Arsitektur & Interior

4 Restoran Yang Bikin Kita Serasa Naik Pesawat

Sebagai pecinta kuliner sejati, tentunya bukan hanya makanan yang lezat yang kita cari melainkan juga konsep dan pengalaman yang menarik. Konsep yang menarik inilah yang sering kali menjadi sebuah memori yang sulit dilupakan. Saat ini banyak konsep desain restoran yang ditawarkan oleh pengusaha FnB, salah satunya adalah konsep aviasi atau naik pesawat terbang.

Konsep aviasi yaitu konsep restoran yang menempati badan pesawat yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk membuat suasananya seperti di dalam pesawat sebenarnya, pelayan di restoran tersebut berpenampilan layaknya pramugari dan pramugara.

Restoran dalam pesawat ini tak hanya ada di luar negeri saja, tetapi ada juga yang berlokasi di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta hingga Palembang. Berikut ini 5 restoran dalam pesawat yang unik untuk dikunjungi.

Jogja Airport Resto

Sumber Gambar : guideku.com

Salah satu kewajiban saat berkunjung ke kota Jogjakarta adalah berwisata kuliner, destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Jogja Airport Resto, Restoran yang berada di Sleman ini memiliki leunikan, yaitu pengunjung dapat merasakan wisata kuliner dan menikmatinya didalam kabin pesawat.

Sumber Gambar : Jogjakartour.com

Didirikan pada akhir tahun 2018, restoran ini dirancanag dengan tema penerbangan. Para pelayan berdandan seperti kru pesawat dan sebelum naik kepesawat pengunjung harus check-in dulu.

Namun alih-alih untuk memesan kursi pesawat, pengunjung akan diarahkan untuk memilih menu dan memesannya sekaligus. Nota yang diberikan pun berbentuk boarding pass. Tempat ini cocok juga sebagai tempat wisata dan edukasi untuk anak-anak PAUD dan Sekolah.

Red Suki

Sumber Gambar : Youtube Image

Restoran berkonsep aviasi Boeing 323-300 ini berada di Sukaharja, Karawang. Tidak hanya merasakan suasana ruang yang berada didalam kabin pesawat, para pelayan pun juga berpakaian seperti awak kabin yang sedang bertugas.

Restoran ini menawarkan berbagai menu grill maupun kuah dengan model suki. Tempat yang ditawarkan juga nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga karena dapat duduk hingga 4 orang per satu mejanya.

Konsep makanan suki yang ditawarkan menjadikan restoran ini bahkan lebih menarik lagi karena kita mampu memanggang makanan secara langsung dimeja kita masing-masing. Sehingga pengalaman yang kita peroleh bersama keluarga akan lebih berkesan.

pengalaman ini bahkan lebih menarik lagi. Tempat ini cocok sekali bagi para penggemar kuliner yang bosan dengan suasana restoran pada umumnya dan menginginkan sesuatu yang baru. Sesaat kita memasuki ruangan, posisi kursi makan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai posisi yang sering kita temukan dipesawat, bahkan sebagian besar kursi yang digunakan merupakan kursi asli milik pesawat tersebut, selain itu tempat penyimpanan bagasi diatas kepala juga didesain seperti pesawat aslinya sehingga suasana ruang seperti sedang menikmati hidangan didalam pesawat terbang.

Rumah Kayu

Naik Pesawat

Sumber Gambar : medcom.id

Berbeda seperti restoran pada umumnya, Rumah Kayu yang beroperasi di jl. Arif Rahman hakim, Bandar Lampung menyajikan pengalaman menyantap makanan didalam kabin pesawat. Pesawat yang digunakan sebagai restoran ini diambil dari bangkai pesawat boeing 737-400 ex Sriwijaya Air, dengan sedikit modifikasi dibagian interiornya.

Pemilik Rumah Kayu sangat tertarik dengan dunia penerbangan. Hal ini menumbuhkan antusias masyarakat yang sangat tinggi hingga harus melakukan reservasi supaya tidak kehabisan tempat.

Kapasitas yang dapat ditampung oleh restoran ini dalam pesawat adalah 36 pengunjung (saat menerapkan protokol kesehatan covid) dan 60 pengunjung (tanpa protokol kesehatan) disaat yang bersamaan. Jangkauan harga per hidangan adalah 370 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah.

Restoran ini memang tergolong mewah dan mahal jika dibandingkan dengan restoran lain di daftar kita. Bukan hanya makan saja, namun kita juga dapat berfoto didalam kabin yang masih utuh dari pesawat ini.

Dari segi interiornya pun pesawat ini nampak sangat mewah, layaknya sedang menikmati hidangan didalam kabin pesawat kelas pertama yang sangat bergengsi. Pencahayaan yang digunakan didalam kabin pun menggunakan lampu layaknya kabin pesawat yang disembunyikan didalam panel interiornya.

Keramas Aero Park

Naik Pesawat

Sumber Gambar : tripadvisor.com

Restoran ini berada dijalan Ida Bagus Mantra, Gianyar dan merupakan satu-satunya restoran berkonsep pesawat di Bali. Keramas Aero Park berada 28 kaki diatas tanah sehingga menambah pengalaman “terbang” layaknya pesawat sesungguhnya.

Disamping makan, terdapat juga pemandangan kawah, pantai Keramas dan pulau Nusa Penida. Tempat ini cocok sekali untuk dikunjungi oleh turis maupun keluarga, menyajikan berbagai jenis makanan local maupun luar negeri.

Tidak perlu takut kehabisan tempat karena jika kabin pesawat telah penuh, masih ada 500 kursi disekelilingnya yang bisa digunakan sambil memandang pemandangan pesawat dan keindahan alam Bali. Tempat ini dapat juga di booking untuk pesta ulang tahun maupun pesta privat lainnya.

Naik Pesawat

Sumber Gambar : aa.com.tr

Interior restoran ini terlihat sangat modern menggunakan pencahayaan warna biru layaknya didalam pesawat sungguhan, hanya saja memang kursi dan meja yang digunakan tidak mneyerupai meja dan kursi yang ada didalam pesawat.

Namun demikian pemandangan dari dalam pesawat keluar kabin sangatlah indah dikarenakan pesawat berada diketinggian yang jauh dari permukaan tanah.

Jadi tunggu apa lagi? Bagi kalian penggemar kuliner namun sudah bosan dengan restoran -restoran pada umumnya, langsung aja coba salah satu dari restoran pesawat diatas, selain konsepnya yang unik, makanannya pun juga terbilang tidak kalah menarik. Jangan lupa ajak teman atau keluarga mu dan selamat mencoba!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.