GenK LIFE

6 Cara Agar Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

Memasuki bulan Ramadhan, sebagai umat Muslim pasti akan melakukan ibadah puasa. Salah satu momen yang mungkin sulit dalam menjalankan ibadah puasa ini adalah kesulitan atau sering terlewat waktu sahur hingga akhirnya bisa berdampak saat menjalani puasa.

Kamu akan menjadi kurang fokus bekerja akibat tubuh yang terasa lesu dan tidak bersemangat serta hal-hal lainnya. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi melewatkan waktu sahur. Beberapa tips berikut bisa kamu ikuti agar bisa tetap bangun sahur tanpa harus begadang.

1. Bangun niat diri untuk sahur

Ilustrasi bangun sahur. (Sumber: allswellhome)

Jika kamu ingin bangun sahur tepat waktu tentu diawali dengan adanya niat dalam diri kamu sendiri. Apabila kamu berniat dan memiliki kesungguhan hati untuk beribadah, tentu ada jalan serta kemudahan untukmu.

Cobalah untuk lawan rasa malas yang ada dalam dirimu tersebut. Jika kamu tetap kalah dengan rasa malasmu, kamu tentu akan gagal untuk lakukan sahur dan menjalankan ibadahmu.

2. Tidur lebih awal

Ilustrasi tidur lebih awal. (Sumber: shutterstock)

Tidur lebih awal dari jam normalmu jadi salah satu hal yang efektif agar kamu bisa bangun saat sahur. Selain itu, tidur lebih awal akan membuatmu mendapat waktu istirahat yang cukup sehingga kamu pasti akan lebih mudah bangun untuk sahur.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan biasakan dirimu untuk begadang apalagi saat menjalani ibadah puasa. Tak hanya selama menjalankan ibadah puasa saja, tidur lebih awal sebenarnya baik untuk kamu lakukan secara teratur agar kamu memiliki jam tidur yang cukup.

3. Jangan lupa untuk pasang alarm

Ilustrasi memasang alarm. (Sumber: steebostech)

Mengandalkan alarm untuk membangunkan sahur juga menjadi hal yang penting yang juga bisa kamu lakukan. Agar tidak terlewat jam sahur, kamu bisa memasang alarm dalam kurun waktu 15 hingga 30 menit sebelum waktu bangun yang kamu inginkan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyiapkan diri dan tubuh tidak ‘kaget’ karena harus langsung makan.

Apabila kamu menggunakan alarm pada ponselmu, ada beberapa tips lain yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ringtone yang upbeat dan kencang. Kamu bisa meletakkan alarm tersebut di tempat yang agak berjauhan dari tempst tidurmu sehingga kamu akan termotivasi untuk bangun untuk mematikannya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengubah atau memasang nada alarm menggunakan nada panggilan telepon masuk. Hal ini akan membuatmu secara tak sadar terbangun dan kaget serta merespon cepat sumber bunyi.

4. Hindari minum kafein dan mengandung banyak gula

Ilustrasi minum kopi. (Sumber: shutterstock)

Salah satu hal yang tak boleh kamu lakukan jika ingin bangun sahur tepat waktu adalah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein serta banyak gula. Hal ini karena kafein memberikan efek samping padamu untuk tetap terjaga dan tentu akan mengganggu waktu tidurmu.

Terkadang kamu sering mengonsumsi kafein sebagai teman untuk begadang ataupun mengerjakan tugas agar bisa tetap terjaga. Namun, di bulan puasa disarankan bagimu mengurangi konsumsi minuman ini. Selain itu, usahakan juga agar terlelap pada jam 10 malam agar saat bangun sahur kamu merasa segar karena tidur dengan baik.

5. Jauhkan dan jangan main gadget

Ilustrasi main gadget sebelum tidur. (Sumber: shutterstock)

Bermain ponsel atau gadget bisa terbilang sebagai salah satu kebiasaan yang sering kamu lakukan bahkan sebelum kamu tidur. Agar kamu mudah untuk bangun saat sahur, disarankan untuk tidak memainkan gadget saat menjelang waktu tidur.

Letakan ponsel, laptop ataupun gadgetmu di tempat yang sedikit jauh dari kasur. Setelah memasang alarm, cobalah untuk segera tidur. Jika kamu tidak melakukan cara ini, bisa dipastikan nantinya kamu malah akan keasikan untuk bermain ponsel, membuka media sosial hingga banyak distraksi lain yang akhirnya membuatmu susah tidur.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya