Quiz

5 Skill Menulis Artikel SEO yang Harus Dikuasai Content Writer di Tahun 2021

skill-menulis-artikel-seo

Ada begitu banyak hal yang berubah sejak pandemi Covid-19 menyerang di awal tahun 2020 lalu, GenK. Diakui atau enggak, sekarang ini kekuatan aspek digital dalam dunia bisnis makin kokoh. Nah, perubahan ini ternyata secara otomatis mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan mesin pencari. Dan hal yang sama ternyata juga berlaku untuk penulisan artikel SEO, lho. kamu juga wajib mengetahui skill menulis artikel SEO.

Dan kamu tahu nggak, nih, kalau jasa penulis SEO sekarang ini lagi banyak banget dibutuhin. Karena banyak perusahaan yang sekali lagi, gara-gara pandemi, harus kehilangan pelanggannya dan demi menarik kembali konsumennya, mereka harus mencari cara memikat pelanggannya melalui kampanye online. Sementara itu, setiap kampanye butuh jasa penulis artikel SEO.

Jika kamu adalah pemula, menulis artikel SEO bisa sangat sulit. Butuh waktu untuk mengembangkan skill dan menjadi penulis SEO yang pro. Tapi nggak usah minder kalau kamu masih belum bisa menulis artikel SEO meski udah latihan cukup lama. Berikut ini adalah skill menulis artikel SEO yang wajib kamu kuasai tahun 2021:

  1. Bikin Judul dan Deskripsi yang Menarik

skill menulis artikel seo

Sumber : catoaccounting.com

Tujuan utama penulisan artikel SEO adalah untuk menarik orang masuk ke situs web yang bersangkutan. Well, sebenarnya ini nggak jauh beda dengan penulisan copywriting, di mana salah satu aturan dalam copywriting yang paling populer adalah judul yang meyakinkan. Karena berawal dari judul, pembaca bisa merasa tertarik.

Sebagai penulis SEO, kamu harus tahu gimana caranya menulis judul dan deskripsi yang menarik. Tanpa keahlian ini, kontenmu mungkin nggak akan dilirik karena tenggelam oleh artikel lain dengan judul, ringkasan dan pengantar yang lebih oke.

  1. Perhatikan Pengaturan dan Urutan Konten

Sumber : uxproductivity.com

Ingin jago menulis artikel SEO? Artinya kamu harus tahu gimana caranya memformat tulisan dengan baik. Pastikan judul dan subjudul yang kamu tulis punya relevansi. Masih bingung apa itu heading? Coba cek pengaturan pada Word atau software lainnya yang kamu pakai untuk menulis. Di dalam menu ada gaya penulisan yang bisa kamu pilih, dan biasanya direpresentasikan dengan H1, H2 dan seterusnya.

Baca Juga :   Siapa Kamu di Kartun Larva, Coba Cari Tahu Di Sini!

Settingan tulisan seperti itu akan memudahkanmu membagi konten dan juga bikin pembaca jadi lebih gampang mengikutinya. Dengan pengaturan tersebut juga membantu penulis untuk membuat artikel yang rapi dan tentunya enak dibaca.

  1. Skill Meneliti Sumber dan Kreativitas dalam Menulis SEO

Sumber : insider.com

Untuk memastikan artikel SEO-mu bisa muncul di hasil pencarian, artikel SEO harus mengandung keyword yang tepat. Dan ingat, jangan pernah menahan kreativitasmu, hanya karena menulis artikel SEO, lho, GenK. Dengan kreativitasmu, kamu bisa membuat artikel SEO-mu lebih menonjol daripada yang lain.

Nggak cuma itu aja, untuk bisa menjadi penulis SEO yang jago, kamu juga butuh skill meneliti sumber dan mencari keyword populer dan menyesuaikannya dengan kontenmu.

  1. Jangan Berlebihan dalam Penggunaan Keyword

skill menulis artikel seo

Sumber : gadgets360.com

Ingat, sebagai penulis, tugasmu hanya memastikan pesan yang kamu cantumkan dalam artikel tersampaikan dengan jelas kepada seluruh audiensmu. Terlalu memegang teguh pada aturan teknis penulisan artikel SEO, bakal bikin kontenmu terlihat kaku dan nggak bisa dnikmati. Jangan mengemas kontenmu dengan keyword atau berlebihan dalam memasukkan keyword. Karena hal tersebut akan bikin pembaca marah. Dan yang lebih buruk lagi adalah Google akan menandai kontenmu.

  1. Bersahabat dengan SEO Content Tools

skill menulis artikel seo

Sumber : pcmag.com

Hati-hati, GenK, meski terlihat mudah, tapi kontenmu bisa nggak lolos karena plagiarisme, nggak nyambung atau kesalahan tata bahasa, lho. Tapi jangan takut, ya, sekarang ini ada banyak SEO tool yang bisa kamu pakai untuk memperbaiki alias mengedit artikel atau konten agar layak dimunculkan Google. Kebanyakan tool yang ada gratis dan easy-to-use banget, kok. Kuncinya hanya secepat apa kamu bisa menggunakan SEO tool yang ada.

 

Nah, itulah skill menulis artikel SEO yang perlu kamu kuasai. Ternyata nggak sulit, kan, jadi penulis artikel SEO pro?

About author

Related posts
Quiz

Kami Bisa Tau Bahasa Cintamu Dari Kuis Ini!

Quiz

Coba Cek Seberapa Logis Kamu Dengan Jawab Kuis Ini!

Quiz

Bisa Gak, Kamu Tebak Judul Lagu Berdasarkan Penggalan Liriknya?

Quiz

Jangan Ngaku Pecinta Film Kalau Belum Bisa Jawab Kuis Ini!