Creativepreneur and Career

5+ Tips Promosi lewat Instastory Dijamin Daganganmu Bakal Laris Manis

tips promosi lewat Instastory

Instagram semakin populer setelah mendapatkan beragam pembaruan. Dan sekarang ini Instagram nggak cuma untuk berbagi foto atau video doang, lho, GenKs. Karena rasanya semakin banyak pengguna yang mulai menggunakannya sebagai platform media sosial untuk mempromosikan produk atau barang dagangan mereka. Tapi sayangnya nggak semua orang tahu gimana cara promosi yang baik agar jualan bisa laris manis. Nah, berikut adalah tips promosi lewat Instastory untuk pebisnis pemula supaya cuan banyak, GenK:

Langkah #1: Bikin Instagram Story

Sumber Gambar : lifewire.com

Kamu nggak bakal bisa beriklan di Instastory tanpa bikin Story, guys. Caranya nggak sulit, kok. Kamu tinggal masuk ke aplikasi Instagram di smartphone-mu, lalu klik camera icon. Setelah itu ambil foto atau video dan edit sesuai yang kamu inginkan. Langkah terakhir, tinggal upload, deh.

Langkah #2: Merancang Desain Promosi

Sumber Gambar : oberlo.com

Agar produk yang akan dipromosikan bisa menarik perhatian sebanyak mungkin pengguna Instagram, pastikan kamu nggak tanggung-tanggung dalam mendesain konten. Gunakan gambar yang memiliki resolusi 1080 X 1920 dengan aspek rasio 9:16. Rancang desain iklan semenarik mungkin. Dan sertakan tulisan yang singkat, namun bikin orang penasaran.

Langkah #3: Tingkatkan Kesadaran Merk dan Produk

Sumber Gambar : jocstudio.com

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness. Misalnya dengan memilih gambar atau video yang bisa menarik perhatian audiens dengan cepat. Selain itu, jangan lupa tampilkan nama brand-mu dengan cara yang mencolok. Dan yang nggak kalah penting, kenalilah target pasarmu.

Langkah #4: Gunakan UGC (User Generated Content)

tips promosi lewat Instastory

Sumber Gambar : flywheel.netdna.com

User Generated Content atau yang biasa disingkat UGC adalah media marketing yang punya pengaruh cukup besar dalam bisnis. Salah satu keunggulannya, kamu nggak perlu lagi bersusah payah bikin-bikin konten Instastory, GenKs. Yang perlu kamu lakukan hanya mengantongi izin dari user yang nantinya akan mempromosikan dan memposting produk di Story, dan menambahkan merk produkmu doang, guys.

Langkah #5: Membuat dan Mengumumkan Diskon

tips promosi lewat Instastory

Sumber Gambar : oberlo.com

Well, coba siapa, sih, yang nggak suka diskon atau potongan harga? Tips promosi lewat Instastory yang dijamin efektif meningkatkan angka penjualan adalah dengan memberikan penawaran harga promo. Kamu bisa menambahkan pesan berisi diskon dengan teks berwarna yang ukurannya dibuat lebih besar, sehingga terbaca dengan mudah begitu audiens melihat postingan Instagram Story-mu.

Langkah #6: Promosikan Produkmu

tips promosi lewat Instastory

Sumber Gambar : medium.com

Hampir mirip-mirip dengan promosi di Facebook, kamu juga bisa mengiklankan brand-mu lewat Instagram Story dengan memanfaatkan Facebook Ads Manager atau pun Power Editor. Tapi syaratnya, kamu harus menghubungkan akun Instagram dengan Facebook terlebih dahulu, GenKs.

Langkah #7: Campaign Object

Sumber Gambar : googleusercontent.com

Jika akun Instagram dan Facebook-mu sudah terhubung, sekarang kamu bisa masuk ke Facebook Ads Manager. Setelah itu klik menu Campaign Object dan pilih Reach. Lalu buat nama Campaign-mu dan selesai, deh, guys! Sekarang kamu sudah bisa menjangkau audiens sebanyak mungkin untuk produkmu.

Langkah #8: Edit Placement dan Format Ads

tips promosi lewat Instastory

Sumber Gambar : shutterstock.com

Panduan selanjutnya, pilih target dan buka menu Placement, kemudian klik opsi Edit Placement. Pada menu Instagram, kamu bisa memilih Stories. Dan terakhir, buatlah jenis format yang ingin kamu gunakan untuk mempromosikan produk. Ada format dalam bentuk foto dan video yang bisa kalian pilih. Nah, jika sudah, kamu hanya perlu meng-upload konten foto atau video promosi hasil desainmu.

Itulah 9 tips promosi lewat Instastory yang wajib diketahui pebisnis pemula untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Gimana, siap mencoba, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan