GenK LIFE

4 Event Pertandingan Internasional Harus Ditunda karena COVID-19

Khawatiran publik dunia terhadap penyebarluasan virus corona memang begitu besar. Segala upaya preventif terhadap penularan virus COVID-19 bahkan telah  dilakukan oleh berbagai pihak. Beberapa upaya yang paling banyak diambil adalah melakukan saran dari World Health Organization (WHO) dengan memberlakukan social distancing ataupun physical distancing.

Tak hanya itu, beberapa negara bahkan ada yang memberlakukan lockdown dalam beberapa waktu. Dampaknya, ada banyak penundaan acara besar seperti konser musik, premier film, hingga tur dan festival. Salah satu sektor yang juga terdampak besar adalah olahraga. Berikut beberapa daftar olahraga internasional yang juga harus mengalami penundaan.

1. Liga Sepakbola Eropa

Pandemi COVID-19 yang semakin meluas,  telah membuat penyelenggaraan liga-liga sepak bola Eropa menjadi tertunda. 5 liga top Eropa, yakni Barclays Premier League (Inggris), Liga Serie-A Italia, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Perancis pun terpaksa harus ditunda sebagai akibat dari penyebaran pandemi yang semakin meluas di negara-negara Eropa.

Tidak kelima liga top Eropa, Liga Champions Eropa dan Liga Europa juga harus menunda jadwal pertandingan sehingga membuat UEFA selaku penyelenggara harus kembali mengatur ulang jadwal bermain tim-tim bagi tim yang masih harus berlaga di dua kompetisi tersebut.

Premier League. (Sumber: premierleague)

Dampaknya, tentu bukan hanya pada tim yang berlaga, namun juga para pendukung. Pemain dalam tim harus merugi karena tidak mendapatkan pendapatan dari hak siaran dan juga tiket. Tak hanya itu, tim dengan performa baik dari awal juga terancam tidak bisa memenangkan pertandingan dan membawa piala akibat adanya kemungkinan pembatalan penyelenggaran di musim 2019/2020 ini.

Tak hanya pemain. Para suporter pun juga harus merugi. Selain kehilangan kesempatan menonton pertandingan klub kesayangan, mereka juga bisa merugi apalagi jika sudah membeli tiket terusan pertandingan.

Baca Juga :   Jangan Ditiru! 5 Cara Ini Ternyata Keliru Untuk Cegah Covid-19

2. Olimpiade Tokyo 2020

Tak hanya di Eropa, acara olahraga lain yang bakal ditunda akibat pandemi COVID-19  adalah Olimpiade Tokyo 2020. Dick Pound sebagai salah satu anggota International Olympic Committee (IOC) bahkan sudah mengonfirmasi tentang penundaan ini.

Pound mengungkapkan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 yang seharusnya akan diadakan pada 24 Juli mendatang, harus mengalami penundaan jadwal. Hal ini terjadi karena pandemi COVID-19 yang telah menyebar bahkan menginfeksi masyarakat di Jepang.

Olimpiade Tokyo 2020. (Sumber: shutterstock)

Dengan adanya penundaan ini, sudah pasti akan merugikan negara Jepang. Hal ini terjadi tentu dari sisi pariwisata. Jika ditunda, otomatis sektor wisata Jepang jadi ikut merugi karena harus kehilangan pemasukan negara sebesar 240 miliar yen atau setara dengan Rp 36 triliun ini.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!