GenK LIFE

4 Cara Menumbuhkan Empati Pada Anak yang Harus Kamu Tahu

Di jaman serba modern dan memasuki era teknologi, tak dipungkiri jika anak menjadi semakin acuh dan juga kurang memperhatikan kehidupan sosial di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi apabila kurang adanya rasa empati yang tumbuh di dalam hati anak.

Sementara, mengajarkan anak untuk berempati sejak dini merupakan salah satu hal yang penting karena hal tersebut dapat membantu mereka dalam membangun dan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya. Dalam menumbuhkan empati di dalam diri anak, kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang sederhana dan mudah seperti berikut.

Apa itu empati?

Ilustrasi berempati. (Sumber: shutterstock)

Sebelum membahas soal cara menumbuhkan rasa empati kepada anak, ada baiknya untuk memahami tentang empati terlebih dahulu. Empati merupakan kemampuan seseorang untuk memahami keadaan orang lain dan memahami bagaimana perasaan orang itu dalam menghadapinya. Empati merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan, karena itulah sangat baik untuk diajarkan kepada anak-anak.

Jika anak dapat memahami emosi orang lain atau menempatkan diri melalui sudut pandang orang lain, maka anak bisa bersikap lebih ramah dengan orang lain. Hal ini juga penting untuk melatih kecerdasan emosional yang ada dalam diri anak.

Menurut Jean Decety dan Jason M. Cowell dari University of Chicago, empati dapat terdiri dari:

  • Emotional sharing: terjadi saat seseorang mengalami perasaan tidak enak karena orang lain mengalami hal yang tidak menyenangkan.
  • Memiliki kepedulian: motif dari seseorang untuk peduli kepada orang lain yang rapuh atau sedang mengalami hal yang tak menyenangkan.
  • Menempatkan diri sudut pandang lain:  kemampuan untuk secara sadar menempatkan diri dalam situasi orang lain, dan membayangkan apa yang dirasakan atau dipikirkan.
Baca Juga :   5 Aplikasi Parenting yang Cocok Bagi Kamu Orang Tua Milenial

Cara menumbuhkan rasa empati

Empati memang menjadi salah satu hal yang penting yang harus dimiliki oleh seseorang, terutama anak-anak. Sebuah penelitian bahkan telah menemukan bahwa empati sebagai salah satu hal penting untuk membantu membangun serta mempertahankan hubungan yang sehat dan bahagia dengan orang lain.

Walau demikian, empati bukanlah suatu hal yang bisa muncul dengan sendirinya. Namun, rasa empati tersebut akan muncul jika dipupuk atau dikenalkan sejak dini oleh orangtua dan juga lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, dibutuhkan waktu untuk membentuk rasa empati bagi anak-anak. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan rasa empati pada anak dilansir laman Parents.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!