Creativepreneur and Career

5 Tips Mudah untuk Menjadi Social Media Manager Profesional

social-media-manager

Wah, bekerja sebagai social media manager? Rasanya ini adalah posisi yang sangat menarik dan menyenangkan, ya, guys? Karena bisa main sosmed setiap saat dan kerennya lagi kita nggak perlu ngantor. Duh, jadi mupeng banget, deh!

Karena gimana pun, nggak dipungkiri, media sosial adalah kebutuhan hidup. Semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa, pria dan wanita, termasuk public figure, selebriti, politikus, musisi, penulis, pengusaha dan orang-orang terkenal lainnya, nggak bisa lepas dari yang namanya jejaring sosial.

Entah untuk kebutuhan kantoran, tugas-tugas sekolah maupun kuliah hingga jualan, kita nggak bisa hidup tanpa platform medsos yang ada saat ini. Medsos adalah hero-nya era sekarang. Tapi, apa sih, yang dimaksud manager sosial media? Intip informasinya:

Social Media Manager, Apa itu?

Tahu nggak, kamu, kalau seorang social media manager adalah sosok yang memegang peran sangat vital, baik untuk perusahaan atau pun klien perorangan? Karena di tangan merekalah kendali terhadap akun media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, YouTube, blog dan platform lainnya, milik customer berada.

Bisa dibilang, peran seorang social media manager itu hampir mirip dengan representatif public relation maupun marketing communication, guys. Saking pentingnya peran manajer medsos, mereka bisa digaji dengan bayaran mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 8 juta untuk setiap job, lho! Lalu gimana caranya agar bisa jadi social media manager?

Tips untuk menjadi Seorang Manajer Media Sosial Pro yang Handal

  1. Copy Writing

social media manager

Sumber Gambar : thesocialmediamonthly.com

Nah, di sini kamu butuh skill SEO copy writing, guys. Karena kamu harus bisa bikin pesan yang gampang dipahami audiens sekaligus dapat memberikan kesan positif dari sebuah brand. Untuk membuat tulisan yang bagus, ada beberapa aturan yang harus kamu penuhi. Seperti membuat headline yang pendek, tapi efektif, pembukaan yang menarik dan terakhir, struktur bacaan yang mudah untuk dibaca.

  1. Rajin-Rajin Riset

social media manager

Sumber Gambar : unsplash

Jadi orang yang selalu update itu penting banget, lho, kalau kamu ingin jadi social media manager profesional. Kamu nggak boleh ketinggalan berita dan informasi terbaru serta topik yang lagi trending. Tapi tentu nggak mungkin kan, mantengin layar gadget selama 24 jam penuh dari setiap hari? Kamu bisa mengandalkan Google Alerts agar dapat notif jika ada kabar terkini.

  1. Ahli Menggunakan Sosmed

Sumber Gambar : promotionaldrives

Skill selanjutnya yang harus kamu miliki untuk jadi social media manager adalah keahlian menggunakan media sosial. Itu pasti. Dan bekali dirimu dengan beberapa pengetahuan penting, seperti konten seperti apa yang sesuai untuk setiap platform, gimana caranya mengoptimisasi platform tertentu berdasarkan konten dan juga skill menjalin interaksi dengan audiens melalui postingan di medsos.

  1. Customer Service

Sumber Gambar : techstunt

Eits, bukan berarti kamu wajib standby selama 24/7 penuh untuk meladeni panggilan telepon atau chat dari customer yang lagi terbakar emosi, lho. Kerja sebagai manager sosial media artinya kamu wajib peduli terhadap opini dan pendapat pelanggan. Posisikan dirimu dari sudut pandang mereka untuk memberi layanan terbaik.

  1. Kemampuan Visual

Sumber Gambar : printingsolutions

Well, emang, sih, konten di medsos itu banyak yang berupa tulisan. Tapi jangan salah, dengan tambahan konten visual, entah itu gambar atau gif bisa memberi perbedaan yang sangat besar di setiap postinganmu. So, pastikan kamu juga punya skill di bidang desain. Nggak perlu sampai kuliah lagi, kok, guys, seenggaknya kamu bisa bikin meme dan ngedit video, itu bakal jadi nilai plus.

Baca Juga :   Skill yang Harus Dimiliki untuk Jadi Social Media Specialist

 

Itulah 5 skill yang harus banget kamu kuasai jika ingin menjadi seorang social media manager profesional yang menangani klien-klien besar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021