Arsitektur & Interior

4 Tips Menciptakan Rumah Bersuasana Rileks Dengan Desain Zen

desain zen

Hidup di era modern seperti saat ini memiliki banyak sekali tekanan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari pekerjaan, lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi, akibatnya diri kita pun menjadi mudah merasa stres dan lelah. Selain itu, waktu luang yang dimiliki juga tidak banyak karena kesibukan dan rutinitas yang bermacam-macam, sehingga untuk melakukan hal-hal yang dapat meredakan stres tidak dapat diwujudkan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, dengan menerapkan desain zen yang mengutamakan kemurnian dan kesederhanaan, kita dapat kembali ke rumah dengan suasana nyaman dan rileks setelah seharian beraktivitas. Rasa lelah dan stress dari kehidupan yang kita jalani pun dapat mereda. Yuk, kenali terlebih dahulu tentang Zen.

Apa Itu Zen?

Sumber Gambar : InteriorDesign.id

Di Jepang, Zen adalah salah satu aliran Buddha Mahayana. Zen merupakan sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti meditasi. Pokok ajaran Zen yaitu Satori yang artinya pencerahan, dimana untuk mencapai pencerahan tersebut dipercaya tidak dapat diungkapkan melalui kata-kata, melainkan melalui latihan Zen, yakni meditasi.

Apabila seseorang telah mengalami pencerahan, ia akan mengalami suatu perubahan di dalam dirinya, yaitu merasa bahwa dirinya dilahirkan kembali dengan pribadi yang baru, dan juga memandang dunia dan sekelilingnya secara apa adanya. Sekarang, yuk simak 4 tips berikut ini untuk menciptakan rumah yang rileks dengan desain Zen.

Buat Ruang Terlihat Kosong

Sumber Gambar : pinterest.com

Konsep dari desain Zen adalah kekosongan namun bukan kehampaan. Di dalam ajaran Zen, kekosongan terjadi saat manusia mulai mencari jati dirinya untuk mencapai pencerahan. Untuk menggambarkan kekosongan tersebut di dalam interior, hindarilah penggunaan ornamen-ornamen yang tidak diperlukan pada elemen interior, baik itu furnitur ataupun lantai, dinding, dan plafon. Sebaiknya, gunakan bentuk-bentuk sederhana, pilih furnitur seperlunya atau sesuai kebutuhan, dan juga manfaatkan permainan cahaya baik buatan maupun alami supaya ruang tetap terlihat kosong dan sederhana, tetapi memiliki aksen.

Hadirkan Taman Air

Desain Zen

Sumber Gambar : pinterest.com

Salah satu ajaran terpenting Zen adalah refleksi, yang mengajarkan manusia untuk merefleksikan diri sebelum menemukan pencerahan atau jati diri yang sebenarnya, serta mengajarkan untuk melihat sesuatu secara apa adanya. Pada hal ini, air yang bersifat reflektif merupakan pengibaratan sarana untuk merefleksikan diri kita. Selain itu, air juga dapat membantu terciptanya suasana rumah menjadi lebih tenang dan rileks.

Buat Bukaan Dengan View Taman Hijau

Desain Zen

Sumber Gambar : pinterest.com

Selain ajaran Zen tentang refleksi, ada juga ajaran penting lainnya dari Zen yang mengajarkan bahwa manusia merupakan bagian dari alam. Adanya bukaan dengan view taman hijau berupa pepohonan, rerumputan atau bebatuan pada rumah, serta masuknya cahaya alami ke dalam ruang membuat ruang yang terjadi terasa dekat dan menyatu dengan alam.

Terlebih lagi, taman yang hijau juga dapat membuat ruang dan perasaan penghuninya terasa lebih damai dan tenang. Hal ini membantu menciptakan rumah bersuasana rileks.

Gunakan Material dan Warna Alami

Desain Zen

Sumber Gambar : pinterest.com

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, salah satu fokus dari desain Zen adalah kemurnian. Sehingga material yang digunakan pada desain Zen adalah material dari alam seperti batu, kayu, concrete, dan material alam lainnya.

Material tersebut juga tidak dilapisi dengan sesuatu yang dapat menutupi warna dan tekstur asli material, melainkan ditunjukkan secara apa adanya. Selain penggunaan material alami, desain Zen juga menggunakan warna monokrom yang meniru alam seperti putih, krem, coklat untuk mendukung suasana ruang yang natural.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan rumah bersuasana rileks dengan desain Zen. Ternyata, untuk meredakan stres tidak harus selalu diselesaikan dengan bepergian ke tempat lain dengan suasana rileks lho. Desain Zen yang sangat mengutamakan kesederhanaan dan kemurnian yang diterapkan di rumah juga bisa menjadi solusi lain.

Alasannya, karena tidak perlu mencari waktu luang untuk bepergian sehingga lebih efisien bagi kita yang memiliki keterbatasan waktu. Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan desain Zen di rumah anda? Semoga tips tadi bermanfaat untuk kalian semua ya.

Penulis : Tiffany Marcelline Chandra (Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!