GenK LIFE

4 Hal Yang Perlu Kamu Tahu, Biar Gak Salah Sangka Sama Orang Introvert

orang introvert

Orang introvert memang sering bikin salah sangka. Introvert diidentikkan dengan sifat pendiam dan pemalu. Memang itu tidak salah, sejumlah orang introvert memang memiliki kepribadian seperti itu.

Namun, pada kenyataannya introvert itu berhubungan dengan energi yang mereka dapat saat sendiri yang lebih banyak, dibanding dengan ketika berada dalam keramaian. Orang dengan tipe seperti ini mudah capek saat di keramaian, sehingga membuatnya terlihat seperti lebih dingin dari pada orang-orang pada umumnya.

Namun, tidak semua orang introvert memiliki karakter seperti itu, sejumlah introvert juga bisa bersikap ramah. Pada umumnya, orang dengan kepribadian seperti ini sering dianggap sombong oleh orang yang tidak memahaminya. Nah, berikut adalah 4 hal yang diidentikkan dengan orang introvert yang perlu Anda tahu, agar anda tidak mudah salah sangka:

  1. Bicara Yang Seperlunya

Sumber Gambar : closeup.com

Gaya bicara orang introvert cenderung seperlunya pada setiap orang yang mereka temui. Mengapa biasa seperti itu? Ya karena dia ingin menjaga energinya agar tidak cepat habis. Orang dengan tipe seperti ini terkadang lebih suka dipancing untuk berbicara daripada memulai pembicaraan.

Saya sebagai salah satu yang memiliki tipe ini, sering kali saya mengalami kehabisan energi, sehingga membuat saya gampang payah. Misal, hari ini saya bertemu banyak orang dan banyak bicara, maka bisa dipastikan untuk keesokan harinya saya menjadi orang yang sangat irit bicara. Selain itu, saya akan lebih banyak di rumah untuk istirahat. Efek lain dari interaksi yang berlebihan yang saya rasakan, yaitu menjadi mudah lapar dan gampang ketiduran.

  1. Gaya Chating Yang Singkat dan Padat

orang introvert

Sumber Gambar : liputan6.com

Gaya chating orang introvert yang cenderung singkat dan padat, hal tersebu terkadang membuat orang salah sangka. Sebab, dianggap terlalu dingin atau jual mahal. Ini yang membuat orang awam menjadi salah sangka dengan menganggapnya sombong.

Namun, jika terdapat maksud atau tujuan tertentu, orang dengan tipe kepribadian introvert, juga seperti orang pada umumnya. Dapat mengetik dengan panjang untuk mengungkapkan pikirannya. Hal tersebut dilakukan untuk menjelaskan maksud mereka chat atau memberikan respons pada lawan bicara, terutama mengenai topik tertentu yang menarik baginya.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ini sering kali meminimalkan pop-up chat dalam percakapan. Hal tersebut dilakukannya agar tidak terlihat spam ke lawan bicaranya. Namun, gaya chat yang singkat dan padat tidak berlaku ketika dia dengan sahabat, doi, sedang dalam keadaan panik, dan orang yang berkepentingan tertentu dengannya.

  1. Teman yang Itu-Itu Aja

orang introvert

Sumber Gambar ; popbela.com

Bukan tidak pintar berbaur, tetapi orang introvert lebih menyukai circle kecil untuk diajaknya bergaul. Itu dikarenakan, orang dengan tipe ini cenderung mendambakan makna dalam sebuah pertemanan. Sehingga, teman yang dimiliki tipe ini tidak terlalu banyak dan pertemanan yang dibangun cenderung lebih awet.

  1. Pendiam dan Kalem

orang introvert

Sumber Gambar : pikiranrakyat.com

Mungkin ini berlaku untuk sejumlah orang introvert. Pendiam dan kalem merupakan kalimat yang diucapkan oleh seseorang yang pertama kali berjumpa dan mengenal orang dengan kepribadian ini. Sesungguhnya, orang dengan kepribadian ini bisa bertingkah layaknya orang ekstrovet ataupun ambivert.

Namun, untuk Hal-hal pertama dalam hidupnya, orang dengan tipe terkadang ini lebih senang untuk mengamati lingkungan yang ada di sekitarnya dan mencoba memahami lingkungan sekitarnya. Sehingga, yang ditampilkan oleh orang dengan kepribadian introvert cenderung terlihat seperti orang yang kalem dan pendiam.

Itulah 4 hal yang sering kali membaut orang-orang salah sangka dengan kepribadian introvert. Saya pernah melihat postingan video dalam salah satu platfoam yang membahas tentang kepribadian introvert, ekstrovert dan ambivert.

Dalam video tersebut menyatakan bahwa, tidak ada orang yang memiliki kepribadian introvert 100% ataupun ekstrovert 100%, sebab manusia adalah makhluk dinamais. Sehingga, seseorang yang baik akan menyeimbangkan hal tersebut dalam dirinya, paham akan kontrol pada dirinya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *