GenK LIFE

4 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Ikut Organisasi

Kegiatan yang dilakukan memang kerap kali memberikan banyak manfaat bagi individu atau sekelompok orang. Kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat kerap kali kita temui dalam kegiatan komunitas, organisasi dan sebagainya. Nah, mengenai hal tersebut terdapat banyak opini tentang mengikuti organisasi atau komunitas, baik yang pro maupun kontra.

Sejumlah orang menganggap mengikuti organisasi itu penting, tetapi sejumlah orang juga menganggapnya tidak penting. Dalam pandangan saya sendiri, ikut organisasi merupakan suatu hal penting dan tidak penting. Ikut organisasi itu penting ketika ingin sungguh-sungguh belajar melatih hard skill dan soft skill.

Sementara, ikut organisasi itu tidak penting ketika hanya ingin membuktikan kepada seseorang, gegayan, dan tidak memiliki tujuan yang jelas. Hal tersebut terlepas dari alasan klise saat mengikuti organisasi, menambah relasi.

Oleh karena itu, saat memutuskan ingin mengikuti organisasi perlu ada mempertimbangkan kemanfaatan mengikuti organisasi, tujuan kamu ikut organisasi, efek tang ditimbulkan dari organisasi dan bahkan apakah organisasi yang kamu ikuti tersebut mengganggu prestasi akademik yang kamu miliki atau tidak. Sebab, saat tidak memperhatikan hal-hal tersebut tidak jarang ditemui banyak orang yang mengikuti organisasi, tetapi malah terkadang malah tidak bermanfaat bagi dirinya sendiri.

Malah  apa yang dilakukan hanya membuat capek dan tidak tahu arti penting dalam mengikuti organisasi. Maka dari itu, berikut adalah 4 hal yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan ingin mengikuti organisasi:

  1. Visi Misi Dalam Organisasi Sesuai Dengan Tujuanmu

Sumber Gambar : hipwee.com

Visi misi dalam organisasi merupakan sesuatu yang penting, sebab hal tersebut mencerminkan tujuan-tujuan dalam organisasi yang ingin dicapai serta memberikan sedikit gambaran kecil apa saja yang akan kamu lakukan dalam organisasi tersebut.

Jika visi dan misi dalam organisasi yang ingin kamu ikuti sesuai dengan tujuanmu maka ikutilah organisasi tersebut dengan sungguh-sungguh, sebab kemungkinan tujuanmu juga dapat terwujud jika mengikuti organisasi tersebut. Misal kamu memiliki minat yang besar dalam dunia menulis.

Maka ikutilah organisasi menulis yang mungkin dapat menuntunmu menjadi penulis yang andal, tetapi jangan lupa lihatlah, baca dan pahami terlebih dahulu visi misi dari organisasi tersebut. Jika, selaras dengan tujuan kamu maka ikutilah, dan kemungkinan keinginanmu bisa lebih cepat terwujud setelah mengikuti organisasi menulis.

  1. Ikut Organisasi Bukan Karena Ingin Move On Dari Mantan

Sumber Gambar : ruangberita.co

Melupakan seseorang yang pernah ada dihati melalui jalur organisasi merupakan sesuatu yang salah. Sebab, hal tersebut malah bisa jadi membuat kamu lebih lelah. Bayangkan saja, misal dengan mengikuti organisasi maka dominan waktumu akan habis dalam kegiatan organisasi tersebut, memang hal tersebut efektif digunakan untuk melupakan mantan.

Akan tetapi, ketika kamu telah merasa move on organisasi yang kamu ikuti belum selesai. Sehingga, hal tersebutlah yang membuatmu lelah.

Selain itu, move on jalur organisasi sifatnya juga sementara, sebab ada kemungkinan besar kamu mengalami gamon ketika kamu sudah tidak mengikuti organisasi lagi. Meski dalam secara tersirat mengikuti organisasi untuk move on turut memberikan manfaat yang sangat berguna bagimu.

  1. Ikut Organisasi Bukan Karena Ikut-Ikutan

Sumber Gambar : educenter.id

Ikut organisasi karena ikut-ikutan teman atau rekomendasi dari saudara bukanlah hal yang baik untuk diri. Sebab, dalam diri individu memiliki potensi yang berbeda-beda, dan tentunya untuk memaksimalkan juga perlu cara yang berbeda pula. Ikut organisasi karena ikut-ikutan dengan alasan ingin solid dengan bestie atau saudara kamu adalah ide yang buruk.

Sebab bisa jadi saat berproses di dalamnya kamu tidak menikmatinya, sehingga saat ditanya mengenai kemanfaatan yang kamu dapat setelah mengikuti organisasi bisa jadi malah membuatmu bingung dan mempertanyakan pada dirimu memangnya aku ikut ini untuk apa?

Seperti melakukan kegiatan yang sia-sia rasanya. Oleh karena itu, perlu kesadaran penuh saat memutuskan mengikuti organisasi yang sesuai dengan potensi pada dirimu.

  1. Kenyamanan Saat Kamu Berproses di Dalamnya

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di Kampus

Dalam kenyamanan saat berproses menunjukkan bahwa saat kamu telah diterima dalam organisasi yang menurutmu selaras dengan tujuanmu. Tetapi, saat awal-awal berproses terkadang sejumlah orang memiliki feeling yang kuat atas nyaman atau tidak nyaman dalam mengikuti organisasi tersebut.

Jika, kamu salah satunya yang memiliki feeling yang kuat maka percayalah dengan apa yang kamu rasakan tersebut, validasi.  Dan beranikan membuat keputusan saat diawal-awal jika dirasa sudah tidak nyaman, sehingga hal ini juga turut tidak menyusahkan orang lain yang terdapat dalam organisasi yang kamu ikuti.

Nah, itulah 4 hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin memutuskan memilih organisasi. Dalam hal tersebut merupakan hal-hal yang saya alami saat memutuskan mengikuti organisasi sejak masa sekolah hingga masa kuliah di semester 4.

Oleh karena itu, perlu diingat saat memutuskan ikut dalam organisasi sebisa mungkin jangan membuat susah orang lain dan diri sendiri.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.