GenK LIFE

5 Tips Ampuh Manfaatkan Google Scholar Untukmu yang Butuh Jurnal Ilmiah

4. Mendapat Artikel Terkait

Google scholar. (Sumber: screenshot)

Apa bila kita berhasil telah mendapatkan artikel yang menarik ataupun relevan dengan topik yang kita cari, kita juga bisa mencari lagi dan mendapatkan hasil serupa. Cara mendapatkan artikel yang masih berhubungan dengan artikel terdahulu adalag dengan klik tautan “Related articles” yang biasanya terdapat di bagian bawah artikel.

Maka nantinya kita juga akan mendapatkan beberapa artikel dari hasil pencarian terkait. Mulai dari artikel dengan penulis yang sama, penggunaan kata kunci yang sama hingga judul artikel yang mungkin juga memiliki kemiripan.

5. Mengutip dengan Cepat

Logo Google Scholar. (Sumber: iTech U)

Ada kalanya kita merasa khawatir dan juga jenuh untuk melewati proses pembuatan daftar pustaka dalam penyusunan makalah, skripsi ataupun thesis. Namun, hal ini tidak perlu dipusingkan karena Google Scholar dapat membantu dalam pembuatan daftar pustaka.

Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengklik ikon tanda kutip yang berada di bawah artikel. Saat ikon itu berhasil kita klik, kita akan dibawa kepada jendela yang muncul citation sesuai format yang diinginkan. Pilihan formatnya adalah MLA, APA, Chicago hingga Harvard yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Setelahnya, kita bisa copy dengan cepat ke Microsoft Word.

 

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya