GenK LIFE

5 Dongeng yang Terkenal di Indonesia, Mana yang Paling Kamu Suka?

Di setiap negara, tentu memiliki banyak cerita rakyat atau dongeng yang berbeda-beda, begitu pun Indonesia. Tak hanya terkenal akan keberagaman suku, budaya ataupun makanan, Indonesia juga memiliki beragam cerita rakyat yang menarik.

Walau demikian, seiring berjalannya waktu cerita ini bahkan diceritakan secara turun temurun meskipun memiliki versi yang beragam. Berikut beberapa dongeng atau cerita rakyat yang begitu populer di Indonesia.

1. Malin Kundang

Malin Kundang. (Sumber: Riri)

Cerira Malin Kundang pasti sudah tak asing lagi di telingamu karena cerita Malin Kundang ini merupakan salah satu cerita dongeng yang banyak dibicarakan. Malin Kundang merupakan cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara.

Dikisahkan ada sebuah keluarga miskin pesisir yang ingin mendapat kehidupan layak. Demi mewujudkan mimpinya, seorang pemuda bernama Malin Kundang memilih untuk merantau. Seiring beranjak dewasa, Malin yang tak pulang telah menikahi seorang perempuan yang kaya raya. Saat itulah ia menjadi lupa segalanya.

Suatu waktu, saat ia kembali ke kampung halamannya, ia disambut oleh sang ibu yang susah renta. Malin yang sudah gelap mata, merasa gengsi san menolak untuk mengakui wanita tersebut ibunya. Terlanjur sakir hati, sang ibu pun pada akhirnya mengutuknya menjadi batu.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih. (Sumber: baca cerita dongeng anak)

Selain Malin Kundang, cerita Bawang Merah san Bawang Putih juga pasti sudah tak asing ditelinga. Cerita rakyat ini diketahui berasal dari daerah Riau. Cerita ini juga sempat diadaptasi ke dalam beberapa versi bahkan sempat dijadikan inspirasi sebuah sinetron.

Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih mengisahkan tentang sepasang saudara yang memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Bawang Putih adalah perempuan yang baik hati, suka menolong, dan rajin. Sedangkan Bawang Merah merupakan perempuan yang jahat, iri hati, dan dengki.

Suatu hari, Bawang Putih mendapatkan labu dari seorang nenek sihir. Saat dibuka, labu itu berisi emas. Bawang Merah yang serakah ingin mendapatkannya juga. Ia meminta kepada nenek sihir itu. Namun, labu yang didapat Bawang Merah justru berisi ular berbisa.

Baca Juga :   Fake Chat: Dari Bahan Prank Jadi Cerita Fiksi
About author

Related posts
GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!