Arsitektur & Interior

5 Tips untuk Desain Interior Kantor Startup

Di masa sekarang ini, banyak perusahaan-perusahaan startup yang bermunculan, dan setelah masa pandemi membaik, banyak kantor yang mulai membuat kantor dan berkerja secara offline. Berikut 5 Tips untuk membuat desain interior kantor startup mu

  1. Berada di Coworking Space / Office Tower

sumber : living.co.id

Memilih lokasi merupakan hal yang utama dan penting yang harus kamu lakukan. Kalau kamu bingung mencari / menyewa tempat untuk kantor startup mu, coworking space dan Office Tower bisa jadi pilihan yanag tepat untuk kamu.

Coworking Space dan Office Tower memiliki banyak pilihan untuk ukuran ruangan yang disewakan, dan ukurannya relative kecil sehingga cocok untuk kamu yang masih memulai bisnis.

Coworking Space dan Office Tower juga umumnya menggunakan system sewa, sehingga untuk aspek ekonomi, akan lebih ringan daripada harus menyewa / membeli bangunan atau ruko untuk digunakan sebagai kantor.

Selain itu, coworking space dan office tower juga pasti berada di daerah pusat kota sehingga akan mempermudah akses untuk karyawan dan tamu, lalu juga bisa mengangkat image perusahaan sehingga terlihat lebih keren dan professional.

  1. Menggunakan Interior Designer

sumber : behance.net

Penggunaan interior designer juga penting agar branding dari perusahaan mu dapat terlihat dengan jelas. Branding dari perusahaan dapat diterapkan dalam berbagai aspek di interior kantormu.

Contohnya dari pemilihan warna dan tentunya logo brand mu harus terlihat dengan jelas. Dalam zaman ini, branding sudah menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan. Selain itu, Interior design dapat membantu kamu untuk menata kantormu agar dapat efektif sesuai dengan work flow kantormu.

Karena tiap kantor pasti memiliki work flow masing-masing. Interior designer juga dapat membuat custom elemen-elemen penting di interior kantormu, seperti meja resepsionis atau backdrop meja resepsionis yang menjadi point dari kantormu, dimana first impression tiap orang pasti berada di area reseptionis.

  1. Penataan Ruang Open Space

Desain Interior Kantor Startup

sumber : pinterest.com

Kantor startup relative memiliki ukuran yang kecil. Untuk memaksimalkan space yang ada, bisa menggunakan konsep open space. Para staff bisa berkerja bersama-sama di ruangan yang sama, di satu meja besar.

Hal ini bisa menghemat space dan juga bisa membangun komunikasi dan team work dari karyawan kantormu. Minimnya membuat sekat ruangan akan membuat kantormu lebih luas dan terang, lalu akan meningkatkan nilai kekeluargaan.

Untuk ruang penting seperti ruang CEO atau meeting room mungkin bisa disekat jika dibutuhkan untuk lebih memberi privasi. Untuk hal ini, kamu harus memikirkan lebih lanjut bagaimana penataan ruang yang paling efektif untuk kantormu.

Jika kamu memiliki interior designer, bisa juga menggunakan jasa mereka dan berdiskusi agar kantormu dapat efektif dan dapat efektif digunakan.

  1. Menggunakan Furniture Store Bought

Desain Interior Kantor Startup

sumber : ikea.co.id

Jika kamu memiliki budget terbatas, furniture store bought bisa menjadi salah satu solusimu. Sekarang banyak furniture store bought yang memiliki model yang bagus dengan kualitas yang tidak kalah dengan furniture custom.

Karena furniture strore bought diproduksi secara massal, harga jualnya pun pasti akan lebih rendah dibandingkan furniture custom. Kamu bisa menggunakan furniture store bought yang di mix dengan furniture custom jika dibutuhkan.

Sekarang sudah banyak brand furniture strore bought seperti informa dan ikea yang menawarkan banyak model produk dengan berbagai gaya desain.

  1. Menggunakan Furniture yang Tidak Permanen

Desain Interior Kantor Startup

sumber : teahub.io

Dikarenakan kantor startup memiliki potensi untuk berkembang yang besar, tidak menutup kemungkinan adanya perpindahan atau perluasan kantor akan terjadi. Jadi, agar furniture yang sudah dibeli bisa dimanfaatkan kembali, ada baiknya kamu menggunakan furniture yang tidak permanen.

Yang artinya bisa digeser-atau dipindah. Atau mungkin kamu bisa menggunakan furniture modular / knockdown, sehingga bisa dilepas dan dibongkar lalu dipasang lagi, sehingga akan lebih mudah untuk dipindahkan.

Sayang bukan jika setiap perpindahan kantor furniture yang lama harus dibuang atau tidak bisa terpakai, lebih baik jika kitab isa memanfaatkannya Kembali.

Semoga 5 tips diatas dapat membantu mu untuk menciptakan kantor startup mu. Semoga Sukses!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!