Creativepreneur and Career

5 Tips Mewujudkan Work Life Balance untuk Hidup Lebih Damai

Well, hingga saat ini, masih banyak, lho, karyawan yang kesulitan nemuin tips work life balance. Buktinya, hampir 95% profesional di seluruh dunia menghabiskan waktu di atas 50 jam setiap minggu untuk bekerja. Padahal, ini sangat berbahaya. Karena jika kehidupan kerja dan personalmu nggak seimbang, itu bisa memicu stres, sehingga kamu jadi gampang capek di tempat kerja.

Di satu sisi, karyawan bisa sibuk banget bekerja, sampai-sampai mereka mengabaikan kehidupan yang mereka punya di luar kantor. Di sisi lain, ada juga pekerja yang terlalu fokus pada kehidupan pribadinya, alhasil, tugas dan tanggung jawab di kantor pun terbengkalai.

Gimana sih, caranya mewujudkan keseimbangan antara kehidupan kerja dan personal? Yuk, intip tipsnya berikut, GenKs:

#1: Kurangi-Kurangi deh Sikap Perfeksionismu

Sumber Gambar : amazonaws.com

Tips pertama untuk memiliki work life balance adalah mengurangi sikap perfeksionis. Meski sejatinya menjadi orang yang perfeksionis itu nggak salah, bahkan bisa mendorongmu memberikan kinerja terbaik, tapi kalau kebablasan, sikap ini bakalan mengacaukan kehidupanmu di luar pekerjaan, lho, guys.

Satu hal yang perlu kamu ingat, kesalahan atau kekurangan atau ketidaksempurnaan itu manusiawi banget, kok. Apa pun yang kamu lakukan, pastikan saja kamu sudah melakukannya dengan baik. Itu sudah cukup.

#2: Kurangi Pemakaian Gadget

Sumber Gambar : zdnet.com

Alasan kenapa kamu nggak bisa punya work life balance yang baik salah satunya karena kamu selalu terhubung dengan internet dan berinteraksi terus pakai smartphone, tablet atau laptopmu. Kebiasaan ini ternyata mendorong karyawan untuk bekerja meski sudah berada di rumah, lho.

Akhirnya mereka nggak bisa santai dan meluangkan waktu untuk istirahat saat sudah keluar kantor dan masuk rumah. Dan kondisi ini semakin parah sejak aturan work from home atau WFH diberlakukan karena pandemi.

Untuk itu, disarankan mengurangi waktu pemakaian gadget. Misalnya, setelah kerja, matikan ponsel di atas jam 7 malam. Cobalah lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga atau melakukan hobi selama hari libur. Gadget hanya boleh digunakan jika ingin berkomunikasi dengan keluarga atau teman.

#3: Aktiflah Berolahraga

work life balance

Sumber Gambar : moneyinc.com

Love yoruself adalah bagian penting yang harus kamu jaga kalau ingin mewujudkan work life balance yang lebih baik. So, selain cukup istirahat, hal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah aktif berolahraga, nih, GenKs.

Olahraga, seperti yang dibuktikan dalam banyak penelitian, bisa membangkitkan semangat positif dan meningkatkan produktivitas. Nggak perlu melakukan olahraga berat, kok. Cukup jogging atau bersepeda keliling taman kota dan meditasi bisa membantumu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi bugar.

Ada pun tujuan utama olahraga adalah membuatmu lebih tenang dan fokus pada semua aktivitas yang kamu kerjakan.

#4: Rutin Membersihkan Tempat Kerja

work life balance

Sumber Gambar : gallagherbassett.com.au

Kebersihan tempat kerja sangat-sangat mempengaruhi work life balance seseorang. Wah, kok, bisa, sih? Pasalnya, bekerja di lingkungan yang bersih secara nggak langsung ternyata bisa menjaga kesejahteraan karyawan, lho, guys.

Nggak cuma itu. Kebersihan juga bikin seseorang termotivasi, sehingga mereka nggak gampang merasa kelelahan dan bisa lebih semangat dalam bekerja. Nah, mulai sekarang jangan sampai lupa atau malas membersihkan tempat kerjamu, baik di kantor atau rumah, ya.

#5: Belajar Berkata ‘Tidak’

work life balance

Sumber Gambar : pcdn.co

Ini, nih, hal yang kadang berat banget untuk dilakukan. Apalagi kalau kamu termasuk tipe-tipe people pleaser di kantor.

Eits, meski begitu, jika ingin menyeimbangkan kehidupan kantor dan pribadi, sebaiknya belajar untuk berkata ‘tidak’ mulai sekarang, deh. Ingat, prioritas utamamu adalah pekerjaan. Kalau semua tugasmu udah kelar, baru, deh, kamu boleh membantu orang lain.

Tapi tetap ingat, GenKs, jangan sampai gara-gara membantu rekan kerja, hal itu malah jadi merusak work life balance-mu, lho, ya!

So, gimana, guys, sudahkah kamu siap mewujudkan work life balance demi kedamaian hidup di kantor dan di luar kantor bersama orang-orang tersayang?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!