Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fotografi yang Paling Menjanjikan di Tahun 2022

Tak bisa dipungkiri, bisnis fotografi memang seringkali jadi pilihan anak muda masa kini. Rasanya surga banget ya, kalau bisa dapetin penghasilan dari hobi atau kegiatan yang disukai. Tapi di sisi lain, banyaknya fotografer yang membuka bisnis serupa, membuat persaingan di bidang ini cukup ketat. Tapi tenang aja, ada beberapa ide bisnis fotografi yang punya peluang untung besar di tahun 2022 ini!

Low budget wedding photography

Sumber Gambar : pexels.com

Sejak pandemi di awal tahun 2020, momen pernikahan memang tak bisa sebebas dulu. Apalagi pandemi juga mempengaruhi kekuatan ekonomi sebagian besar orang, menjadikan foto prewedding atau foto acara pernikahan tak lagi jadi prioritas. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuat paket khusus wedding photography yang low budget. Modalnya tentu saja skill dan kepekaanmu dalam mengambil gambar. Kami bisa syaratkan beberapa hal yang memudahkanmu, misalnya waktu foto yang singkat atau area pengambilan gambar yang mudah dijangkau untuk menekan biaya.

Portrait photography business

Sumber Gambar : pexels.com

Selanjutnya, kamu bisa banget menjajal peluang foto khusus bisnis. Di tengah teknologi yang makin modern, foto untuk keperluan melamar kerja atau ID card kantor tak lagi diharuskan berpose serius serius ala foto KTP. Banyak banget lho, orang yang menggunakan foto tertawa atau tersenyum di CV maupun ID cardnya. Kamu bisa membantu mengarahkan konsumen untuk pasang gaya yang bebas dan sesuai kepribadian, tapi tetap punya unsur profesional.

Real estate photography

Ide bisnis fotografi

Sumber Gambar : pexels.com

Anda juga nih, peluang bisnis fotografi real estate. Kamu bisa memanfaatkan kebutuhan orang yang akan menjual rumah atau bangunan lain miliknya. Mereka pasti butuh foto yang keren, jelas, dan detail sehingga bisa menarik konsumen. Memotret bangunan juga terbilang lebih sederhana ya, dibanding objek hidup seperti anak-anak atau hewan. Jadi di samping kerjanya cukup ringan, kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan besar.

Food photography

Ide bisnis fotografi

Sumber Gambar : pexels.com

Makin banyak nih, orang yang membuka bisnis makanan online. Mereka biasanya menggunakan media sosial sebagai sarana promosi sekaligus lapak untuk berjualan. Tentu saja, mereka juga harus memajang foto-foto terbaik dari menu yang mereka jual. Maka dari itu, kamu bisa banget menekuni bisnis food photography dan menciptakan berbagai karya terbaik dari makanan dan minuman. Untuk memulai hal ini, kamu memang akan butuh beberapa peralatan tambahan seperti speedlight atau lensa makro.

Product photography

Ide bisnis fotografi

Sumber Gambar : pexels.com

Hampir sama dengan food photography, kamu juga bisa membidik pemilik bisnis yang menjual barang buatan mereka. Saat ini seringkali dibutuhkan katalog, banner, atau foto beresolusi tinggi untuk dipajang di website, e commerce, dan media sosial. Tapi di sisi lain, nggak semua pemilik bisnis bisa memfoto produknya dengan baik. Jadi ini kesempatan emas untuk menawarkan layanan fotografi khusus produk, seperti pakaian, kosmetik, sampai dengan perabot rumah.

Yang nggak boleh dilupakan, pastikan kamu membekali diri dengan skill dan juga peralatan yang mumpuni. Tak bisa dipungkiri, kualitas foto juga akan tergantung pada alat yang kamu punya. Kamu pun bisa meningkatkan harga kalau punya alat yang super lengkap.

Untuk update skill, pastikan kamu sering ikut kelas online maupun offline dan memperbanyak jam terbang dengan berpartisipasi pada berbagai perlombaan baik lokal maupun internasional. Makin jago kamu, makin banyak juga klien yang akan menghampiri! Good luck!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan