Kuliner

5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan. Salah satu hal yang tentu tak boleh terlewat bagi kita adalah melakukan puasa. Mulai dari anak-anak bahkan sudah diajarkan kebiasaan berpuasa.

Momen berbuka maupun sahur juga tentu tak boleh menjadi momen yang terlewat. Apalagi jika dihabiskan bersama keluar. Menyantap makan makanan nikmat bersama keluarga. Bagi seorang ibu hamil, terkadang ada beberapa hal juga yang ditakutkan dalam menjalani puasa. Salah satunya adalah kekurangan asupan yang baik untuk janin. Namun, jangan khawatir karena beberapa makanan ini baik dikonsumsi saat buka puasa atau sahur bagi ibu hamil.

1. Kurma

Kurma. (Sumber: shutterstock)

Kurma mengansung asam folat yang sangat bermanfaat untuk mencegah cacar lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang. Kurma mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi di rahim sehingga meningkatkan sensivitas di uterus.

Asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh di dalam kurma memberi asupan energi, juga memproduksi prostaglandins yang dibutuhkan untuk persalinan. Selain itu, kandungan serotonin, kalsium dan tanin dalam kurma juga dapat membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan menjadi lebih cepat.

2. Oatmeal

Oatmeal. (Sumber: shutterstock)

Oatmeal juga baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan zat besi. Zat besi merupakan salah satu jenis nutrisi penting yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia, hal yang rentan dialami ibu hamil. Zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga kadar hemoglobin (Hb) dalam tubuh jadi lebih terkendali.

Selain zat besi, asam folat juga menjadi kandungan yang ada di dalam oatmeal. Asam folat ini akan membantu proses perkembangan otak janin. Selain rendah serat dan gula untuk menurunkan risiko diabetes, konsumsi oatmeal juga baik karena memiliki magnesium. Magnesium bermanfaat untuk mengatur kadar insulin dan gula dalam darah. Dengan gitu, rutin konsumsi oatmeal pun dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional pada ibu hamil.

3. Ubi panggang

Ubi panggang. (Sumber: shutterstock)

Makanan lain yang cocok untuk dimakan oleh ibu hamil adalah ubi panggang karena ubi memiliki berbagai vitamin yang penting. Vitamin A sangat penting dalam perkembangan janin, seperti pertumbuhan organ tubuh, mulai dari jantung, paru-paru, hati, darah, ginjal, dan sebagainya.

Vitamin B6 mencegah mual di pagi hari dan membantu pembentukan sel darah merah selama kehamilan. Salah satu keluhan saat hamil adalah sembelit, oleh karena itulah ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan berserat. Salah satunya adalah ubi.

4. Hummus

Hummus. (Sumber: Food Network)

Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah yang berbahan dasar kacang Arab atau chickpea. Kacang Arab dihaluskan bersama beberapa bahan lainnya seperti lentini, tahini, minyak zaitun, garam, air lemon, dan bawang putih.

Hummus dikenal sebagai makanan sehat yang mampu memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kamu dan juga menjauhkan dari penyakit. Menurut ahli gizi asal California, Sharon Palmer, hummus merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan sumber protein dan juga sumber serat bagi kesehatan. Ibu hamil sendiri sangat membutuhkan banyak serat karena memiliki kemungkinan terjadi sembelit.

5. Kacang almond

Kacang almond. (Sumber: onairjw)

Berat badan yang naik dengan drastis tentu saja tidak baik untuk kesehatan ibu maupun janin. Pada masa kehamilan, bumil mungkin saja sulit mengontrol nafsu makan sehingga berat badan naik secara signifikan. Sementara, mengonsumsi almond dapat membuat Bunda kenyang dalam waktu yang cukup lama sehingga bisa membantu terhindar dari kenaikan berat badan yang drastis.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jenis kacang-kacangan termasuk kacang almond dalam jumlah yang wajar dapat melindungi anak dari risiko alergi di kemudian hari. Selain itu, almond pun mengandung vitamin E yang dapat melindungi buah hati dari penyakit asma.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya