Creativepreneur and Career

5 Fungsi dan Manfaat CRM Dalam Bisnis

5 Fungsi dan Manfaat CRM Dalam Bisnis

CRM yang merupakan singkatan dari Customer Relationship Management adalah salah satu software penting yang dapat membantu perkembangan bisnis kalian. CRM dalam bisnis merupakan sitem yang dapat mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan yang dapat memadukan proses antara manusia dengan teknologi.

Jika kalian menggunakan CRM yang tidak terlalu rumit, kalian akan mengetahui bahwa cara kerja CRM sangatlah sederhana. Secara garis besar, CRM akan membantu Anda untuk menandai semua customer kalian berdasarkan proses yang sedang mereka jalani.

Nantinya kalian dapat memantau atau melakukan aksi yang sesuai dengan kategori customer. Misalnya, mengirim email follow up otomatis kepada customer yang sedang dalam proses negosiasi atau mengirimkan informasi diskon.

Jika CRM yang kalian gunakan lumayan lengkap, maka kalian akan menemukan banyak fitur di dalamnya. Berikut ini beberapa fitur yang akan kalian temui di CRM:

  1. Manajemen Konten

Sumber Gambar : bloggermedia.xyz

Digital marketing merupakan strategi yang baik untuk mengakuisisi pelanggan dengan biaya dan hasil yang terukur. Akan tetapi digital marketing juga memerlukan perencanaan yang matang, terutama jika kalian menggunakan strategi marketing organik.

CRM juga dapat membantu anda dalam mengatur manajemen konten mulai dari pengaturan tema, penjadwalan posting, sampai menemukan topik konten berdasarkan dari pengalaman pelanggan. Dalam beberapa CRM juga menyediakan fitur edit konten kolaboratif.

  1. Manajemen Prospek

Manfaat CRM Dalam Bisnis

Sumber Gambar : lifepal.co.id

Ini merupakan fungsi terutama dari semua jenis CRM, mulai dari yang sederhana bahkan sampai yang kompleks. Dengan fungsi manajemen prospek, kalian dapat mengelompokkan prospek kalian dan melakukan tindakan berdasarkan dari pengelompokan tersebut.

Contohnya kalian dapat mengkategorikan mana prospek yang gagal, dalam proses, maupun yang sudah berhasil.

  1. Marketing Automation

Manfaat CRM Dalam Bisnis

Sumber Gambar : 2-b.io

CRM bisa membantu kalian dalam mengotomasi kegiatan marketing. Cara sederhananya adalah dengan mengirimkan template broadcast secara teratur, berdasarkan dari kategori prospek dan pesan yang anda atur.

Misalnya kalian dapat mengirimkan broadcast promo untuk pelanggan yang sudah menjadi pelanggan setia kalian, secara otomatis di WhatsApp. Pada umumnya, fitur ini digunakan untuk eksekusi email marketing dimana kalian bisa mengirimkan email sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh user dalam website.


  1. Menganalisa Data Customer

Manfaat CRM Dalam Bisnis

Sumber Gambar : blog.usedata.com

Selanjutnya adalah kalian dapat mengambil dan menganalisa data customer kalian tanpa harus membuka buku catatan atau aplikasi lain. Data customer akan dihimpun dan disortir secara otomatis sesuai dengan kebutuhan kalian.

Nantinya kalian juga bisa mendapatkan informasi yang bernilai bagi strategi kalian di masa yang akan datang.

Misalnya, kalian bisa mencari tahu berapa rentang usia pelanggan anda lalu menyusun kampanye yang tepat sesuai dengan rentang usia tersebut.

  1. Customer Journey Tracking

Manfaat CRM Dalam Bisnis

Sumber Gambar : surveysensum.com

Hal ini sama seperti fitur manajemen prospek, ini merupakan fitur dasar yang seharusnya ada di setiap CRM. Anda dapat mengetahui sudah sampai dimana customer kalian melakukan interaksi dengan perusahaan. Biasanya CRM akan membantu anda mengkategorisasikan pelanggan berdasarkan event tertentu.

Misalnya saja, prospek akan digolongkan sebagai SQL (Sales Qualified Leads) secara otomatis apabila mereka sudah mengisi form quotation. Tentu saja ini sangat membantu anda dalam mengolah strategi follow up anda di kemudian hari. Apalagi jika dapat dimanage dengan lebih baik.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat CRM dalam bisnis yang perlu kalian ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian, ya! See You on the next topic!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan