GenK LIFE

5 Fenomena Seni Penuh Makna Namun Penuh Kontroversi

Kita memang memiliki kebebasan dalam hal mengekspresikan perasaan kita, salah satunya tentu dengan mengaplikasikannya ke dalam beberapa karya seni. Mulai dari lukisan, patung dan lainnya yang dapat dipamerkan atau dipertontonkan kepada orang lain.

Namun, ternyata ada beberapa karya seni yang harus melewati berbagai kontroversi selama mengenalkannya. Berikut beberapa karya seni yang mengalami kontroversi sejak awal kemunculannya.

1. Patung Blue Mustang

Patung Blue Mustang. (Sumber: thrillist)

Blue Mustang adalah sebuah patung kuda biru dengan tinggi 9,8 meter yang ada di luar Bandara Internasional Denver. Hal yang membuat pantung ini menjadi kontroversi adalah mata merah yang ada pada kuda tersebut hingga membuat beberapa orang percaya jika pattung jadi menyeramkan saat dilihat.

Patung tersebut sebenarnya telah ditugaskan kepada Luis Jimenez untuk membuatnya. Meski begitu ada sedikit kisah menyeramkan karena Luis Jimenez meninggal di tahun 2006 sebelum pekerjaannya selesai hingga akhirnya pembuatannya harus diteruskan oleh sang anak hingga peresmian. Ada banyak kritikus yang menyarankan agar patung tersebut dipindahkan, namun tak digubris oleh pihak berwenang dan mendiamkannya.

2. Mural Spy Booth

Mural Spy Booth. (Sumber: hanguppictures)

Karya seni lain yang mendapatkan kontroversi adalah mural Spy Booth yang merupakan karya seniman jalanan Banksy. Mural yang ada pada dinding rumah seorang warga Chelthenham ini bahkan telah dilindungi pemerintah.

Dilansir Huffington Post, seorang kolektor bahkan mengungkapkan jika kontroversi terjadi karena Bansky yang membuat mural tanpa adanya perijinan dari pemilik rumah. Selain itu, mural tersebut bahkan dipercaya telah mengutuk rumah yang ada disebelahnya.

3. Lukisan Myra

Lukiran Myra. (Sumber: allposters)

Beralih ke karya seni lukisan, salah satu lukisan yang mendapst kontroversi adalah lukisan Myra karya Marcus Harvey. Bukan sembarangan, sosok Myra atau Myra Hindley yang merupakan objek lukisan merupakan sosok pembunuh brutal 5 anak pada 1963-1965. Menariknya, lukisan tersebut dibuat dengan teknik yang cukup rumit karena terbuat dari cetakan tangan anak-anak kecil.

Begitu lukisan dipamerkan di Royal Academy of Art pada 1997, lukisan tersebut langsung mengalami penyerangan dari anggota masyarakat yang melemparinya dengan tinta maupun dengan telur.

4. Patung Karl Marx

Patung Karl Marx. (Sumber: REUTERS/Wolfgang Rattay)

Seperti yang kita tahu, Karl Marx merupakan pendiri Komunisme dan teori politiknya banyak dipelajari di negara berpaham Komunis seperti China. Sehubungan dengan Karl Marx, karya seni berupa patung Karl Marx ini juga mendapat kontroversi di negara barat, khususnya kota Trier, Jerman.

Dilansir Reuters, kontroversi terjadi karena patung tersebut dianggap mendukung ideologi komunis yang dianut oleh China yang bahkan banyak menuai catatam buruk kemanusiaan di masa lalu. Selain itu, seniman pembuat patung bernama Wu Weishan bahkan menyarankan patung dengan tinggi 4,9 meter tersebut harus ditempatkan 1,4 meter lebih tinggi di Porta Nigra, landmark Trier yang paling terkenal.

5. Monumen Beatles

Monumen The Beatles. (Sumber: tripadvisor)

Kamu mungkin tak asing dengan The Beatles. The Beatles merupakan band legendaris asal Kota Liverpool, Inggris. Band tersebut terbilang sangat sukses hingga terkenal ke berbagai negara termasuk Mongolia. Sangkin terkenalnya, seniman lokal bernama Den Barsboldt membangun monumen The Beatles di Kota Ulaanbaatar, ibukota Mongolia.

Pembangunan monumen ini sebenarnya ditujukan untuk representasi dari kebebasan demokrasi dunia barat ataupun penghormatan Fab Four The Beatles. Namun sayangnya, monumen ini mengalami kontroversi dan pertentangan terutama dari generasi tua karena budaya Mongolia yang masih melekat dengab budaya tradisional.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya