GenK LIFE

5 Hewan Lucu dan Unik yang Banyak Dijadikan Peliharaan Milenial

Memelihara hewan memang menjadi salah satu hiburan tersendiri di sela kesibukan sehari-hari. Hal tersebut juga banyak dilakukan kaum milenial masa kini bahkan kerap menjadikan hewan peliharaan sebagai salah satu kesayangannya. Tak hanya melatih rasa tanggung jawabmu, memelihara hewan juga bisa menjadi obat stres dan kesepianmu.

Jika memelihara anjing atau kucing memang sudah bisa dianggap biasa. Namun, ternyata ada beberapa pilihan hewan lain yang unik yang dapat kamu pilih sebagai hewan peliharaan. Berikut beberapa contohnya.

1. Kura-kura air

Kura-kura air. (Sumber: Google Image)

Kura-kura air yang memiliki nama latin Trrapine Carolina ini mungkin memang sudah menjadi hewan peliharaan tang populer di kalangan milenial. Bentuknya yang unik dan mudah ditemui di sebagian besar perairan dunia, daerah tropis ataupun non tropus hingga air tawar maupun air laut.

Kura-kura ini memiliki keunikan dalam proses tidurnya yang bisa sangat panjang atau biasa disebut sebagai hibernasi. Ia akan merendamkan dirinya di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim berlangsung sebagai salah satu upaya pertahanan diri.

2. Landak Mini

Landak Mini. (Sumber: kindredspiritfamily)

Bagi kamu pecinta hewan pengerat, landak mini atau hadgehog ini memang bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan landak hutan atau Porcupine biasa yang memiliki duri yang besar dan tajam, landak mini justru memiliki duri yang tidak tajam dan tidak beracun.

Ia juga memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibandingkan landak hutan. Ciri khas uniknya adalah ia kerap menggulungkan badan seperti bola duri ketika disentuh sehingga terlihat sangat menggemaskan.

Makanan Landak Mini biasanya terdiri dari serangga, umbi-umbinya, akar dan buah-buahan. Kamunjuga bisa memberikan makanan kucing atau anjing yang harus diselingi dengan serangga seperti ulat hongkong ataupun jangkrik. Kamu juga harus memiliki keberanian untuk menyentuhnya. Walaupun durinya tidak tajam, dapat sedikit mengagetkan jika belum terbiasa memegangnya.

3. Sugar Glider

Sugar glider. (Sumber: world atlas)

Sugar Glider memiliki nama latin Petaurus Breviceps yang merupakan hewan peliharaan kecil yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora. Banyak yang menganggap hewan ini memiliki kesamaan dengan tupai terbang (flying Squirel). Kemiripannya  terlihat  pada adanya selaput kulit di antara kedua tangan dan kaki. Selaput inilah yang membuat mereka dapat meluncur (glide) ketika berpindah tempat.

Di alam liar, Sugar Glider memakan getah pohon, buah-buahan dan serangga kecil seperti ulat sagu dan jangkrik. Kegemaran memakan getah pohon dan buah-buahan yang manis tersebut membuatnya mendapat sebutan Sugar.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan Sugar Glider bubur bayi sebagai makanan utamanya apabila kamu pelihara. Dalam pemenuhan gizi, kamu juga bisa memberikan buah-buahan serta serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong.

4. Gecko

Gecko. (Sumber: Instagram/589_tomo)

Gecko atau tokek menjadi pilihan hewan peliharaan lainnya bagi sebagian orang. Hewan ini biasanya berasal dari Pakistan, Iran hingga India. Hewan gecko atau tokek ini termasuk ke dalam hewan nokturnal atau hiduo di malam hari dan banyak dipelihara oleh para pecinta reptil.

Jika kamu tertsrik untuk ikut memelihara hewan ini, kamu hanya perlu menyediakan vivarium atau kotak sejenis plastik yang memiliki ukuran 90x45x45cm. Makanan gecko pun cukup kamu berikan serangga seperti jangkrik, semut ataupun belalang.

5. Ikan Hias

Ikan guppy. (Sumber: dictio)

Ikan hias juga menjadi hewan peliharaan yang dipilih oleh banyak orang. Bukan hanya ikan laut, berbagai ikan air tawar seperti ikan mas koki, cupang, guppy, platy dan lainnya. Keunikan dan keberagaman warna memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Perawatannya juga tak terlalu sulit, kamu hanya perlu membersihkan akuariumnya selama beberapa waktu dan memberi makanan setiap hari.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya