio demi bisa memperkenalkan produk sekaligus mempromosikan produk tersebut.

Salah satu contohnya adalah jika kamu ingin mempromosikan suatu restoran, maka kamu juga harus menyebutkan lokasi serta nomor yang bisa dihubungi untuk restoran tersebut. Hal ini guna mempengaruhi audiens untuk mengunjungi atau memesan makanan dan minuman di restoran tersebut. Pastikan juga untuk menjaga setiap kata ketika siaran radio sedang berjalan.

Salah satu contohnya adalah dengan berhati-hati dalam membahas suatu isu atau topic pembicaraan baik dengan tamu ataupun ketika menyampaikan informasi, agar nggak berkaitan dengan ‘lawan’ atau ‘saingan’ dari produk yang menjadi sponsor siaran. Hal tersebut tentunya guna menjaga ketertarikan audiens terhadap sponsor atau iklan yang dibawakan seorang penyiar radio.

Jika kamu ingin menjadi seorang penyiar radio, dengan membaca pembahasan tadi pastinya sudah memiliki pengetahuan tentang apa saja skill yang harus dimiliki penyiar radio bukan? Nggak ada salahnya buat mencoba menguasai beberapa skill tersebut, meski kamu bukan ahlinya. Karena jika kamu nggak berani mencoba, maka kamu nggak akan pernah tau bukan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil