Seni Rupa & Desain

4 Gaya Gambar Komik yang Wajib Kamu Tahu

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah komik, bukan? Tak jarang kamu bahkan memiliki hobi atau kebiasaan membaca komik saat memiliki waktu luang. Tapi apa sebenarnya kamu tahu apa itu komik?

Ada banyak darimu yang mungkin menganggap komik sama dengan cerita bergambar. Biasanya dalam sebuah cerita bergambar, gambar digunakan hanya sebagai ilustrasi cerita. Sementara komik, lebih cocok disebut sebagai gambar yang bercerita karena menyampaikan pesan atau cerita melalui teks atau verbal, maupun non verbal. Untuk itu kamu juga harus tahu beberapa gaya gambar komik.

1. Cartoon style

Komik Benny & Mice. (Sumber: gambarlucune)

Mungkin kamu pasti sering melihat gaya gambar komik yang satu ini. Gaya gambar komik ini bernama cartoon style. Biasanya gaya gambar ini menghasilkan gambar yang lucu, sesuai dengan namanya, kartun atau cartoon. Di Indonesia sendiri, gambaran komik seperti ini sudah mudah ditemui, beberapa karakternya bahkan sudah terkenal seperti Panji Koming, Timun, Benny dan Mice, dan lainnya. Di Amerika dan Eropa sendiri beberapa karakter komik kartun yang terkenal adalah Mighty Mouse, Donald Duck, Smurf, Tintin, Bill & Bull, dan lainnya.

2. Semi Cartoon style

Komik ‘Sawung Kampret’. (Sumber: Twitter/SawungKampret)

Kalau gaya gambar komik yang satu ini cenderung campuran antara cartoon style dan juga realism style. Hal ini terlihat dari gambaran jelas dari anatomi tubuh karakternya walau bagian wajah biasanya dibuat sedikit berbeda. Contoh gaya semi cartoon style ini di Amerika seperti Teen Titans, sementara di Jepang ada Sailor Moon, Dragon Ball dan lainnya. Kalau untuk lokal, ada Sawung Kampret, Doyok, Ali Topan dan lainnya.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah