Game & Teknologi

5 Langkah Mudah dan Tercepat Menambah Font Di Photoshop

Menggunakan font bawaan sistem operasi terkadang tidak cukup memuaskan. Apalagi jika kamu membutuhkan font untuk desain. Kadang akan muncul rasa untuk mengeksplorasi font lain. Alhasil kamu perlu mengunduh beberapa font dari pihak ketiga untuk kemudian bisa dipakai dalam laptop. Walau begitu, langkah ini cukup mudah untuk kamu lakukan sehingga proses desain tetap lancar. Berikut adalah cara  yang bisa kamu lakukan untuk menambah font di Photoshop.

1. Buka Website Dafont.com

Sumber: pexels.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengunjungi website penyedia font. Salah satu website penyedia font yang bisa kamu kunjungi yaitu Dafont. Di sana ada banyak sekali pilihan font yang bisa kamu unduh. Font yang ada di Dafont tersedia untuk sistem operasi Mac OS X dan Windows Vista/7/8/10.

2. Unduh Font yang Diinginkan

Sumber: pexels.com

Dari sekian banyak pilihan font, pilih sejumlah font yang kamu inginkan. Dafont menyediakan beragam pilihan font yang bertema fancy, techno, foreign look, gothic, basic, script, holliday, dan dingbats. Masing-masing tema ini masih terbagi lagi menjadi beberapa tipe font unik yang akan membuat desain lebih menarik. Untuk mengunduh, kamu hanya perlu mengklik tombol Download di bagian kanan kolom font. Kamu juga bisa berdonasi ke pembuat font sebagai apresiasi.

3. Ekstrak File Font yang Sudah Diunduh

Sumber: pexels.com

Setelah proses unduh selesai, ada baiknya kamu menyisihkan beberapa font yang sudah kamu unduh dalam folder tersendiri. Langkah ini akan memudahkan kamu untuk mencari file master font yang sudah kamu kumpulkan dari pihak ketiga. Jika kamu tetap meletakkannya dalam folder Download biasa, file-mu suatu saat akan sulit untuk ditemukan atau justru ikut terhapus. Setelah itu, ekstrak file hasil unduhan dengan cara klik kanan kemudian ekstrak. Tunggu hingga hasil ekstrak selesai dilakukan.

4. Install File Ekstrak

Sumber: pexels.com

Langkah berikutnya yaitu menginstall file font unduhan yang telah diekstrak. Caranya cukup dengan klik kanan file bertipe .ttf tersebut dan klik option install. Tunggu hingga proses selesai.

5. Font Sudah Terinstall di Laptop dan Siap Digunakan di Photoshop

Sumber: pexels.com

Font yang telah selesai di-install akan secara otomatis sudah terpasang di laptop. Font ini bisa dipakai untuk semua software input kata seperti Microsoft Office Word dan termasuk Adobe Photoshop. Untuk mengeceknya, langsung buka Adobe Photoshop dan buat layer baru dengan klik menu File-New. Setelah itu aktifkan tool bersimbol T alias Horizontal Type Tool untuk mengetik. Selanjutnya di bar atas pilihan Font, ganti default font yang tertera dengan jenis font yang telah di-install tadi. Jika huruf tidak muncul pada kanvas, cek dulu apakah warna huruf yang kamu gunakan sudah berbeda atau belum dengan warna kanvas. 

Menambah font di Photoshop terkadang diperlukan sebagai bentuk ekspresi yang dinamis. Kamu bisa mendapatkan beragam font gratis dari pihak ketiga. Kamu juga bisa mendesain font karyamu sendiri yang sama seperti tulisan tanganmu kemudian dipasang di laptop. Saat mengunduh font yang diinginkan, kamu bisa melakukan unduhan beberapa font sekaligus. Cara install yang harus dilakukan pun sama. Ketika semua font yang diinginkan telah terpasang, kamu akan lebih bisa fokus untuk melakukan desain yang tepat. Namun, jika kamu melakukan perubahan pada file master di laptop lain barangkali font yang kamu gunakan akan berubah. Hal ini akan menjadi pengecualian jika di laptop lain yang kamu gunakan juga dipasang font yang sama.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis