Seni Rupa & Desain

3 Tips Memilih Furniture Kerja yang Cocok Kala Work From Home

Belakangan ini, mulai banyak masyarakat, terutama kaum milenial, yang menerapkan sistem bekerja secara daring dari rumah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan “Work From Home”. Biasanya, para pelaku Work from home menerapkan jam bekerja normal 8 pagi sampai 4 sore atau jam kerja bebas asal pekerjaan selesai dan pekerja dapat berinteraksi dengan cepat secara online. Oleh karena itu, diperlukan peralatan dan lingkungan bekerja yang nyaman agar bekerja dapat lebih efektif, sehat dan efisien. Untuk menciptakan sebuah lingkungan bekerja yang nyaman dan sehat, diperlukan peralatan yang dapat mendukung kerja pelaku. Salah satunya adalah memilih furniture kerja.

memilih furniture kerja penting, karena dengan furniture bekerja yang sesuai, maka suasana dan posisi bekerja pun akan menjadi baik dan dapat mendorong produktivitas dan efisiensi ketika bekerja sekaligus terhindar dari penyakit.

Saat ini di masyarakat, banyak pilihan perabot bekerja di rumah, namun bagaimana cara memilih furniture kerja yang sesuai dengan kebutuhan? Tenang, berikut ini adalah tips-tips yang bisa membantu kalian untuk memilih furniture kerja yang cocok untuk WFH kalian.

1. Gunakan Perabot yang Ergonomis

Sumber Gambar : Pinterest.com

Menurut riset, pelaku WFH biasanya bekerja sekitar 6-8 jam atau lebih perhari. Waktu bekerja yang panjang jika tidak didukung dengan perabot yang ergonomis maka dapat menimbulkan rasa
tidak nyaman ketika bekerja dan dapat memicu berbagai penyakit seperti tegang otot dan kelelahan berlebih yang berpotensi menyebabkan penyakit Musculoskeletal disorders (MSDs) pada pengguna.

Furniture yang ergonomis juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi dan efektifivas dari sebuah pekerjaan atau aktivitas sehingga pekerja dapat bekerja dengan lebih produktif, nyaman dan terhindar dari kelelahan berlebih baik kelelahan fisik maupun mental.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih furniture yang ergonomis dan dapat disesuaikan dengan postur tubuh dan aktivitas Anda.

2. Pilihlah Perabot yang Hemat Ruang

Memilih Furniture Kerja

Sumber Gambar : Pinterest

Budaya “work from home” menyebabkan masyarakat / penghuni residensial yang biasanya bekerja di kantor, saat ini harus menyediakan ruang untuk bekerja di rumah huniannya. Namun
pada kenyataannya, sebagian besar masyarakat tidak memiliki ruangan bekerja terpisah di rumah mereka.

Penambahan kebutuhan dengan luasan tanah yang tetap menyebabkan permasalahan baru dalam ruang. Oleh karena itu, usahakanlah untuk memilih furniture yang hemat ruang agar ruang gerak dan fungsi ruang dalam rumah Anda tidak terganggu.

Sebaiknya, pilihlah furniture dengan storage yang cukup agar peralatan bekerja Anda tidak berantakan dan menimbulkan ketidaknyamanan ketika beristirahat. Ada beberapa ciri dari furniture hemat ruang.

Antara lain: multi-fungsi, dapat dilipat atau berukuran kecil, fungsional, memiliki tempat penyimpanan, dan fleksibel.

3. Pahamilah kebutuhan dan Cara Bekerja Anda

Memilih Furniture Kerja

Sumber Gambar : Pixabay.com

Setiap orang memiliki jenis, cara dan kebutuhan bekerja yang berbeda-beda, satu pekerja dengan pekerja yang lain walaupun memiliki pekerjaan yang sama, perilaku bekerja mereka dapat
berbeda. Maka dari itu, sebelum menentukan perabot bekerja Anda, bayangkanlah diri Anda bekerja menggunakan perabot tersebut bersamaan dengan kebutuhan bekerja Anda lainnya.

Apakah perabot tersebut dapat memehuni kebutuhan bekerja Anda tersebut? Jika tidak, maka akan lebih baik jika kalian tidak menggunakan perabot tersebut.

Nah itu tadi adalah 3 tips untuk memilih perabot bekerja yang cocok digunakan dikala Work From Home. Sudahkah perabot kalian memenuhi ketiga poin diatas?

Jika belum, maka Anda perlu mempertimbangan untuk mengganti perabot Anda sebagai salah satu bentuk investasi dimasa depan. Ingat, pilihlah furniture bekerja Anda dengan bijak, dan jangan lupa untuk perhatikan ketiga poin diatas yaa. Salam sehat dan happy shopping!

Ditulis Oleh : Kezia Kohadi – Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?