GenK LIFE

5 Olahraga Mata buat Kamu yang Banyak Menatap Layar Gadget

olahraga mata

Olahraga Mata – Kamu kerja di depan komputer selama berjam-jam setiap hari, guys? Well, hari gini sepertinya hampir semua orang menghabiskan lumayan banyak waktu di depan layar gadget, entah itu untuk bekerja, main game atau sekedar kepoin feed terbaru seleb favorit, ya, GenKs?

Nah, buat kamu-kamu yang sering menatap komputer, laptop atau ponsel, pasti sering mengeluhkan kondisi ‘digital eye strain’ alias ketegangan mata akibat paparan sinar biru dari gawai. Gejala digital eye strain adalah mata kering, sakit kepala, gatal atau kemerahan di mata.

Tapi tenang, guys, ada beberapa olahraga mata yang direkomendasikan untuk mengatasi dan mencegah masalah ini, kok. Yuk, intip tips alami untuk memastikan kesehatan matamu tetap terjaga meski lama duduk di depan komputer:

Eye Roll Exercise

Sumber Gambar : healthline.com

Atur posisi dengan duduk dalam posisi santai. Usahakan kepala dan tulang belakang lurus. Putar bola mata dalam gerakan melingkar searah jarum jam. Jaga agar kepala nggak ikut bergerak, ya, guys. Lakukan secara perlahan, nggak perlu terburu-buru, jaga pernapasanmu tetap stabil.

Ulangi latihan ini sebanyak tiga kali, lalu tutup mata dan rileks. 

Lanjutkan proses yang sama, tapi sekarang lakukan dengan gerakan memutar berlawanan arah jam. Kalau dirasa olahraga sudah cukup, kamu bisa mengistirahatkan mata.

Focus Shifting Exercise

Sumber Gambar : goodnet.org

Rentangkan satu tangan di depanmu dengan jempol mengarah ke atas. Fokuskan pandangan pada jempol selama 15 detik dan perlahan dekatkan tanganmu ke hidung, jadi kamu nggak akan bisa lagi melihatnya dengan jelas.

Berhentilah beberapa saat dan tarik lenganmu ke posisi awal.

Ulangi gerakan olahraga mata ini sebanyak 10 kali. Latihan ini akan melatih fokus matamu, guys. Jangan lupa tarik napas dalam-dalam dengan tenang ketika melakukan gerakan ini.

Figure Eight Exercise

Sumber Gambar : fitgracy.com

Fokuskan pandangan pada satu titik di lantai dengan jarak 10 kaki dari posisimu berdiri. Bayangkan pola gambar angka 8 dan ikuti bentuknya dengan mata selama 30 detik. Ingat, jangan gerakkan kepala atau pun tubuhmu saat melakukannya!

Ulangilah gerakan latihan mata ini dengan istirahat yang cukup di setiap sesi selama 3 kali.

Distance Gazing Exercise with 20-20-20 Rule

olahraga mata

Sumber Gambar : formacionyestudios.com

Menatap jarak jauh dengan rumus 20-20-20. Gimana caranya? Istirahatkan matamu dari layar komputer setiap 20 menit sekali dan lihatkan sejauh 20 kaki selama 20 detik. Saat kamu melakukan gerakan olahraga mata ini, istirahatkan pandanganmu ke suatu objek yang jauh dan ambil napas dalam-dalam.

Palming Exercise

olahraga mata

Sumber Gambar : resilienteducator.com

Like the begining, let’s end the exercise with ‘palming’, GenKs.

Olahraga mata terakhir yang bisa membantumu mengatasi kelelahan pada mata akibat terlalu banyak menatap layar komputer atau laptop adalah palming exercise. Gimana gerakannya? Gampang kok, guys.

Gosokkan kedua telapak tanganmu dengan lembut dan letakkan tangan yang sudah dihangatkan itu di atas mata. Posisikan ujung jari di dahi.

Latihan ini akan menciptakan sensasi menenangkan di dalam lubang yang terbentuk di bawah telapak tanganmu.

Lanjutkanlah gerakan olahraga mata ini untuk mengistirahatkan mata dari stimulasi digital yang terlalu berlebihan. Kamu juga bisa mengulanginya kapan pun kamu ingin beristirahat dan berhenti melihat layar komputer, kok, GenKs.

Ikuti panduan olahraga mata di atas dengan mengistirahatkan kedua mata beberapa kejap dari rutinitas bekerja berjam-jam di depan komputer. Latihan-latihan di atas akan membantumu menyingkirkan gejala ketegangan mata digital dan memastikan kesehatan matamu terjaga baik.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif