GenK LIFE

4 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Meningitis

Beberapa waktu lalu, dunia hiburan Indonesia dirundung sebuah kabar duka perihal meninggalmya seorang musisi asal Ambon ,Glen Fredly pada Rabu (8/2/2020). Ia diketahui meninggal karena menderita penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, ataupun parasit. Penyakit ini ditularkan melalui percikan cairan hidung atau tenggorokan yang keluar saat batuk maupun bersin dari penderita.

Diketahui, semua golongan usia memiliki potensi terjangkit meningitis, termasuk bayi. Apabila hal tersebut terjadi dan tidak mendapat penanganan yang tepat, maka kondisi akan memburuk dan memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan meningitis

Tak hanya dari penularan atau infeksi bakteri, ada beberapa kebiasaan buruk juga loh yang ternyata tanpa disadari bisa menjadi pemicu penyakit meningitis.

1. Tidak menjaga kesehatan

Ilustrasi menjaga kesehatan. (Sumber: pexels)

Kesehatan memang menjadi hal yang paling penting dan nomor satu. Jika kamu tidak menjaga kondisi tubuh tetap fit atau bugar, kamu bisa terkena penyakit ini karena biasanya akan menyerang saat kondisi imun terganggu. Jika imunitas di tubuh berkurang, bakteri atau virus dapat dengan mudah menyerang tubuh.

Baca Juga :   5 Olahraga untuk Mengatasi Anxiety, Dijamin Bikin Hatimu Makin Happy

Beberapa orang akan sangat berbahaya dan rentan terhadap penularan penyakit ini adalah orang yang memiliki kondisi autoimun, AIDS dan juga penyakit lupus. Sehingga perlu kehati-hatian untuk menjaga kondisi tubuh, tingkatkan imunitas tubuh dan mendapatkan penanganan yang cocok dengan segera jika memang terkena dan mengalami gejala meningitis.

2. Tidak membersihkan makanan

Ilustrasi makanan sehat. (Sumber: pexels)

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, menjaga kebersihan juga menjadi salah satu hal yang penting terutama saat makan. Kamu harus memastikan makanan bersih agar tidak ada berbagai macam bakteri seperti Listeria monocytogenes yang merupakan salah satu bakteri penyebab meningitis.

Bakteri tersebut diketahui sangay berbahaya dan mengancam kehamilan bahkan dapat menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan makanan yang akan dikonsumsi harus bersih.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!