Arsitektur & Interior

5 Manfaat Tanaman Sintetis Sebagai Media Dekorasi Dalam Desain Interior

Tanaman merupakan salah satu media yang banyak digunakan dalam berbagai bangunan. Tanaman digunakan sebagai media dekorasi dalam suatu ruang. Tidak hanya sebagai keindahannya saja, tetapi tanaman dipercaya juga sebagai media penghilang stress dan memberikan kesegaran atau kesejukan pada mata. Banyaknya minat terhadap tanaman, muncul pula ide dalam membuat tanaman palsu atau yang biasa dikenal sebagai artificial plant sebagai alternatif bagi orang yang tidak ingin menggunakan tanaman asli dalam huniannya. Berikut beberapa contoh manfaat penggunaan tanaman sintetis atau artificial plant pada desain interior :

  1. Taman atau Landscape 

7 Inspirasi Taman Dalam Rumah Minimalis dengan Rumput Sintetis, Bikin Suasana Kian Nyaman dan Estetis!

Sumber Gambar : Rumah123.com

Setiap hunian pasti memiliki taman, baik dengan skala besar maupun skala kecil, dalam hunian maupun luar hunian. Tujuan adanya taman sebagai penghias pada hunian. Bagi orang yang memiliki waktu sibuk jarang sekali dapat merawatnya dengan baik, maka tak jarang pula lebih memilih menggunakan tanaman sintetis sebagai pengganti dari tanaman asli.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam perawatannya, tidak memakan waktu, dan tenaga terlalu banyak. Tanaman sintetis dapat dibersihkan dengan menggunakan air saja.

2. Topiary

Sumber Gambar : AliExpress

Topiary merupakan karya seni potong pada tanaman. Tanaman dapat didesain atau dibentuk sesuai pola yang diinginkan. Tidak hanya pada tanaman asli saja, tetapi topiary juga dapat dibuat dengan menggunakan tanaman sintetis. Adanya topiary digunakan sebagai media dekorasi yang unik pada tanaman. Hal ini karena adanya karya seni pemotongan membuat tanaman terlihat lebih rapi dan berbentuk, sehingga enak dipandang oleh mata.

3. Wall Decor atau Hanging Plant

Manfaat Tanaman Sintetis

Sumber Gambar : Sewarumput.com

Tanaman dapat digunakan atau dipasang menjadi wall décor yang biasa disebut dengan tanaman dinding. Ketika seseorang yang menginginkan adanya beberapa tanaman dalam hunian, tetapi tidak ada space atau ruang kosong dalam hunian dapat pula menggunakan cara dipasang pada dinding.

Selain tidak adanya ruang kosong, tanaman dinding dapat dimanfaatkan sebagai pengisi area dinding yang kosong atau area yang membutuhkan spot menarik pada hunian.

4. Stand Booth

Manfaat Tanaman Sintetis

Sumber Gambar : Pinterest

Tidak hanya pada hunian saja, tetapi tanaman juga dapat digunakan sebagai pedia pemasaran dengan menggunakan stand booth. Seringkali dalam mendekor stand booth diperlukan aksen pencerahan atau menarik perhatian mata sehingga orang yang melihatnya menjadi tertarik untuk datang.

Tanaman yang digunakan untuk media dekorasi stand booth adalah tanaman sintetis. Hal ini dikarenakan tidak mudah layu, rusak, mudah diatur, dan beberapa hal lainnya untuk dimanfaatkan sebagi penghias stand booth.

5. Vertical Garden

Manfaat Tanaman Sintetis

Sumber Gambar : blogspot.com

Vertikal garden atau yang sering disebut juga dinding hijau merupakan beberapa tanaman yang dirangkai atau dipasang secara vertical pada dinding. Tujuannya, yaitu memanfaatkan lahan yang sempit dan terbatas dengan menggunakan dinding dan juga memberikan keindahan pada dinding. Vertical garden banyak digunakan pada hunian-hunian yang besar karena memiliki pola desain seperti curva atau berkelok.

Itulah beberapa manfaat penggunaan tanaman sintetis yang bisa diterapkan di dekorasi rumah. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Desain Interior untuk Gaya Hidup Sehat dengan Desain Biofilik

Arsitektur & Interior

Cara Memikat Minat Pengunjung Untuk Balik Ke Workshop Gallery Anda

Arsitektur & Interior

Pemanfaatan Furniture Bekas Dan Sampah Plastik Untuk Produk Interior

Arsitektur & Interior

Bukan Desain Biasa: Desain Interior Homey a la Apartemen Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.