Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Dunia bisnis sekarang memang berkembang sangat pesat. Sangkin berkembangnya, kini sudah semakin banyak bisnis yang memulai persaingan demi mendapatkan perhatian dari para pelanggan. Ada berbagai hal yang banyak dilakukan dalam menarik perhatian ini, bukan hanya lagi perkara merek atau brand yang kuat, ataupun logo serta taglune yang menarik. Kini persaingan juga bisa didapatkan dari brand avatar yang digunakan.

Brand avatar sendiri sekarang sudah mulai banyak digunakan oleh berbagai bisnis yang dijadikan sebagai alter ego atau ‘karakter’ dari merek dagangmu. Brand avatar ini kehadirannya bahkan bisa membantu memanusiakan bisnis, menonjol diantara keramaian hingga dapat membentuk kepercayaan pada pelanggan hingga karyawan.

Toucan Sam. (Sumber: Popicon)

Salah satu brand avatar yang ada yaitu Toucan Sam yang merupakan ‘wajah’ dari Fruit Loops Kellogg selama hampir 60 tahun. Berawal dari desain hitam-putih sederhana di tahun 1960-an, menjadi visual penuh warna, menjadi maskot hingga kini menjadi sebuah brand avatar. Toucan Sam untuk menjadi juru bicara, yang secara kreatif mengomunikasikan pengalaman unik memakan Fruit Loops dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Tak hanya dapat mengomunikasikan atau menjadi juru bicara dari sebuah ‘brand’, berikut 4 manfaat dari penggunaan brand avatar dilansir Businessbusinessbusiness.

1. Meningkatkan Kepercayaan kepada Brand

brand Avatar

Ilustrasi brand. (Sumber: shutterstock)

Apabila kamu ingin orang membeli lebih banyak produk ataupun layanan yang kamu tawarkan, maka salah satu hal penting yang harus kamu miliki adalah kepercayaan dari mereka.

Sederhananya, orang akan mempercayai brand yang otentik. Brand  yang tepercaya adalah sebuah brand  yang memiliki sejarah membantu orang, yang tidak terlalu memaksa, dan mudah dipahami namun berwibawa. Mayoritas pelanggan juga cenderung loyal terhadap brand yang menawarkan akuntabilitas dan bukti sosial, brand yang dapat menunjukkan bahwa pelanggan lain juga mempercayai mereka dengan menjadi pendukung brand.

Membangun kepercayaan semacam ini tidaklah dengan mudah terjadi dalam semalam.  Dibutuhkan waktu dan strategi, tetapi jika sudah memiliki brand avatar maka  dapat membantu di departemen ini.  Sebagai perwujudan dari brand usaha, avatar dapat menunjukkan semua kualitas di atas dengan cara yang orang dapat dengan cepat berhubungan.

Baca Juga :   11 Brand Tas Wanita High Class Paling diCari

2. Alternatif yang lebih baik daripada penggunaan logo

Ilustrasi brand. (Sumber: shutterstock)

Dengan persaingan antara konsep bisnis kreatif yang semakin ambisius, logo dapat dengan mudah menjadi tua dan basi.  Mereka sering dibatasi oleh tren desain saat itu, dan tidak selalu mencerminkan apa yang dilakukan dan dikatakan perusahaan saat ini.

Ketika layanan dan produk baru diperkenalkan, nilai-nilai dan visi bisnis perlu diperbarui.  Dalam banyak hal, brand avatar menjadi lebih fleksibel dan mudah beradaptasi daripada penggunaan logo.  Alih-alih tetap statis, brand avatar dapat dengan mudah berpindah antar konteks misalnya cetak ke digital, mengadaptasi cara mereka melihat dan berbicara, dan secara harfiah menggaungkan perubahan arah bisnismu.

3. Membangun narasi atau citra yang baik

brand Avatar

Ilustrasi brand. (Sumber: passion design)

Narasi ataupun citra dalam sebuah brand tentu pasti akan ada, mau kamu suka ataupun tidak. Ini adalah hal yang mencakup elemen subyektif dan objektif dari bisnis yang kamu jalankan. Narasi  dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas dan harga produk atau layanan , tujuan dan nilai-nilai, pengalaman yang telah diberikan kepada pelanggan dan mungkin yang paling penting, apa yang orang katakan tentang dirimu.

Meskipun kamu tidak selalu dapat mengontrol narasi brand bisnismu, kamu tentu dapat memperjelasnya, membentuknya, membangunnya dan menggabungkannya secara strategis ke dalam komunikasimi.  Dalam banyak hal, ini merupakan peluang bagi brand bisnismu untuk terhubung dengan pelanggan di tingkat yang lebih dalam.

Lalu siapa yang lebih baik menceritakan kisah ini daripada brand avatar bisnismu?  Bercerita akan selalu menjadi salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan orang-orang.  Sebagai wajah dan suara bisnismu, avatar dapat mengantarkan narasi dengan cara yang kreatif, menarik, emosional, dan berbeda – semua yang diperlukan untuk menceritakan kisah yang luar biasa.

Baca Juga :   5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

4. Memanusiakan brand

brand Avatar

Ilustrasi brand. (Sumber: studio 10 films)

Jika brand bisnismu  adalah orang atau karakter, apa nama mereka?  Bagaimana cara mereka berpakaian?  Apa yang mereka sukai dan tidak sukai?  Bagaimana mereka berbicara?  Apakah mereka akan lucu dan unik, atau sederhana dan santai?

Pertanyaan seperti ini akan membantumu  membayangkan kepribadian untuk brand avatar bisnismu.  Ini penting, karena orang tentu akan mempercayai orang.  Semakin manusiawi brand avatar bisnismu, maka akan semakin banyak orang akan mempercayai brand bisnismu.

Apabila brand avatar bisnismu sudah dibuat dengan matang dan sempurna, kamu dapat menggunakannya dalam berbagai skenario pemasaran – dari konten media sosial dan video, hingga blogging maupun mengangkat konten lama.

Pikirkan tentang Roaming Gnome, atau akun Instagram Barbie.  Seiring waktu, kedua maskot ini telah berubah menjadi brand avatar  yang berpengaruh, menunjukkan karakteristik manusia yang orang-orang benar-benar hubungkan dan juga tanggapi.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara Cerdas Buat Menjawab "Kenapa Kamu Ingin Pekerjaan Ini" Saat Interview

Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Creativepreneur and Career

Kenali Pengertian dan Syarat untuk Membangun Startup Unicorn di Indonesia

Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae untuk Freelancer Agar Lebih Menarik