GenK LIFE

5 Resep Makanan Sehat Ini Harus Kamu Coba Saat Work From Home

Mungkin sudah banyak dari kita yang melakukan work from home sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah di tengah wabah saat ini. Walau demikian, ada beragam cara yang bisa dihabiskan dengan asik selama berada di rumah, salah satunya adalah memasak.

Jika biasanya kita lebih banyak disibukkan dengan tugas ataupun kerjaan, terkadang membuat kita jadi kurang memperhatikan diri sendiri. Sebagai contoh adalah tak memperhatikan makanan yang dimakan. Jika sudah begini, maka tak heran jika kita bisa mudah sakit.

Ilustrasi makanan. (Sumber: pexels)

Nah, untuk menyiasati kesehatan tubuh, kita tentu harus memperbaiki pola makan dan juga menu makanan kita. Di saat work from home ini bisa menjadi langkah awal dan langkah yang tepat untuk mencoba memakan makanan sehat. Beberapa contoh makanan sehat yang bisa dicoba akan diulas di bawah ini.

1. Smoothie

Ilustrasi smoothie bowl. (Sumber: pexels)

Smoothie merupakan minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/ gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Walau mungkin kita tahu jika banyak smoothie yang menambahkan yogurt di dalamnya, namun susu, cokelat hingga kental manis juga bisa menjadi pilhan tambahan yang lain.  Walau sama-sama berbahan dasar dari buah-buahan, smoothie tentu berbeda ya dengan jus. Smoothie memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat.

Dilansir Youqueen, smoothie ini memiliki berbagai manfaat loh, mislnya menjaga sistem kekebalan tubuh, membersihkan sistem  pencernaan, memperbaiki kualitas tidur, menjaga  kesehatan kulit hingga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Ternyata, smoothie sehat ini juga sangat mudah loh untuk dibuat. Bagi yang ingin mencoba membuat smoothie, berikut resep lengkapnya yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

70 g Instant oat

250 ml yoghurt

1 buah pisang

Madu secukupnya
Es batu secukupnya

1 genggam strawberry

Cara membuat:

  1. Siapkan blender
  2. Masukkan semua bahan dan haluskan
  3. Sajikan dalam piring dan bisa ditambahkan strawberry sebagai toppingnya.

2. Mix salad

Ilustrasi salad. (Sumber: pexels)

Menu makanan sehat lainnya yang bisa dicoba adalah mix salad. Salad merupakan campuran dari buah, sayuran segar, hingga daging unggas yang dihidangkan bersama dengan saus. Salad sendiri biasanya terdiri dari tiga jenis, yaitu simple salad, compound salad dan juga American salad.

Ketiga jenis salad itu biasanya dibedakan dari jenis bahan salad yang digunakan. Simple salad biasanya terdiri dari satu atau dua bahan makanan saja. Sementara itu, compound salad adalah salad yang terbuat dari tiga atau lebih bahan makanan yang dikreasikan. Hal yang berbeda juga terjadi pada American salad. Biasanya salah ini hampir sama dengan compound hanya saja bahannya banyak dari buah-buahan.

Salad bisa menjadi makanan sehat nan sederhana yang sangat mudah untuk dibuat saat work from home seperti ini. Bahkan pembuatan salad ini juga bisa disesuaikan bahan-bahannya dengan apa yang kita inginkan. Bagi yang ingin mencoba, berikut resep salad ala restoran pizza yang terkenal dan banyak disukai orang.

Bahan-bahan:

¼  wortel, potong seukuran batang korek api, rebus

Buncis & selada air secukupnya

1 buah apel, melon atau buah lain, potong

1 potong nanas, potong dadu

Jeli secukupnya

Bahan dressing:

1 sdm saus mayones

½ sdm saus cabai

½ sdt peterseli, cincang halus

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan untuk dressing dan aduk rata
  2. Tata sayuran dan buah dalam wadah, lalu siramkan dressing saat ingin disajikan
Baca Juga :   4 Aplikasi Video Conference Ini Bikin Work From Home Tetap Produktif

3. Sushi

Ilustrasi sushi. (Sumber: pexels)

Seperti yang kita tau, sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang begitu populer. Makanannya identik dengan nasi yang dibentuk bersama lauk yang berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushinya sendiri bukanlah nasi biasa, namun memiliki cita rasa yang khas, rasa asam yang lembut dari campuran cuka beras (mizkan), garam dan gula.

Sushi sendiri memiliki banyak jenisnya, mulai dari maki sushi, uramaki sushi, norimaki sushi, nigiri sushi, sashimi sushi, temaki sushi hingga gunkan sushi. Selain itu, sushi juga memiliki berbagai manfaat baik loh! Sushi memiliki kandungan Omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, menyehatkan otak dan mencegah hipertensi. Sushi juga bermanfaat dalam hal meningkatkan kekebalan dan metabolisne tubuh hingga mencegah kanker.

Walau mungkin sushi merupakan makanan yang terkenal rumit, namun ada sedikit resep pembuatan sushi yang mudah dan bisa diaplikasikan di saat work from home seperti sekarang. Bahan-bahan yang ada juga mudah untuk ditemukan, jadi jika ingin mencoba membuatnya, berikut resep yang dapat diikuti.

Bahan-bahan:

Nasi putih

2 butir telur

Garam secukupnya

Rumput laut secukupnya (bisa memakai snack rumput laut)

Nugget ayam secukupnya

Timun, wortel secukupnya dan potong memanjang

Mayones

Cara membuat:

  1. Siapkan telur dan campurkan dengan sedikit garam
  2. Masak jadi telur dadar, sisihkan
  3. Siapkan rumput laut, susun nasi putih, telur dadar, nugget ayam dan sayuran
  4. Lalu gulung dan siap disajikan bersama mayones

 

4. Milkshake

Ilustrasi milkshake. (Sumber: pexels)

Walau sama-sama berbahan dasar buah-buahan, milshake juga memiliki perbedaan dengan jus ataupun smoothie. Salah satu hal yang membedakan adalah dengan adanya penambahan susu dan juga es krim sebagai pelengkap.

Selain diproses menggunakan blender, milkshake ini juga bisa diproses menggunakan shaker dan mencampurnya dengan rata. Penambahan es krimnya sendiri biasa akan dilakukan setelah milkshake jadi dan ditambahkan di bagian atasnya. Berikut resep milkshake yang dapat diikuti di rumah dan dijadikan referensi menu sehat yang dapat dikonsumsi saat work from home seperti sekarang.

Bahan-bahan:

2 buah tomat merah berukuran sedang

½  gelas air putih

3 sdm susu vanila

2 buah ice cube secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender tomat dengan air putih, lalu saring
  2. Campur susu ke dalam hasil saringan tomat, aduk rata
  3. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan ice cube, siap sajikan
Baca Juga :   Work From Home, Ternyata Punya Banyak Keuntungan Ini, Loh!

5. Super Porridge

Ilustrasi super porridge. (Sumber: pexels)

Jenis makanan sehat lain yang dapat dicoba di kala santai menjalani work from home ini adalah super porridge. Makanan ini merupakan makanan sehat yang banyak mengandung protein, serat dan juga lemak sehat yang baik untuk tubuh. Biasanya makanan ini banyak terbuat dari berbagai macam biji-bijian sehat dan mengandung banyak protein seperti oats, biji chia, granola, quinoa

Bubur biji-bijian ini juga memiliki banyak sekali manfaat, seperti mengandung beta glucan yang mampu menurunkan koleksterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, biji-bijian ini juga memiliki senyawa bioaktif yang disebut avenanthramide yang  dianggap mampu menghentikan pembentukan lemak di arteri sehingga mampu mencegah kadar antioksidan dan memerangi radikal bebas.

Pembuatan bubur sehat ini jiga dapat dikatakan sederhana dan tentu saja bisa untuk diikuti. Apabila tertarik, berikut ada resep yang mungkin bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

75g oats

Kaldu ayam secukupnya

Ayam suwir secukupnya

Kacang polong secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus kaldu ayam
  2. Masukkan oat ke dalam rebusan kaldu, aduk hingga matang
  3. Sajikan dengan suwiran ayam dan kacang polong

 

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!