GenK LIFE

5 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Jadi Jahat, Loh!

Kesehatan memang menjadi salah satu hal yang paling penting. Tak jarang, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Mulai dari berolahraga hingga menjaga pola makan. Bahkan kita juga banyak memilih makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Walau begitu, makanan yang kita anggao dapat menyehatkan ternyata juga bisa memberikan efek jahat dan kurang baik bagi tubuh, loh jika kita salah mengonsumsinya. Dilansir boredpanda, bahkan ada beberapa studi yang telah menyebutkan berbagai efek samping dari berbagai makanan yang kita anggap sehat tersebut.

1. Susu

Susu. (Sumber: Pexels)

Susu seperti yang kita kenal, memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Maka, tak jarang juga kita sering mengonsumsinya secara rutin. Namun, ternyata susu juga dapat menjadi sesuatu yang jahat, loh buat tubuh kita! Hal ini terungkap melalui studi terbaru ari British Medical Journal. Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang minum tiga cangkir atau lebih susu setiap harinya bisa memiliki resiko kematian 90 persen lebih tinggi selama periode 20 tahun. Selain itu, susu juga dapat meningjatkan risijo patah tulang dan tingkat peradangan serta stres oksidatif yang tinggi.

2. Makanan Laut (Seafood)

Seafood. (Sumber: pexels)

Makanan laut atau seafood, selama ini yang kita tahu menjadi sumber protein dan juga asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan kita. Namun, tak sembarang makanan laut memberikan manfaat yang sama. Makanan laut yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi dengan sejumlah logam berat seperti merkuri tentu tak dapat memberikan manfaat yang sama. Sehingga, kamu juga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Baca Juga :   Kamu Pernah Cobain Makanan Khas Sunda Mana Nih?

3. Minuman Buah

Minuman buah. (Sumber: pexels)

Seperti yang kita semua tagu, banyak vitamin yang didapatkan apabila kita mengonsumsi buah-buahan, terutama vitamin C. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya juga tidak bagus untuk tubuh. Hal ini seturut dengan penelitian yang diterbitkan dalam PLoS ONE pada April 2014. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir minuman buah per hari memiliki peluang 38 persen lebih besar untuk mengalami depresi selama dekade berikutnya.Selain itu, mibuman manis juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan, serta dapat berkontribusi pada pengembangan depresi.

4. Rumput Laut

Rumput laut. (Sumber: bbcgoodfood)

Rumput laut merupakan makanan yang memiliki sunber yodium yang sangat penting bagi kesehatan tiroid. Walau begitu, jika terlalu banyak dikonsumsi juga tak baik karena dapat mengakibatkan disfungdi tiroid. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Angela M. Leung, profesor di fakultas Kedokteran UCLA David Geffen School of Los Angeles. Ia mengungkapkan jika rumput laut mengandung jumlah yodium yang sangat tinggi, dan karenanya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Batas yodium yang disarankan adalah 1.100 mcg setiap hari.

Baca Juga :   7 Bahan Makanan Ini Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing

5. Nasi Merah

Nasi merah. (Sumber: shutterstock)

Beras merah atau nasi merah memang menjadi salah satu pilihan makanan yang akan dikonsumsi saat menjalani diet. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi jenis beras ini. Para peneliti telah menghubungkan beberapa jenis beras dengan peningkatan arsenik pada wanita. Beras menyerap arsenik dari tanahnya dan menumpuk di kulit luar beras merah. Diane Gilbert-Diamond, peneliti dan profesor di Sekolah Kedokteran Geisel di Dartmouth College di Hanover, Jerman mengungkapkan paparan arsenik dalam jumlah tinggi ini diketahui dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!