Seni Rupa & Desain

4 Tips Desain Iklan Terbaik Ini dapat Kamu Pakai untuk Ciptakan Iklan yang Informatif dan Menarik

Membuat sebuah desain iklan tidak dapat dipandang remeh begitu saja atau disejajarkan dengan membuat sebuah mockup atau desain gambar non-iklan lainnya. Hal itu dikarenakan sebuah iklan memiliki pesan yang harus dapat diterima secara jelas oleh publik. Sayangnya, tidak semua orang atau bahkan desainer yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah desain iklan yang informatif sekaligus menarik. Rata-rata terkesan monoton dan susah dipahami maksudnya.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang punya projek bikin iklan dengan desain yang menarik dan informatif, berikut ini ada beberapa tips desain iklan yang dapat kamu coba gunakan.

Cara Membuat Desain Iklan Bagus, Tepat dan Informatif

Sampaikan Pesan dengan Jelas

Sumber Gambar : forbes.com

Tips pertama adalah dianjurkan untuk membuat sebuah desain iklan yang kuat dan menyoroti pesan utama untuk produk atau layanan yang ditampilkan karena hal tersebut merupakan kampanye yang sedang dijalankan dan tentu aja harus mengena. 

Untuk menyoroti pesan utama itu, kamu harus mengetahui dan menggunakan elemen serta tema visual untuk dapat menjelaskan apa sih keunggulan dari produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan. Pastikan iklan yang ada di desain kamu itu sangat jelas dan ringkas sehingga audien tahu persis maksudnya pada pandangan pertama. 

Bereksperimen-lah dengan Beragam Warna

Sumber Gambar : logojoy.com

Memang ada kalanya dengan terlalu banyak warna yang digunakan dalam sebuah desain, maka justru akan terlihat berantakan. Tapi jika kamu dapat menyusun dan menata setiap warna dengan tepat, maka yang ada adalah sebuah desain iklan yang menarik. 

Tapi sebelum itu, kamu juga perlu memeriksa elemen warna yang menjadi identitas merek produk atau layananmu itu. Jangan sampai warna-warna yang kamu gunakan akan nge-blend dengan warna identitas produk utama. Kamu dapat melakukan gradasi atau pergeseran warna secara halus agar dapat menjaga konsistensi warna pada merek utama sembari mempercantik iklannya. 

Sisipkan CTA

Tips Desain Iklan

Sumber Gambar : exabytes.co.id

Membuat sebuah desain untuk iklan yang CTA-nya tersamarkan dengan beberapa elemen pendukung lainnya. Itu merupakan suatu langkah cerdas dan hebat jika kamu bisa melakukanya. Memang bukan satu hal yang baru lagi di dunia desain, terutama desain iklan, di mana para desainernya selalu menggunakan semacam batas khusus dalam desain mereka untuk nantinya digunakan sebagai space CTA. 

Walaupun bukan hal baru, tapi masih banyak desainer yang kesulitan untuk pengaplikasiannya. Cara termudah adalah dengan memasukkan efek framing seperti yang digunakan pada fotografi. Kamu dapat lebih memfokuskan pada titik tertentu agar viewer dapat dengan mudah menangkap CTA yang ada.

Buat Alur Cerita

Tips Desain Iklan

Sumber Gambar : gfartstudio.com

Iklan yang langsung tertuju pada produk, layanan atau pesan yang terkandung mungkin saat ini masih banyak digunakan oleh brand-brand ternama di seluruh dunia. Tapi percaya atau tidak, menurut sebuah penelitian, banyak konsumen yang justru suka dengan iklan-iklan yang memiliki cerita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu membuat iklan yang mempunyai alur cerita tertentu.

Nggak perlu bertele-tele atau panjang lebar, singkat tapi jelas dan mengena adalah cara untuk membuat sebuah iklan tersebut berwarna dan bercerita. Ditambah lagi, konsumen akan lebih mudah untuk mengingatnya terutama jika alur cerita yang ditambahkan sangat menarik.

Pada intinya, iklan yang bagus itu yang komunikatif, informatif, bagus, menarik dan pesannya dapat tersampaikan secara jelas. Penggunaan grafis yang tepat juga dapat menghidupkan apa pesan yang terkandung dan secara efektif mampu menampilkan apa yang ingin kamu utarakan ke audien terkait dengan produk atau layananmu itu.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian