Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Apa itu story telling? Well, story telling merupakan suatu teknik yang digunakan seseorang untuk menyampaikan kisah atau cerita di depan umum. Yah, bisa dibilang story telling itu layaknya kalau kamu sedang mendongeng. Dan nggak gampang, lho, untuk jadi story teller profesional. Butuh penghayatan lebih agar audiensmu bisa terlarut dan tenggelam ketika kamu sedang menyajikan story telling, GenKs.

Salah satu skill yang dapat menunjang seorang story teller dalam menyampaikan pesan dan kesan cerita yang dia presentasikan, adalah kemampuan public speaking yang mumpuni. Selain itu, kamu juga harus pandai memahami karakter audiens, punya gaya dan intonasi bicara yang bagus dan akan lebih baik lagi kalau kamu terampil menggunakan alat bantu untuk menunjang aksimu.

Teknik Terbaik Menyampaikan Story Telling

FYI, ada beberapa teknik yang cukup populer dalam penyajian sebuah story telling yang apik, guys. Dengan teknik ini kamu bisa bikin audiens terlarut ke dalamnya. Apa aja? Simak jawabannya berikut:

  1. Teknik Story Telling Monomyth

Sumber Gambar : pexels.com

Pertama ada monomyth yang kali pertama diperkenalkan oleh Joseph Campbell, guys. Nah, monomyth adalah salah satu struktur story telling yang memakai kisah-kisah perjalanan pahlawan. Di dalamnya diceritakan, gimana seorang pahlawan pergi meninggalkan tanah kelahirannya untuk tujuan tertentu. Meski harus menempuh perjalanan berat dan penuh rintangan, dia nggak patah semangat. Kemudian setelah berhasil, sang pahlawan pun kembali untuk memberi manfaat bagi rakyat di tempat asalnya.

Struktur ini biasanya dipilih untuk menunjang konten-konten penuh inspirasi, di mana story teller akan menceritakan awal perjuangannya hingga bisa sukses.

  1. Teknik Story Telling Sparlines

Menyajikan Story Telling

Sumber Gambar : semrush.com

Yang kedua ada teknik bernama sparklines. Teknik story telling ini dipakai ketika kamu akan menceritakan perbedaan antara yang terjadi, harapan yang diinginkan dan langkah apa aja yang harus diambil untuk mewujudkannya.

Untuk menuturkan kisah dengan teknik sparklines kamu harus bikin pemetaan struktur cerita dengan kehidupan nyata, GenKs. Gimana caranya? Pertama-tama kamu harus membuat atau menuliskan suatu permasalahan. Setelah itu, ceritakan langkah-langkah dan solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan hal tersebut.

Ada pun tujuan dari teknik sparklines adalah untuk mempengaruhi audiens secara emosional, sehingga pendengar atau pembaca akan mengikuti solusi yang kamu tawarkan kepada mereka sebelumnya.

  1. Teknik Story Telling Start False

Menyajikan Story Telling

Sumber Gambar : betterup.com

Dan terakhir adalah teknik start false yang merupakan struktur story telling dalam menceritkan sesuatu yang dimulai dengan cerita kegagalan. Dan dari kegagalan itu terciptalah solusi inovatif yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.

Kamu bisa memakai teknik story telling start false ini dari pengalaman seseorang yang pernah mengalami kegagalan, tapi kemudian dia bisa bangkit dan menjemput kesuksesan. Dengan begitu audiens pun akan termotivasi dari kisahmu.

Manfaat Teknik Story Telling Modern

Menyajikan Story Telling

Sumber Gambar : physics.unimelb.edu.au

Tahukah kamu kalau sekarang udah ada yang namanya teknik story telling modern. Teknik ini menawaran ruang lingkup yang lebih luas. Nggak cuma bentuk-bentuk lama, seperti dongeng, legenda, cerita rakyat dan lain-lain, tapi juga bisa kamu jadikan narasi, mulai penggambaran sejarah, narasi pribadi, argumen politik hingga perkembangan norma budaya lainnya.

Umumnya menyajikan story telling memiliki tujuan dan kepentingan untuk pendidikan. Tapi sekarang, seiring dengan kemunculan berbagai macam media, story telling juga bisa dijadikan sebagai sarana sosialisasi, termasuk meningkatkan nilai jual brand.

Yuk, tingkatkan skill story telling kamu biar bisa dapatkan semua manfaatnya, termasuk untuk marketing, GenKs!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek

Creativepreneur and Career

Rekomendasi Podcast untuk Belajar Public Speaking Biar Kamu Pede Saat Bicara