Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Serat daun nanas

Taukah kamu, kalau serat daun nanas bisa jadi produk interior rumah tinggal? Material ini memiliki banyak kelebihan yang tidak kalah dengan material untuk produk interior lainnya, loh! Memangnya, apa saja sih kelebihan dan alasan serat daun nanas hingga bisa jadi potensi produk interior rumah? Yuk kita simak kelebihannya:

  1. Versatilitas Tinggi

Sumber Gambar : Alibaba.com

Material serat nanas memiliki versitilitas yang tinggi. Ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai tahap. Misalnya jika material dapat diubah menjadi kain, papan maupun diaplikasikan secara langsung. Kain dari serat nanas mampu memberikan efek pencahayaan yang berbeda pada ruangan karena sifatnya yang cukup tipis sehingga dapat dimanfaatkan sebagai rumah lampu ataupun gorden untuk mempercantik rumah tinggal kalian. Papan dari serat nanas dapat diaplikasikan seperti papan dari material kayu biasa. Kita dapat mengaplikasikan furniture material papan serat nanas ini pada bench ataupun meja ruang tamu.

  1. Sustainabilitas

Sumber Gambar : Bahankain.com

Jika dibandingkan dengan material pelapis furniture interior lainnya, seperti polyester dari serat daun nanas memiliki nilai sustainabilitas yang tinggi. Karena sifatnya yang mudah terurai dan juga mudah untuk diproduksi ulang. Dalam proses panen nanas, daun nanas butuh untuk dipangkas untuk menggantikan tunas yang baru agar dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. Sustainabilitas tidak hanya dilihat dari materialnya saja tetapi juga dari sumber daya manusianya loh! Dalam proses produksi serat nanas ini, menggunakan tenaga kerja lokal yang sangat sustainable karena memberdayakan masyarakat di daerah sekitar produsen.

  1. Mudah Dipadukan Dengan Material Lain

Ananas Anam | Royal College of Art

Sumber Gambar : rca.ac.uk

Tampak dari kain serat daun nanas juga memiliki tampak yang cukup netral sehingga sangat mudah untuk dikombinasikan dengan material lain. Sebagai elemen visual, material serat nanas cukup mudah digunakan untuk banyak gaya desain. Material yang sudah dibentuk kemudian dapat dikombinasikan dengan material lain seperti besi, kayu maupun rotan. Jika digunakan dengan tepat maka material ini dapat merubah total suasana sebuah ruangan.

  1. Menarik secara visual

Sumber Gambar : Unsplash.com

Meskipun mudah untuk digabungkan dengan material lain, serat daun nanas juga dapat memiliki tampilan yang menarik meskipun berdiri sendiri. Kain dari serat daun nanas memiliki terkstur ikatan-ikatan kecil karena serat harus disambung untuk menjadi benang. Sambungan-sambungan tersebut menjadi dukungan visual yang dapat menjadi keuntungan dalam produk yang menggunakan material nanas sebagai material utamanya.

  1. Memberikan Kesan Natural

Sumber Gambar : Dekoruma

Kain dari serat nanas dapat menciptakan nuansa yang natural pada hunian karena materialnya yang memang berasal dari alam. Serat nanas juga memiliki warna natural putih tulang yang menimbulkan kesan rustic pada furniture. Selain itu, furniture dengan material serat daun nanas juga tak lepas dari kesan elegan sehingga cocok untuk melengkapi hunian mewah. Nah, bagi kamu yang tinggal di perkotaan dan merasa sesak dengan suasana lingkungan rumah, dengan menggunakan furniture berbahan kain daun nanas dapat memberikan efek menenangkan nuansa alaminya.

  1. Daya Tahan

Sumber Gambar : Suarantb.com

Serat Daun Nanas kekuatan tarik dan robek yang sangat baik dibandingkan dengan serat natural lainnya. Dari penelitian yang dilakukan oleh UNIMUS pada tahun 2011 menunjukkan bahwa serat nanas memiliki kekuatan yang sebanding dengan serat nylon. Jika dirawat dengan baik, maka dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Gimana? Menarik bukan material serat nanas ini? Sebagai di generasi ini, kita wajib untuk selalu menjaga lingkungan demi keberlangsungan masa depan penerus kita. Salah satu caranya adalah menggunakan material-material ramah lingkungan yang sustainable untuk digunakan, misal seperti serat daun nanas ini! Let’s protect upcoming generations for a better future! Stay Creative!

By: Hayu Puspasari Saputri

Prodi Desain Interior Univerisitas Kristen Petra Surabaya

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.