Game & Teknologi

6 Aplikasi Perekam Suara di Laptop yang Patut Kamu Coba

Seiring perkembangan jaman, teknologi pun turut berkembang. Sebagai contoh perkembangan teknologi adalah dengan munculnya beragam aplikasi yang tentu memberikan banyak manfaat dan membantu kegiatan sehari-hari. Ada banyak aplikasi yang ditawarkan dan dapat kita pilih dan butuhkan, salah satunya adalah aplikasi perekam suara. Berikut beberapa software atau aplikasi perekam suara di Laptop yang bisa kamu coba.

1. Audacity

Audacity. (Sumber: Audacity)

Salah satu softaware atau aplikasi perekam suara yang pertama yang dapat kamu coba adalah Audacity. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Audacity Developmemt Team yang juga cocok untuk gunakan sebagai aplikasi editting suara dengan tampilan GUI (Graphic User Interface) sederhana.

Bagi kamu seorang voice editor pemula, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi atau software ini dalam hal edit dan rekaman suara. Selain karena tampilannya yang bagus, gratis, mudah dioperasikan, aplikasi ini juga banyak sekali pilihan tools Plug-in yang tentunya akan memberikan kreasi editing sesuai yang kamu harapkan. Aplikasi ini juga dapat kamu operasikan pada sistem operasi windows, linux ataupun MAC OS.

2. Adobe Audition

Adobe Audition. (Sumber: YASIR252)

Adobe Audition adalah software yang didesain untuk multitrack digital audio recording, editor dan mixer. Pengguna bisa mengomposisikan instrumen musik dan mengolah berbagai suara yang dibutuhkan. Termasuk memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, kemudian menyimpan dalam berbagai format.

Perangkat lunak ini sebetulnya telah dirilis cukup lama, yakni sejak 18 Agustus 2003 silam. Namun untuk bisa bersaing dengan pendatang baru, aplikasi ini terus dikembangkan dengan versi terbaru dan kelengkapan kebutuhan para musisi. Adobe Audition banyak digemari pemula maupun profesional.

3. FL Studio

FL Studio. (Sumber: Malavida)

Aplikasi perekam suara lainnya yang bisa kamu coba adalah FL Studio. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi DAW populer dan banyak dijadikan sebagai aplikasi perekam rumahan karena nyaman untuk digunakan terutama dalam hal membuat beats atau loops.

FL Studio 20 yang merupakan versi terbaru sendiri bahkan telah memiliki banyak fitur yang lengkap yang bisa kamu gunakan untuk menyusun, mengatur, merekam, mengedit, mixing, hingga membuat musik.

4. Jet Audio Basic

Jet Audio Basic. (Sumber: Jet Audio Basic)

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba untuk merekam adalah Jet Audio Basic. Tak hanya untuk merekam suara, Jet Audio Basic juga mempunyai fitur memainkan video dan musik, konversi format video, variasi sound effect. Aplikasi atau software ini tak hanya bekerja di bidang audio saja, namun juga video.

5. Free Sound Recorder

Free Sound Recorder. (Sumber: Free Sound Recorder)

Free Sound Recorder merupakan aplikasi rekaman suara yang gratis yang dapat langsung kamu gunakan tanpa harus registrasi atau harus download tambahan. Aplikasi ini juga berfungsi penuh tanpa batasan. Aplikasi ini sangat cocok untukmu yang dapat digunakan untuk merekam langsung ataupun input audio external. Rekaman yang ada di aplikasi ini juga dapat kamu simpan dalam beberapa format seperti MP3, WMA dan juga WAV yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

6. Garageband

Garage Band. (Sumber: Garage Band)

Aplikasi atau software selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk merekam suara adalah Garageband. Namun sayangnya aplikasi ini hanya bisa dikases di Mac OS. Walau begitu, aplikasi perekam suara laptop ini banyak digunakan oleh para musisi indie pemula yang merekam lagu ala studio rumahan.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis