Creativepreneur and Career

5 Rekomendasi Investasi Untuk Freelancer Yang Dapat Menguntungkan

Investasi tidak hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki uang, tapi juga berlaku untuk para freelancer. Meski penghasilan yang tidak menentu setiap bulan, terjun ke dunia investasi tetap memungkinkan untuk mereka yang bekerja di dunia freelance. Satu yang menjadi pertanyaan, investasi apakah yang cocok untuk para   di tahun ini? Berikut lima rekomendasi investasi untuk freelancer yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan.

1. Deposito

Sumber Gambar : lifepal.co.id

Rekomendasi investasi untuk freelancer pertama adalah deposito. Deposito memang merupakan salah satu jenis investasi yang mudah dan menguntungkan. Memang, tingkat keuntungan deposito tidak terlalu signifikan, tapi hal ini tidak lepas dari tingkat risikonya yang rendah.

Deposito tersedia dalam berbagai pilihan tenor penyimpanan. Kamu bisa menyesuaikan tenor mana yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan finansial di masa mendatang.

Berbeda dari tabungan, deposito ini tidak bisa dicairkan secara dadakan. Dananya hanya bisa dicairkan saat deposito jatuh tempo.

2. Reksadana

Sumber Gambar : obligasi.co.id

Rekomendasi investasi untuk freelancer berikutnya adalah yang paling sering dibicarakan oleh para konten kreator dan influencer. Apalagi kalau bukan reksa dana? Selain mudah dan memiliki resiko yang kecil, keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar.

Bagi kamu yang baru terjun ke dunia investasi, kamu bisa mencoba reksa dana. Resikonya kecil, namun keuntungannya lumayan besar. Menariknya lagi, uang yang kamu investasikan tidak dikelola seorang diri, melainkan oleh Manajer Investasi atau MI.

Reksa dana pada umumnya dibagi atas 4 jenis, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Sebagai pemula, kamu bisa coba reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap terlebih dahulu. Nanti kalau pengetahuanmu tentang reksa dana sudah meningkat, bisa langsung coba reksa dana saham yang keuntungannya lebih besar dibandingkan semua jenis reksa dana.

3. Emas Batangan

Sumber Gambar : tirto.id

Seperti yang kamu tahu, emas batangan merupakan salah satu investasi yang memiliki peluang yang sangat bagus, sekalipun tidak dapat digunakan sebagai perhiasan. Harga dari investasi emas batangan tersebut, cenderung naik dalam setiap tahun. Jikalau harganya mengalami penurunan, akan tetapi tidak terlalu signifikan dan pastinya akan terus-menerus naik dalam hitungan bulan.

Harganya terbilang mahal, namun kamu dapat mencicil emas di perusahaan yang menyediakan layanan tabungan emas secara online. Dengan nominal yang bisa ditentukan sendiri, kamu sudah dipastikan memiliki simpanan emas diwaktu yang akan datang.

Jika kamu membutuhkan dana dengan cepat, kamu dapat dengan cepat menjual emas secara online. Untuk harga, biasanya akan mengikuti harga jual beli emas pada hari dan waktu dimana kamu ingin menjualnya. Jika kebetulan lagi naik, berarti kamu untung begitupun sebaliknya.

4. Barang Antik

Investasi Untuk Freelancer

Sumber Gambar : resepimakanan.net

Para peminat barang-barang antik yang semakin bertambah banyak menjadikan hobi ini layak dilirik menjadi salah satu investasi yang bisa menguntungkan. Mekanisme investasinya berbeda dari tiga jenis investasi di atas. Disini kamu perlu membeli banyak barang-barang antik terlebih dahulu, lalu menyimpannya sampai usianya bertambah tua.

Nah, kalau barang antiknya lagi musim, pasti banyak yang cari. Disinilah kamu bisa jual beberapa koleksi barang antik milikmu. Pastinya dengan harga yang lebih tinggi karena barang tersebut langka dan sulit untuk didapat di pasaran.

Namun, dengan investasi barang-barang antik ini juga membutuhkan kesabaran yang tinggi. Alhasil, investasi ini hanya diminati oleh sebagian orang saja dan laku jika musimnya sudah tiba. Alangkah baiknya jaga koleksi barang/barang antikmu sebaik mungkin agar tidak rusak, baik itu warna maupun bentuk, sehingga harga jualnya pun anak tetap tinggi saat dijual nanti.

5. P2P Lending

Investasi Untuk Freelancer

Sumber Gambar : ajaib.co.id

Investasi P2P Lending pastinya sudah tidak asing lagi di telinga generasi millennial, seperti kamu. Investasi ini dalam bentuk pendanaan dimana kamu bisa meminjamkan sejumlah dana kepada seorang peminjam,namun disini bukan kamu yang menjadi pengelola akan tepati platform penyedia P2P Lending itu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu ikut campur dalam pendistribusian atau penagihan uang dari peminjam.

Jika tertarik, kamu bisa mencari platform P2P Lending yang dipercaya di negara kita Indonesia. Kemudian, hitung nominal yang ingin diinvestasikan dan putuskan nominal panjang tenornya. Dipastikan, kamu dapat merauk keuntungan di setiap bulan berjalan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.