Creativepreneur and Career

5 Profesi di Dunia Fashion Selain Model dan Desainer yang Bisa Kamu Coba

Apakah passion-mu di bidang fashion, GenKs? Dan kamu bermimpi untuk terjun dan berkarier di ranah ini? Wah, artinya kamu harus cari tahu pekerjaan yang cocok, nih. Tapi kira-kira ada nggak, ya, profesi yang berkaitan dengan dunia mode selain desainer atau peragawan peragawati?

Well, kalau ngomongin soal industri fesyen, emang yang paling sering muncul di pikiran adalah model yang berlenggak-lenggok di atas catwalk dan fashion designer. Padahal sebenarnya dunia fashion itu menyimpan potensi karier yang cukup luas selain model, penjahit atau model, lho.

Di bawah ini adalah 5 rekomendasi profesi di dunia fashion yang bisa kamu coba, guys:

  1. Trend Analyst

Sumber Gambar : squarespace.com

Jangan salah, guys, sama seperti profesi lainnya, data dalam dunia fashion juga sangat-sangat penting. Dengan data-data tersebut, orang-orang di industri ini bisa memprediksi dan mengolah trend fashion yang sedang booming saat ini. Mereka adalah trend analyst.

Seorang trend analyst dituntut untuk mempertahankan tren fashion itu di masa depan sekaligus mereplikasi formula tren untuk masa-masa yang akan datang, sehingga tren-tren di bidang fashion pun akan senantiasa on selamanya. Wah, menarik banget, ya!

  1. Fashion Forecaster

profesi di bidang fashion

Sumber Gambar : Youtube.com

GenKs, kamu pasti pernah dengar orang-orang menyebut model tahun 60-an, thun 90-an dan sebagainya. Maksud istilah ini adalah desain model tersebut lagi tren di tahun terkait. Dan ini adalah hal yang wajar banget, karena seperti kita semua tahu, model-model fashion mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Fashion forecaster adalah profesi mereka yang bertugas memperkirakan tren seperti apa, sih, yang akan berkembang nantinya. Sebagai fashion forecaster, kamu bertanggung jawab untuk memprediksi tren seperti apa yang diminati pasar pada beberapa waktu ke depan. Warna, bahan, tekstur, pola, aksesoris dan juga style, semuanya akan diprediksi dulu dan ditampilkan di butik untuk melihat minat pasar.

  1. Pattern Maker

profesi di bidang fashion

Sumber Gambar : larivierefashion.com

Ternyata untuk bikin pakaian kita nggak asal mengukur kain, memotong, lalu menjahitnya doang. Ada pola tertentu yang harus kamu ikuti dan kembangkan untuk memproduksi pakaian dari suatu model. Nah, ini adalah tugas utama seorang pattern maker.

Pattern maker diharuskan bikin draft dari bentuk dan ukuran yang telah ditentukan di atas kertas, atau mengerjakan pola menggunakan software di komputer. Nah, agar hasil akhirnya sesuai harapan desainer, seorang pattern maker wajib berkoordinasi secara intens dengan sang desainer.

  1. Product Researcher

profesi di bidang fashion

Sumber Gambar : arts.ac.uk

FYI, karya di bidang fashion itu nggak muncul dengan begitu aja. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum akhirnya desain baru diluncurkan setelah lolos uji pihak product researcher dan dinyatakan siap dipasarkan.

Ada pun tugas seorang product researcher adalah melakukan survei terhadap style dan harga yang cocok untuk konsumen. Misalnya, produk A cocok untuk kalangan mana, berapa harga yang pantas dan gimana reaksi konsumen terhadap desain produk A serta hal-hal lainnya.

  1. Garment Technologist

https://images.squarespace-cdn.com/content/v1/552cd191e4b0b39dd1fb6048/1526382405451-GALPSHAL23IO5EYD2K8D/32.jpg?format=1500w

Material dan bahan adalah inti dari bisnis fashion. Sebelum suatu produk fashion jadi dan diluncurkan ke pasaran, ada seorang garment technologist yang bertugas menentukan material apa yang paling bagus, cocok dan paling sesuai dengan produk itu.

Di industri fashion, kinerja garment technologist sangat menentukan apakah suatu item layak atau tidak untuk dipasarkan.

So, manakah dari kelima profesi di dunia fashion dalam daftar di atas yang paling kamu banget, nih, GenKs? Yuk, komen!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek