Creativepreneur and Career

5 Contoh & Cara Menjawab Pertanyaan Aneh Saat Interview untuk Fresh Graduate

pertanyaan aneh saat interview

Sebagai fresh graduate mungkin kamu udah mulai jenuh dengan jawaban pertanyaan aneh saat interview pekerjaan pertama. Mulai dari ‘Apa alasanmu tertarik melamar pekerjaan di perusahaan kami? Apa tantangan terbesar yang pernah berhasil kamu atasi?’

Ini adalah sebagian besar pertanyaan standar dengan jawaban khas yang sama. Buat kamu-kamu yang sering ikut wawancara kerja mungkin bisa menjawabnya tanpa berpikir. Tapi gimana kalau manajer perekrutan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang aneh dan nggak biasa?

Nah, berikut ini adalah 5 cara menjawab pertanyaan aneh saat interview yang harus diketahui para fresh graduate kalau ingin lolos:

#1: ‘Kamu mendapatkan seekor gajah. Tapi kamu nggak bisa memberikan atau menjualnya. Apa yang bakal kamu lakukan dengan gajah itu?’

Sumber Gambar : permaculturewomen.com

Pertanyaan Connectwise ini bisa nunjukin sehebat apa skill kandidat dalam menalar suatu kondisi di hadapan perekrut. Nggak ada jawaban yang ‘benar’ untuk pertanyaan lucu ini. Kamu bisa menjawab, ‘Karena saya tidak punya tempat untuk meletakkan gajah, saya mungkin akan mengirimnya berlibur,’ atau ‘Saya akan memberinya makan, lalu mengendarainya ke kantor.’

Jawaban apa pun yang kamu berikan akan menunjukkan gimana kamu bisa mencari solusi dalam situasi yang nggak terduga.

#2: ‘Jika kamu adalah sebuah pohon, kamu akan menjadi pohon apa dan sebutkan alasannya?’

Sumber Gambar : jooinn.com

Kalau pertanyaan dari Walgreens yang terbilang cukup nyeleneh ini bertujuan untuk menguji kreativitas para kandidat. Idealnya, jawaban kandidat akan menunjukkan kekuatannya terkait peran tersebut dan juga orang seperti apa dia.

Jika ingin menjadi kandidat yang ideal, kamu harus menjawab pertanyaan ini dengan kalimat, ‘Saya akan menjadi pohon ek, karen saya kuat dan dapat diandalkan.’ Tapi sebenarnya nggak masalah pohon apa aja yang kamu pilih, selama kamu bisa menunjukan alasan kenapa kamu cocok mengisi posisi itu.

#3: ‘Sesi wawancara sudah selesai dan saat keluar kantor, kamu menemukan toket lotere lalu memenangkan Rp100 juta. Apa yang bakal kamu lakukan?’

Sumber Gambar : extra.ie

Ini adalah pertanyaan fantastis untuk mengetahui apa motivasi kandidat dalam sebuah posisi. Perusahaan tentu nggak bakalan merekrut orang yang cuma ingin bekerja untuk menghasilkan uang. Mereka mencari kandidat yang punya kualifikasi tertentu untuk mengisi suatu lowongan.

Jawaban pertanyaan ini adalah, ‘Saya akan menggunakan Rp100 juta itu untuk bepergian, beramal dan menafkahi keluarga saya. Namun saya tetap ingin bekerja untuk perusahaan Anda. Saya selalu tertarik bekerja di bidang marketing dan saya pikir perusahaan ini sangat mengutamakan kreativitas dan storytelling untuk kebutuhan branding. Jadi meski saya mendapatkan Rp100 juta, hal itu tetap tidak akan mengubah tujuan karir saya.’

#4: ‘Jika kamu mendapat dua pilihan kekuatan super, antara menjadi invisible atau terbang, kekuatan apa yang akan kamu pilih?

pertanyaan aneh saat interview

Sumber Gambar : hive.blog

Well, ini terdengar seperti pertanyaan yang kamu dapat di perkemahan pramuka semasa sekolah dulu. Tapi tahukah kamu menurut Forbes, pertanyaan ini adalah indikator dari potential leadership ability, di mana sebanyak 72% pemimpin yang disurvei memilih kekuatan untuk terbang ketimbang invisible.

Apabila dipikir lagi, pertanyaan ini sebenarnya menanyakan, ‘Apakah kamu lebih suka menjadi sorotan atau lebih suka berada di balik layar?’

#5: ‘Apa hadiah terakhir yang pernah kamu berikan kepada seseorang?’

pertanyaan aneh saat interview

Sumber Gambar : investopedia.com

Pewawancara biasanya akan mengajukan pertanyaan ini kepada kandidat yang terlampau kaku dan formal untuk memunculkan respons yang hangat dan emosional, sehingga di dalam ruang wawancara tercipta suasana yang nyaman bagi kandidat.

Untuk jawabannya kamu bisa mengatakan, ‘ Kakak suka basket, jadi beberapa pekan lalu saya membelikannya tiket ke pertandingan Satria Muda Pertamina,’ atau kalimat yang serupa.

Itulah 5 contoh disertai dengan cara menjawab pertanyaan aneh saat interview untuk para fresh graduate. Nah, gimana, GenKs, udah siap menaklukkan panggung wawancara kerjamu, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek