GenK LIFE

5 Situs Pemberantas Hoax Asli Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Mislead information atau dikenal dengan istilah hoax ini mengusung tema berbagai macam. Mulai dari politik, sosial sampai dengan masalah yang terkait dengan penyebaran virus Covid-19 dan juga vaksin. Bagi kamu yang tidak ingin menjadi korban hoax, maka dapat memeriksa berita yang kamu dapatkan tersebut melalui situs pemberantas hoax yang kredibel berikut ini.

Turnbackhoax.id

Sumber Gambar : kominfo.go.id

Turnbackhoax.id adalah sebuah situs pemeriksa berita atau informasi sumir yang dikelola oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia). Anggota Mafindo sendiri berasal dari berbagai kalangan mulai dari umum sampai profesional yang bahu membahu menangkal beredarnya berita atau informasi menyesatkan yang ada di masyarakat. Melalui Turnbackhoax.id, kamu dapat mencari berita, ikut berdiskusi dalam forum, melaporkan berita atau informasi palsu sampai dengan menjadi relawan di situs tersebut.

Cekfakta.com

Sumber Gambar : cekfakta.com

Cekfakta.com juga sebuah website pemberangus hoax dan tempat yang tepat untuk memeriksa benar tidaknya sebuah berita. Situs ini merupakan proyek kolaborasi antara Mafindo dengan media-media online lain di Indonesia yang sudah menjadi anggota AJI (Aliansi Jurnalis Independen) serta AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia). Cekfakta.com ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak Google melalui Google News Initiative dan juga FirstDraft serta Internews. Walaupun menu di bar utamanya tidak selengkap situs Turnbackhoax.id, tapi Cekfakta.com mampu memberikan keakuratan sebuah berita.

Detax.org

situs pemberantas hoax

Sumber Gambar : detax.org

Detax.org merupakan website pendeteksi hoax yang diciptakan, dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan IT yang berbasis di Indonesia, Ansvia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang semua pelayanan dalam hal IT sampai dengan solusi perangkat lunak yang digunakan untuk bisnis. Detax.org menggunakan metode pencarian mirip dengan algoritma antivirus dalam mendeteksi virus, yaitu berbasis heuristic dan signature. Untuk mesin pemindainya sendiri, Detax.org memakai teknologi Artificial Intelligence atau AI untuk memindai gambar sampai dengan berita sumir. Kamu dapat menggunakan Detax.org melalui peramban atau aplikasi yang sekarang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Covid19.co.id/hoax-buster

situs pemberantas hoax

Sumber Gambar : covid19.go.id/p/hoax-buster

Covid19.co.id/hoax-buster merupakan situs resmi yang dapat kamu gunakan sebagai rujukan ketika mendengar berita membingungkan seputar penyebaran virus Corona atau Covid-19. Situs ini sendiri dikembangkan dan dikelola langsung oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Ada beragam menu di bar utama, mulai dari Berita, Informasi, Edukasi, Sebaran sampai dengan Info Penting yang dapat kamu gunakan secara cuma-cuma.

Hoaks.infovaksin.id

situs pemberantas hoax

Sumber Gambar : hoaks.infovaksin.id

Hampir sama seperti Covid19.co.id/hoax-buster, Hoaks.infovaksin.id juga masih mengusung tema seputar Covid-19. Hanya saja, situs ini lebih menekankan pada pemeriksaan dan pembuktian berita membingungkan yang beredar di masyarakat terkait seputar vaksin Covid-19.

Situs ini dikembangkan dan dikelola oleh ICT Watch dan Tim Komunikasi Publik KPCPEN. Selain itu juga mendapatkan dukungan penuh dari Kominfo, Cek Fakta, Satgas Covid-19, Mafindo, BNPB, Techscape, tim dari Universitas Gunadarma dan UNICEF. Memang tidak banyak menu di situs tersebut, tapi keakurasian dalam pemeriksaan suatu berita terkait vaksin cukup tinggi dan bagus.

Dengan menggunakan 5 situs  pemberantas hoax di atas untuk memeriksa kebenaran dan fakta suatu informasi yang beredar, kamu akan terhindar dari hoax dan tidak menjadi korban berita palsu.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan