GenK LIFE

4 Cara Menumbuhkan Empati Pada Anak yang Harus Kamu Tahu

3. Ajari anak untuk bersyukur dan memuji orang lain

Ilustrasi parenting. (Sumber: pexels)

Hal lain yang dapat kamu ajarkan kepada anak demi menumbuhkan rasa empatinya adalah dengan mengajarkan anak untuk selalu bersyukur. Hal-hal kecil seperti ini, ternyata dapat menjadi hal yang ampuh yang dapat kamu ajarkan kepada anak agar lebih memahami kondisi diri.

Tak tanya itu, kamu juga harus mengajarkan anaknuntuk selalu memuji hasil kerja orang lain. Contoh hal mudah dalam menerapkannya adalah memuji masakan ibu, memuji ayah yang pulang tepat waktu dan lainnya. Dari hak tersebut anak jadi bisa memikirkan sendiri apa yang hendak ia puji ataupun syukuri.

4. Buat anak menjadi relawan dan terlibat dalam kegiatan amal

Ilustrasi parenting. (Sumber: hsbc)

Jika anak apabila sudah lebih besar dan bisa memahami dengan lebih mudah, kamu juga bisa mengajarkan hal ini. Kamu dapat mencoba mengajak atau mendorongnya melakukan kegitan-kegiatan baik seperti beramal dan membantu orang lain yang kesusahan. Kamu bisa mengajak anak untuk membantu mengemas pakaian untuk disumbangkan, membantu korban bencana alam, memberikan sumbangan mainan atau baju yang sudah tak terpakai, dan lainnya.

Kamu juga dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa bantuan yang diberikan, sekecil apapun itu dapat membuat orang lain bahagia. Hal ini juga dapat membuat anak lebih bersyukur atas kehidupannya dan merasa bahagua karena dapat menolong orang lain.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya