GenK LIFE

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime

5. Jangan sembarang membagikan info atau data pribadi

Ilustrasi media sosial. (Sumber: pexels)

Kamu juga harus selalu waspada dan menahan diri agar tak sembarang membagikan informasi atau data diri jatuh ke tangan orang yang salah. Apabila tidak penting, hindari memasukan data-data diri ke media sosial.

Terkadang ada pemikiran jika aman membagikan kepada orang terpercaya seperti teman ataupun orang terdekat lainnya. Walau begitu, perlu diingat jika orang terdekat sekalipun belum tentu merupakan orang yang dapat dipercaya.

6. Rajin untuk cek transaksi online

Ilustrasi cek transaksi online. (Sumber: pexels)

Di jaman yang penuh dengan perkembangan teknologi ini kita kerap dimudahkan dengan adanya transaksi online. Bahkan kita jadi kerap berbelanja dan melakukan beragam pembayaran secara online. Hal ini juga penting untuk kamu perhatikan agar terhindar dari cybercrime.

Kamu harus rajin mengecek atau memeriksa transaksi secara teratur yang biasanya data tersebut dikirimkan oleh bank melalui email. Hal ini agar kamu bisa melihat dan mengecek apakah ada transaksi yang tidak benar. Apabila terjadi transaksi mencurigakan dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa menghubungi bank untuk mengonfirmasikannya kembali ataupin mengajukan keluhan ke bank agar transaksi bisa dibatalkan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif