Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak

ide bisnis fashion masa kini

Apakah kamu seorang fashionista dengan minat tinggi terhadap tren, GenKs? Pernah nggak, sih, kepikiran untuk memanfaatkan bakatmu ini untuk mulai membuka bisnis fashion-centric? Cukup dengan modal seadanya, kamu udah bisa meraup cuan yang menggiurkan, lho. Nah, buat kamu-kamu yang tertarik menjalani bisnis di bidang fesyen, tapi nggak melulu jualan baju, berikut ini adalah beberapa ide bisnis fashion masa kini dengan modal tipis, jadi cocok banget untuk pemula:

#1: Rental atau Penyewaan Pakaian

Sumber Gambar : standard.co.uk

Buka usaha persewaan pakaian, misalnya wedding dress, baju adat, pakaian formal atau produk khusus hingga fashion item, seperti sepatu, tas atau aksesoris lainnya, akhir-akhir ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, lho. Kamu hanya mengeluarkan modal di awal untuk membeli produk, dan setiap ada konsumen yang menyewa, kamu tinggal menikmati keuntungannya. Yang perlu diperhatikan dari bisnis persewaan pakaian selain perawatannya adalah cara kamu memamerkan koleksimu melalui konten foto dan video untuk diposting di sosial media. Wah, anti ribet-ribet club, kan?

#2: Personal Shopping Service

ide bisnis fashion masa kini

Sumber Gambar : geekwire.com

Ini dia rekomendasi ide bisnis fashion masa kini khusus buat kamu yang gila belanja alias shopaholic untuk meraup pundi-pundi uang. Beda dengan jastip atau jasa titip, sebagai personal shopper, tugasmu adalah membelikan barang-barang tertentu yang dipesan klien.

Nah, perlu kamu tahu, umumnya klien personal shopper adalah artis ternama atau orang tajir yang nggak mau namanya terekspos saat beli-beli barang branded.

Untuk jadi personal shopper kamu harus ahli dalam bergaul, cermat, lincah dan memahami klien serta pandai membedakan produk branded dengan yang abal-abal. Kamu banget nggak?

#3:  Resale atau Thrift Shop

Sumber Gambar : stimg.co

Kalau di Indonesia sendiri, sih, thrift shop yang jual pakaian atau fashion item bekas pakai udah marak sejak beberapa tahun belakangan, khususnya di kalangan anak muda. Kamu bisa mengimpor baju-baju bekas dalam jumlah besar dari Korea, Jepang, China atau Amerika maupun negara-negara lainnya, lalu mencuci dan mensterilkannya agar bebas kuman, menyortirnya ke dalam beberapa kategori dan tinggal dijual kembali dengan harga yang lumayan tinggi untuk item yang masih bagus dan dari brand-brand terkenal. Tertarik terjun ke bisnis ini, GenKs?

#4: Clothing Alterations

ide bisnis fashion masa kini

Sumber Gambar : lifesavvy.com

Clothing alterations atau dalam bahasa lokalnya adalah jasa permak baju, juga nggak kalah menguntungkan, lho. Kamu nggak perlu jadi desainer untuk membuka bisnis ini.

Cukup dengan bekal skill menjahit yang bisa didapat dari video-video tutorial YouTube atau TikTok ditambah sedikit kreativitas. Jika kamu newbie banget, asalkan di rumah ada jarum, benang dan mesin jahit, kamu bisa langsung buka jasa permak baju.

Kalau klienmu makin banyak, jangan ragu untuk mengembangkan skill-mu ke tingkat lebih lanjut dan membuka jasa jahit.

#5: Print and Graphic Design

ide bisnis fashion masa kini

Sumber Gambar : luminite.com

Skill desain grafis kamu bisa dibilang lumayan? Kamu punya kecintaan yang dalam pada dunia fesyen dan mode terkini? Coba, deh, buka jasa desain freelance untuk merek-merek pakaian atau aksesoris.

Entah apakah spesialisasi itu bold, attention-grabbing typography atau intricate pattern-making, bukan hal yang sulit untuk memenuhi kebutuhan klien yang mencari graphic designer untuk menghidupkan visi atau identitas merek dengan cara yang lebih fresh dan menarik. Satu-satunya syarat yang harus kamu penuhi adalah top-notch design software dan laptop yang mumpuni.

Gimana, GenKs, siap mewujudkan salah satu dari 5 ide bisnis fashion masa kini di atas?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

Creativepreneur and Career

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner via E-commerce di Era Pandemi, Cek di Sini Yuk!