Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

penyiar radio

Well, meski zaman udah modern dan media hiburan digital makin banyak bermunculan, tapi keberadaan radio masih tetap nggak bergeser dari hati penggemar setianya, lho. Bahkan karier sebagai penyiar radio sampai sekarang tetep dibuka, lho. So, buat kamu-kamu yang demen ngoceh-ngoceh atau berinteraksi dengan orang lain dan punya rasa pede yang tinggi, kayaknya jadi radio disc jockey cocok banget, nih. Dan, FYI, gaji seorang penyiar radio cukup menggiurkan, lho, bisa sampai Rp5 juta per bulannya. Wah, asyik banget, ya, kerja santai cuma cuap-cuap dapat gaji lumayan.

Eits, tapi kamu harus punya skill utama dulu, GenKs. Apa aja, sih, skill wajib yang harus dikuasai calon radio DJ? Berikut ini bocorannya untukmu, guys!

Apa Aja, sih, Skill yang Dibutuhkan untuk jadi Penyiar Radio?

Sumber Gambar : studybreaks.com

Untuk jadi seorang penyiar radio yang sukses, kamu harus mengembangkan beberapa keterampilan tertentu, selain melatih suara. Apa aja skill yang dibutuhkan seorang penyiar radio?

#1: Interpersonal Skill

Sumber Gambar : filepicker.io

Tugas utama seorang penyiar radio nggak cuma berinteraksi dengan pendengar dan membuat mereka merasa dimengerti, terhibur dan nyaman, tapi juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan co-host, produser hingga narasumber atau pun pihak lainnya. Jadi, kunci utama untuk memasuki dunia ini adalah kamu harus mengasah dan mengembangkan keterampilan interpersonalmu, ya, GenKs.

#2: Public Speaking Skill

Sumber Gambar : dce.harvard.edu

Supaya lolos saat kamu melamar pekerjaan sebagai radio DJ, kamu harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan penuh percaya diri, guys. Meski nantinya kamu bakal menghabiskan sebagian besar waktu di ruang siaran, tapi suatu waktu kamu juga diharuskan tampil dihadapan publik saat mempromosikan atau mengiklankan stasiun radiomu.

#3: Research Skill

Sumber Gambar : Shutterstock.com

Jangan salah, lho, Genks, sebagai radio DJ, kamu juga harus tahu apa aja tren terkini dan peristiwa teraktual agar bisa bikin program acara yang relevan dan menarik. Nah, di sinilah skill researching-mu ketika duduk di bangku kuliah berperan penting.

#4: Technical Skill

Sumber Gambar : gvwire.com

Kenapa technical skill harus banget dikuasai calon radio DJ? Perlu kamu ketahui, di ruang siaran ada banyak banget peralatan dan macam-macam layar, seperti komputer hingga peralatan untuk broadcasting yang bisa memenuhi seluruh ruangan. Kalau kamu nggak bisa mengoperasikannya, gimana kamu bisa siaran sendiri saat on air?

Gimana Caranya jadi Penyiar Radio?

Sumber Gambar : directresponsemedia.com.au

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mengawali karier sebagai penyair radio, guys:

#1: Kuliah di Jurusan Komunikasi, Broadcasting atau Jurnalisme

Penyiar Radio

Sumber Gambar : liberty.edu

Syarat pendidikan emang biasanya bervariasi, sih, sesuai tempatmu melamar, tapi banyak juga penyiar radio yang punya gelar sarjana dalam bidang komunikasi, broadcasting atau jurnalisme. Karena itu, pastikan kamu menempuh bangku kuliah hingga mendapat gelar srjana di bidang-bidang yang berkaitan dengan dunia penyiaran radio, ya.

#2: Ikuti Program Magang

Penyiar Radio

Sumber Gambar : spunout.ie

Pengalaman juga nggak kalah penting dibanding dengan gelar pendidikan formal, lho. Jadi, sebaiknya kamu ikuti program magang dulu sebelum melamar sebagai penyiar radio secara resmi.

#3: Kumpulkan Banyak Pengalaman

Penyiar Radio

Sumber Gambar : merrimack.edu

Cari kesempatan di mana kamu bisa merasakan pengalaman langsung gimana nikmatnya menjadi penyiar radio. Kamu bisa mencoba mendaftar di stasiun radio kampus yang menawarkan pengalaman berharga di balik layar.

#4: Buat Reels

Sumber Gambar : indiatoday.in

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan agar sukses saat mencari pekerjaan sebagai penyiar radio adalah membuat Reels yang ada kaitannya dengan dunia penyiaran. Karena biasanya stasiun radio meminta calon pelamar untuk mengirimkan Reels bersamaan dengan resume mereka.

So, gimana, GenKs, udah siap terjun ke dunia penyiaran sebagai penyiar radio profesional, kan? Yuk, siapin dirimu mulai dari sekarang!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek