GenK LIFE

4 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Meningitis

Beberapa waktu lalu, dunia hiburan Indonesia dirundung sebuah kabar duka perihal meninggalmya seorang musisi asal Ambon ,Glen Fredly pada Rabu (8/2/2020). Ia diketahui meninggal karena menderita penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, ataupun parasit. Penyakit ini ditularkan melalui percikan cairan hidung atau tenggorokan yang keluar saat batuk maupun bersin dari penderita.

Diketahui, semua golongan usia memiliki potensi terjangkit meningitis, termasuk bayi. Apabila hal tersebut terjadi dan tidak mendapat penanganan yang tepat, maka kondisi akan memburuk dan memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan meningitis

Tak hanya dari penularan atau infeksi bakteri, ada beberapa kebiasaan buruk juga loh yang ternyata tanpa disadari bisa menjadi pemicu penyakit meningitis.

1. Tidak menjaga kesehatan

Ilustrasi menjaga kesehatan. (Sumber: pexels)

Kesehatan memang menjadi hal yang paling penting dan nomor satu. Jika kamu tidak menjaga kondisi tubuh tetap fit atau bugar, kamu bisa terkena penyakit ini karena biasanya akan menyerang saat kondisi imun terganggu. Jika imunitas di tubuh berkurang, bakteri atau virus dapat dengan mudah menyerang tubuh.

Beberapa orang akan sangat berbahaya dan rentan terhadap penularan penyakit ini adalah orang yang memiliki kondisi autoimun, AIDS dan juga penyakit lupus. Sehingga perlu kehati-hatian untuk menjaga kondisi tubuh, tingkatkan imunitas tubuh dan mendapatkan penanganan yang cocok dengan segera jika memang terkena dan mengalami gejala meningitis.

2. Tidak membersihkan makanan

Ilustrasi makanan sehat. (Sumber: pexels)

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, menjaga kebersihan juga menjadi salah satu hal yang penting terutama saat makan. Kamu harus memastikan makanan bersih agar tidak ada berbagai macam bakteri seperti Listeria monocytogenes yang merupakan salah satu bakteri penyebab meningitis.

Bakteri tersebut diketahui sangay berbahaya dan mengancam kehamilan bahkan dapat menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan makanan yang akan dikonsumsi harus bersih.

3. Jarang cuci tangan

Ilustrasi cuci tangan. (Sumber: pexels)

Tak hanya menjaga kebersihan makanan, kamu juga harus menjaga kebersihan tangan. Salah satu caranya adalah mencuci tangan. Diketahui, bakteri meningitis dapat berkembang biak dengan baik di tangan, terutama di bawah kuku.

Walaupun begitu, kamu bisa mengatasinya dengan sering mencuci tangan, sebelum dan juga sesudah makan. Tak hanya saat makan, kamu juga harus mencuci tangan setelah berkontak langsung dengan orang atau penderita meningitis.

4. Hindari menggunakan peralatan makan orang lain

Ilustrasi peralatan makan. (Sumber: pexels)

Kamu juga harus memastikan untuk menghindari kontaminasi air liur, terutama dari peralatan makan. Hal inilah yang membuat kamu harus menyiapkan peralatan sendiri dan usahakan jangan sampai menggunakan peralatan orang lain apalagi dipakai bergantian. Jika hal itu terjadi, maka akan ada kemungkinan penularan yang besar.

Cara mencegah meningitis

Ilustrasi vaksin. (Sumber: pexels)

Meningitis tentu dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, terutama jika Anda berisiko tinggi mengidap meningitis. Beberapa pola gaya hidup sehat yang harus dijalani meliputi:

  • Beristirahat dengan cukup
  • Tidak merokok
  • Menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit

Jika kamu telah melakukan kontak langsung dengan penderita meningitis bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik pencegahan sebagai upaya untuk menurunkan risiko berkembangnya meningitis bakteri dalam tubuh.

  • Vaksin juga bisa mencegah meningitis, di antaranya:
  • Vaksin Haemophilus influenzae tipe B (Hib)
  • Vaksin konjugasi pneumokokus
  • Vaksin meningokokus

Menjalani hidup bersih juga bisa menjadi cara mencegah meningitis. Sebab, beberapa meningitis dapat tertular lewat liur atau cairan tubuh sang penderita. untuk kamu yang ingin mengetahui tentang gejala apa saja yang dialami oleh orang yang menderita meningintis kamu bisa cek disini.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya