Creativepreneur and Career

5 Content Marketing KPI paling Efisien untuk Meningkatkan Brand Awareness

Ingin meningkatkan kesadaran merk, tapi bingung apa yang harus dilakukan, GenKs? Tenang, kamu cukup fokus untuk bikin konten yang bisa membantumu menjangkau dan melibatkan banyak orang. itu doang, kok, rahasianya. Hmm, pertanyaannya sekarang, gimana caranya membuat konten yang relevan dan menarik yang akan disukai, dibaca dan di-share orang-orang? Gampang, guys. Kamu tinggal memanfaatkan tool content writing. Tapi meski begitu, kamu tetap harus mengevaluasi efektivitas konten sendiri, GenKs. Nah, di sinilah peran content marketing KPI alias key performance indicators, yakni untuk mengukur seberapa efektif kontenmu untuk meningkatkan brand awareness. Simak tipsnya di bawah:

Content Marketing KPI #1: Article Views

Sumber Gambar : shanebarker.com

Article views adalah salah satu KPI yang termudah untuk diukur, guys. Kamu cukup pakai tool seperti Google Analytics untuk mengecek jumlah view yang didapat artiketmu. Selain view, kamu juga bisa tahu info penting lainnya, misalnya traffic sources, durasi rata-rata per sesi hingga bounce rate untuk setiap artikel, lho. Jika ingin meningkatkan jangkauan kontenmu, cobalah pakai tool dan platform untuk promosi kontenmu, GenKs.

Content Marketing KPI #2: Social Shares dan Engagement

Sumber Gambar : shanebarker.com

Peran medsos sekarang ini makin penting untuk membuat konten apa pun jadi viral. Tugasmu adalah melacak dan mengukur social shares dan engagement untuk melihat seberapa efektif kinerja kontenmu. Semakin banyak social shares yang kamu dapetin, artinya basis audiens-mu juga makin tinggi, guys.

Tips untuk kamu yang lagi kehabisan ide konten untuk media sosial, coba gunakan tool kurasi konten. Alat ini nggak cuma ngerekomenin konten yang relevan, tapi juga membantu social media management.

Content Marketing KPI #3: Jumlah Follower dan Subscriber

content marketing KPI

Sumber Gambar : newsfeed.org

KPI penting lainnya untuk melacak seberapa efektif brand awareness adalah lewat jumlah follower dan subscriber yang kamu punya. Dan kabar terbaiknya, gampang banget mengukur angka-angka ini. Bahkan pemula sekali pun bisa melacak jumlah follower di akun medsos dan subscriber di blog atau kanal YouTube tanpa kesulitan.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah nge-track pertumbuhan follower-mu dalam periode waktu tertentu, lho.

Content Marketing KPI #4: Audience Engagement

content marketing KPI

Sumber Gambar : tobagency.com

Tahu nggak, GenKs, kalau audience engagement yang tulus, seperti komentar dan interaksi lainnya, yang mereka berikan di setiap postinganmu atau pun lewat DM, efektif banget membantumu lebih mengerti emosi yang mereka rasakan tentang produk dan brand-mu.

Lewat audience engagement, kamu juga bisa tahu sebaik apa dampak yang sanggup diciptakan kontenmu. Melacak keterlibatan audiens akan membantumu menganalisa jenis konten seperti apa yang paling banyak disukai, dikomentari dan dibagikan target audiens kamu, lho, GenKs.

Content Marketing KPI #5: Inbound Links

content marketing KPI

Sumber Gambar : thewatchtower.com

Gimana, sih, caranya kita tahu tingkat keberhasilan content marketing? Nggak sulit, kok, guys. Coba cek, apakah orang-orang menautkan kontenmu atau apakah kontenmu di-tag di situs web lain.

Semakin sering dan banyak brand-mu disebutkan serta link-mu ditautkan orang lain, bisa membantumu menjangkau lebih banyak target dan ngedapetin lebih banyak organic click, traffic dan prospek. Dan nggak cuma itu aja, lho. Hal ini juga membuat reputasi merkmu semakin meningkat secara keseluruhan.

Wah, ternyata gampang banget, ya, guys, cara mengecek seberapa efektif content marketing KPI kita. Kalau mengikuti tips-tips di atas, dijamin kamu nggak perlu mengeluarkan biaya banyak lagi dalam strategi marketing.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!